Home / cara menanam / pertanian / tomat / Cara Menanam Tomat Di Pollybag

Cara Menanam Tomat Di Pollybag

Tomat merupakan jenis sayuran yang seringkali dijadikan bumbu untuk membuat masakan menjadi lebih lezat. Tomat merupakan tanaman asal amerika latin yang memiliki beberapa varietas seperti tomat sayur dan tomat buah. Selain melezatkan makanan, tomat juga mengandung vitamin a yang bagus untuk kesehatan mata. Bahkan tomat buah memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti dapat memperbaiki fungsi dan kinerja jantung, membantu memulihkan kerja hati, anti oksidan kanker dan juga menyehatkan mata. Selain itu, tomat juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan seperti memutihkan dan mencerahkan kulit wajah dan mengatasi beberapa masalah kulit wajah seperti membasmi jerawat, menghilangkan komedo dan mengurangi produksi minyak pada kulit wajah yang seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Nah, bagi anda yang ingin memiliki tanaman yang berkhasiat ini, simak cara menanam tomat di bawah ini.



Cara mudah menanam tomat di polybag

Cara menanam tomat sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan dimana saja termasuk polybag. Nah kali ini kami akan memberikan alternatif cara menanam tomat dengan menggunakan polybag. Cara ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di perkotaan karena masalah utama budidaya tanaman di perkotaan adalah lahan yang kurang dan tidak mencukupi. Untuk mengganti lahan sebagai tempat penanaman tomat, anda bisa menggunakan tempat yang biasa disebut dengan polybag ini. Nah, untuk mempraktekkan cara menanam yang satu ini, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara menanam tomat di polybag sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan cara menanam tomat di tanah biasa. Bahkan bisa dikatakan sama saja, hanya lahannya saja yang berbeda. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah menentukan jenis tomat yang ingin anda tanam. Apakah anda ingin tomat buah atau tomat sayur. Jika anda sudah menentukan jenis tomat yang akan anda tanam, pilihlah benih tomat yang unggul. Benih tomat unggul ini bisa anda dapatkan di berbagai toko pertanian yang ada. Setelah itu anda bisa memulai langkah penanaman yang diawali dengan penyemaian benih tomat yang berupa biji.

Cara menanam tomat memang perlu melewati proses penyemaian benih yang juga bisa dilakukan di polybag dengan menggunakan media semai yang diletakkan di dalamnya. Benamkan 1 benih atau biji tomat ke dalam polybag berisi media semai dengan kedalaman 1 cm, tutup permukaan tersebut dan siram dengan air bersih. Setelah itu anda lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore. Lakukan penyiraman secara pelan-pelan dan hati-hati agar media tidak sampai rusak. Lakukan juga penyiangan dengan membuang gulma serta pemupukan yang bisa dilakukan setelah 2 minggu sejak penyemaian dengan menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kompos yang cair. Setelah 1 bulan, anda bisa membuka plastik polybag dan memindahkan bibit tomat beserta tanahnya ke sebuah polybag dengan ukuran yang lebih besar untuk ditanam.

Selanjutnya, anda perlu melakukan beberapa perawatan agar tanaman tomat bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Perawatan untuk cara menanam tomat di polybag ini cenderung lebih mudah karena tanaman lebih aman dari penyakit yang seringkali disebabkan oleh akar tanaman lainnya. Hal yang perlu anda lakukan adalah menjaga agar tidak sampai mengalami kekeringan dengan cara menyirami secukupnya 2 kali sehari. Lakukan juga penyiangan gulma, pemupukan setiap bulan dan pembasmian hama yang bisa anda lakukan secara manual saja.

Nah itulah cara menanam tomat yang bisa kami jelaskan untuk anda yang ingin mencoba menanam tomat di polybag. Anda bisa melakukan pemanenan atau pemetikan setelah tanaman tomat mencapai umur 3 bulan dari masa penanaman, atau ketika buah tomat telah menguning. Lakukan pemetikan tomat di sore hari secara bertahap karena tomat yang matang biasanya tidak serentak.



Cara Menanam Tomat Di Polybag Dengan Praktis

Memiliki tanaman sayuran merupakan hal yang cukup penting karena sayuran merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti halnya tomat. Sebenarnya tomat memiliki beberapa varietas seperti tomat sayur dan tomat buah, namun keduanya sama-sama mengandung banyak vitamin. Untuk itu, selain sebagai bumbu makanan, tomat juga memiliki beberapa khasiat dan manfaat seperti menyehatkan mata, jantung, hati dan anti oksidan. Selain untuk kesehatan, tomat juga terbukti memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Nah, jadi anda tak perlu berpikir lama untuk menanam tanaman yang kaya akan manfaat ini. Kami akan berikan alternatif cara menanam tomat dengan menggunakan polybag. Berikut cara menanam tomat di polybag untuk anda.

Cara praktis menanam tomat di ploybag

Untuk mempraktekkan cara menanam tomat di polybag, anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut. Siapkan benih tomat yang unggul yang bisa anda dapatkan di beberapa toko pertanian terdekat. Setelah itu, benih harus melewati proses penyemaian terlebih dahulu dengan menggunakan media semai. Anda juga bisa menggunakan polybag sebagai lahan untuk menyemai benih tomat tersebut. Masukkan media semai ke dalam polybag lalu benamkan 1 saja benih tomat sedalam 1 cm dan tutup permukaanya dengan tanah. Siram dengan air secukupnya.

Dalam proses ini, anda harus melakukan penyiraman secara rutin, penyiangan dan juga pemupukan yang dilakukan pada 2 minggu setelah dimulainya proses penyemaian. Gunakan pupuk kompos atau organik yang cair dan siramkan ke media semai secara perlahan. Ketika menginjak usia 1 bulan, cara menanam tomat di polybag bisa dilanjutkan dengan memindahkan bibit tomat tersebut ke dalam polybag berisi media tanam lainnya yang telah anda persiapkan sebelumnya. Pada proses ini, anda juga harus rajin melakukan perawatan yang sama seperti sebelumnya. Yang perlu diperhatikan adalah tanaman jangan sampai mengalami kekeringan.

Pada usia 3 bulan, anda sudah bisa mulai melakukan pemanenan atau pemetikan tomat. Lakukan secara bertahap dan petik tomat yang telah menguning terlebih dahulu. Demikian cara menanam tomat di polybag yang praktis untuk bisa anda praktekkan di rumah. Tidak perlu banyak pertimbangan untuk menanam tomat, karena tanaman yang satu ini sungguh memiliki banyak manfaat.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.