Home / bunga / cara menanam / matahari / perkebunan / Cara Menanam Bunga Matahari Di Rumah

Cara Menanam Bunga Matahari Di Rumah

 Siapa yang tak kenal bunga matahari? Bunga yang dikatakan mirip dengan matahari karena warna kuningnya yang cerah dan merekah ini sangat populer di kalangan masyarakat. Selain bentuk dan warnanya yang sangat indah, bunga matahari juga memiliki biji yang bisa dimakan. Biji bunga matahari tersebut kita kenal dengan nama kuaci dan banyak dijual di toko-toko terdekat. Bunga matahari sendiri sebenarnya merupakan salah satu tanaman hias yang termasuk dalam golongan low maintenance. Untuk itu bagi anda yang ingin menanam bunga matahari, tak perlu khawatir akan repot karena tanaman bunga matahari ini tak memerlukan banyak perawatan khusus. Namun anda perlu tahu, bunga matahari tidak cocok untuk ditanam di tempat yang tertutup. Anda bisa menanam bunga matahari di pekarangan rumah anda dan berikut cara menanam bungamatahari untuk anda.

Tahapan menanam bunga matahari

Dalam proses penanaman bunga matahari, yang perlu anda persiapkan pertama kali adalah bibit. Untuk cara menanam bunga matahari, anda bisa menggunakan bijinya sebagai bibit. Sebelum disemai dan kemudian ditanam, sebaiknya bibit-bibit dijemur terlebih dahulu agar bakteri dan jamur pada biji bunga matahari mati. Setelah itu, anda bisa memulai proses penyemaian. Penyemaian bisa dilakukan dengan menyiapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah gembur dan pupuk kompos. Tanam biji tersebut dalam media tanam dan tunggu sampai kecambah tumbuh dan memiliki tinggi sekitar 5 cm.


Setelah itu, anda pun bisa memulai cara menanam bunga matahari di lahan pekarangan anda. Pilih lahan yang kira-kira terkena sinar matahari dan cangkuli tanah terlebih dahulu untuk menghilangkan hama. Pindahkan bibit-bibit yang telah disemai dan tanam di lahan tersebut dengan memberi jarak sekitar 3-5 cm agar pertumbuhan bibit seimbang dan tidak saling menghambat. Lakukan penyiraman dan penyiangan secara rutin agar tumbuh lebih subur dan cepat. Lakukan juga pemupukan agar terhindar dari hama yang sering menyerang. Bunga matahari akan berbunga ketika umur tanaman telah mencapai usia 2 bulanan.

Demikian cara menanam bunga matahari yang bisa anda lakukan di pekarangan rumah anda. Selain untuk mengisi waktu luang, rumah anda pun akan tampak lebih indah karena ada tanaman hias seperti bunga matahari yang menghiasinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.