Cara Ternak Kambing Etawa


Kambing etawa menjadi salah satu hewan yang menghasilkan keuntungan besar ketika dijadikan hewan ternak. Namun meski keuntungannya menggiurkan, tetap diperlukan perhitungan khusus untuk memulai beternak kambing etawa. Untuk anda yang berminat melakukan ternak kambing etawa ini, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Persiapan memulai beternak kambing etawa

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menekuni ternak kambing etawa adalah menentukan kandang atau lokasi untuk menempatkan kambing etawa. Usahakan kandang terletak di daerah yang terlindungi dari panas atau hujan, namun tetap mendapat sinar matahari yang cukup demi menjaga kesehatan kambing. Kandang kambing etawa juga harus kering dan tidak terpapar berbagai macam polusi, sebab hal ini juga sangat berpengaruh kepada kambing. Sesuaikan juga besar kandang dengan jumlah kambing yang akan anda pelihara. Jangan sampai kambing etawa tidak bisa bergerak ketika berada di kandang.


Selanjutnya agar ternak kambing etawa anda dapat berjalan lancar, perhatikan pakan untuk kambing etawa. Kambing etawa perlu diberi makanan hijau-hijauan yang cukup. Usahakan sekitar kandang anda tersedia lahan hijau yang dapat anda jadikan pakan untuk kambing anda. Selain itu usahakan pula mempelajari tentang berbagai seluk beluk tentang kambing etawa, mulai dari perawatan rutinnya, kapan harus dikawinkan, penyakit yang mungkin menyerang dan penanganannya, serta beberapa trik untuk mendapat untung maksimal dari ternak kambing etawa yang anda tekuni ini. Setelah anda yakin menguasai tentang seluk beluk cara beternak kambing etawa, anda dapat memulai untuk membeli bibit yang bagus untuk kemudian diternakkan. Pada awal ternak kambing etawa, kemungkinan keuntungan yang anda peroleh masih sedikit, namun dari sini anda dapat belajar untuk dapat meningkatkan keuntungan di masa akan datang.

Nah itu tadi persiapan-persiapan yang harus anda lakukan untuk menekuni ternak kambing etawa. Peluang besar di pasar memang sangat menarik banyak orang untuk menekuni ternak hewan yang satu ini. Selain itu anda juga dapat menjual kotoran kambing etawa sebagai pupuk sehingga dapat menambah penghasilan anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang berniat untuk memulai ternak kambing etawa.

Deskripsi: ternak kambing etawa dinilai sangat menguntungkan karena permintaan pasar yang masih tinggi terhadap kambing jenis ini. Cara perawatan kambing etawa juga sangat mudah.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput