Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput


Kambing sebenarnya mempunyai banyak sekali varian. Ada jenis kambing garut, kambing gibas dan masih banyak lainya. Kambing gibas mempunyai ciri-ciri bulu yang lebat, panjang dan gimbal. Pada umumnya warna bulu kambing gibas adalah berwarna putih dan memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Jika anda ternak kambing gibas, anda bisa menghasilkan daging yang lebih banyak dibandingkan jenis kambing lainya. Jadi dengan berternak kambing gibas, akan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan menghasilkan banyak keuntungan. Berikut ini tips berternak kambing gibas yang harus anda perhatikan.


A. Pembibitan Kambing Gibas

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pembibitan dari ternak kambing gibas ini. Untuk menghasilkan anakan yang bagus, tentunya anda harus memilih indukan yang berkualitas baik. Pilihlah indukan jantan dan betina yang sehat, tidak cacat fisik, lincah dan bisa bersuara dengan lantang. Untuk satu indukan jantan yang berkualitas bisa di kawinkan dengan 4 indukan betina. Jadi anda akan bisa menghasilkan anakan yang lebih banyak. Anda bisa melakukan perkawainan sendiri. Dengan membiarkan kedua indukan berada di kandang yang sama. Buatlah suasana kandang yang nyaman dan tenang. Anda juga bisa merangsang birahi indukan supaya cepat untuk kawin.



B. Pemberian Pakan Kambing Gibas

Anda harus memberikan pakan kambing gibas sesuai dengan aturan. Sebenarnya untuk ternak kambing gibas hampir sama dengan ternak kambing lainnya. Anda bisa memberikan pakan rumput pada pagi, siang dan sore hari. Berilah pakan rumput yang segar supaya tubuh kambing tetap sehat. Jangan lupa untuk memberikan vitamin dan nutrisi tambahan pada kambing gibas. Berikan kurang lebih selama 2 minggu sekali. Terutama pada kambing gibas jantan, ini akan membuat pertumbuhan kambing gibas menjadi lebih sehat dan tumbuh besar. Apalagi buat anda yang berternak untuk diambil dagingnya.

Inovasi Pakan Ternak Kambing, Tak Perlu Lagi Cari Rumput

Hingga saat ini ternak kambing, masih menjadi salah satu usaha sampingan yang banyak dijumpai di perdesaan, hal ini dikarenakan persepsi masyarakat yang beranggapan bahwa ternak kambing akan sangat direpotkan dengan pencarian pakan ternak kambing yang berupa rerumputan. Hal ini tidak perlu lagi dirisaukan, karena kini telah ada dikenalkan inovasi pakan berupa pakan fermentasi yang dirasa lebih efektif, murah dan mudah di dapat.

Manfaat Pakan Ternak Kambing Fermentasi
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari inovasi pakan ternak kambing yang telah difermentasi, selain dapat memperbaiki sistem pencernaan kambing, juga dapat meningkatkan produksi susu kambing, dapat meningkatkan perkembangan kambing secara signifikan karena meningkatnya nafsu makan kambing, meningkatkan daya tahan kambing terhadap berbagai penyakit, menurunkan kadar kolesterol pada daging kambing, selain itu kotoran kambing yang diberi pakan fermentasi juga tidak berbau dan lebih bagus untuk dijadikan pupuk kandang, sehingga sangat aman untuk lingkungan.



Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Fermentasi
Untuk membuat pakan ternak kambing fermentasi ini cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana, yakni jerami kering atau dapat diganti dengan pohon pisang, ampas tahu, gula pasir, air dan garam, serta dapat anda tambahkan dengan kekatul dan SOC HCS yang dapat diganti dengan buah nanas. Untuk membuatnya anda cukup memotong jerami atau pohon pisang kecil-kecil. Siapkan satu buah nanas parut atau 3 sendok SOC HSC dengan 10 liter air untuk jerami, atau 1 liter air untuk pohon pisang. Campurkan larutan dengan ampas tahu dan bekatul, diamkan l15 menit dan siramkan ke dalam campuran jerami atau pohon pisang. Untuk anda yang menggunakan pohon pisang dapat langsung diberikan pada ternak kambing, sedang untuk bahan jerami perlu disimpan dalam wadah kedap udara selama 1 hari.

Beragam manfaat yang ditawarkan dari pengalihan jenis pakan inilah yang membuat para pengusaha ternak kambing beralih ke pemberian pakan fermentasi. Demikian inovasi pakan ternak kambing yang dapat anda coba di rumah, semoga bermanfaat..



C. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sangat berpengaruh terhadap kualitas anakan nantinya. Bersihkan kandang ternak kambing gibas setiap harinya. Kalau perlu pada bagian bawah berikan lubang untuk pembuang kotoran kambing gibas. Kotoran kambing gibas bisa langsung digunakan untuk pupuk kompos nantinya. Jadi anda tak perlu repot-repot untuk mengolahnya, karena sudah langsung berada di satu lubang. Buatlah kandang yang cukup terkena sinar matahari. Kambing akan lebih sehat dan bugar jika terkena sinar matahari yang cukup.



D. Masa Melahirkan

Setelah melakukan perkawinan, indukan betina akan hamil dam melahirkan. Masa kehamilan kambing gibas kurang lebih sekitar 3 sampai 4 bulan. Dalam masa hamil ini, pisahkan kambing dan harus diberikan pakan yang lebih ekstra. Hindari indukan betina stress dan harus selalu dalam masa tenang. Ketika ternak kambing gibas, masa ini memang sangat penting karena akan menghasilkan anakan yang baik. Pada masa akhir kehamilan, kebutuhan pakan akan semakin meningkat karena anakan juga membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

Untuk masa melahirkan kambing bisa melakukann sendiri. Ini sudah seperti nalurian dari kambing gibas sendiri. Biarkan sang induk menyusui bayinya sendiri. Jika susu dari sang induk kurang, anda bisa menambahkan susu sendiri pada sang bayi.

E. Tips Ternak Kambing Yang Mudah Dan Menguntungkan

Ternak kambing merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di pedesaan, sebagai pekerjaan sambilan di rumah terutama mereka yang berprofesi sebagai petani yang dapat sembari bertani sambil mencari pakan ternak. Oleh masyarakat pedesaan yang masih menggunakan cara konvensional untuk ternak mereka sejatinya cukup disayangkan, karena sejatinya ternak kambing ini dapat memberikan keuntungan yang cukup besar apabila dilakukan dengan perhitungan yang tepat dan cara perawatan yang benar. Untuk itulah kami akan memberikan sedikit tips ternak kambing yang dapat anda gunakan sebagai panduan dalam beternak kambing.

Keuntungan Ternak Kambing

Sebelum membahas tips ternak kambing, anda tentu ingin mengetahui keuntungan dari beternak kambing, yang selain dapat memberikan keuntungan secara finansial juga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pertanian. Dimana kotoran kambing dapat dolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk kandang yang sangat bagus untuk pertanian. Selain itu rumput dan tanaman yang mengganggu pertanian juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan kambing. Selain sangat mudah dalam perawatan dan pemeliharaan, kambing juga cepat berkembang biak. Hanya membutuhkan waktu 145-155 hari dari awal kandungan hingga beranak. Untuk mendapatkan kambing yang bagus, pilih indukan yang bagus.

Tips dan Trik Ternak Kambing yang Baik dan Benar

Untuk dapat mendapatkan hasil ternak yang menguntungkan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yang antara lain adalah masalah kandang, untuk menekan biaya, gunakan bahan-bahan yang disediakan oleh alam, selanjutnya pilih jenis kambing yang bagus untuk diternakkan, gunakan pakan fermentasi untuk meningkatkan perkembangan kambing, dan kawinkan kambing anda dengan jenis kambing unggulan untuk mendapatkan anakan kambing yang berkualitas. Beberapa tips ternak kambing di atas dapat anda gunakan sebagai pedoman dalam beternak kambing agar biaya operasional tidak terlalu membengkak dan mendapat keuntungan yang lebih besar.

Anda juga sebaiknya sesekali membiarkan kambing anda keluar kandang agar tidak stress dan terhambat pertumbuhannya. Semoga tips ternak kambing yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat, dan menambah pemahaman anda dalam beternak kambing.

Deskripsi: Tips ternak kambing memberikan beberapa trik dan cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan meminimalisir biaya agar keuntungan yang anda peroleh semakin besar.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%