Home / gulma / perkebunan / pertanian / Waspada, Ini Alasan Gulma Harus Segera di basmi! No 3 Mengandung Zat Berbahaya!

Waspada, Ini Alasan Gulma Harus Segera di basmi! No 3 Mengandung Zat Berbahaya!

agan dan sista pasti tidak asing dengan yang namanya gulma. Apalagi untuk agan dan sista yang memang berkecimpung di dunia tanam-menanam. Kalo masih asing sini ane kasih tau, gulma adalah tumbuhan yang tidak diinginkan dalam suatu area. Hal ini karena gulma dapat menganggu pertumbuhan tanaman yang kita tanam.

Selain menganggu tanaman kita, ada beberapa alasan yang membuat gulma harus segera dibasmi. Kira-kira apa sajakah alasan itu? Yuk Mari kita simak dibawah ini :



1. Menganggu Tanaman

Alasan pertama gulma harus segera dibasmi adalah karena gulma menganggu tanaman yang kita tanam. Gulma akan mengkompetisi tanaman dalam penyerapan unsur-unsur yang diperlukan dalam pertumbuhan. Contohnya: zat hara, udara dan sinar matahari. Meski terlihat sepele tapi persaingan antara gulma dan tanaman ini dapat mengganggu hasil produksi tanaman kita, lho!

2. Sarang Hama dan Penyakit

Gulma yang tumbuh di areal pertanian seringkali menjadi inang untuk hama ataupun penyakit. Hal ini karena biasanya gulma yang tumbuh masih satu keluarga dengan tanaman tersebut. Sehingga penyakit yang ada pada gulma dapat berpindah dengan mudah ke tanaman kita.

3. Mengandung Zat berbahaya

Alasan selanjutnya, beberapa gulma yang tumbuh memiliki kandungan zat yang disebut zat alelopati, zat ini dapat menghambat tanaman budidaya hingga meracuni tanaman tersebut. Contoh gulma yang memiliki kandungan zat alelopati adalah teki ( Cyperus rotundus L.) dan alang-alang (Imperata Cylindrica L. ). sebenarnya kedua zat tersebut bermanfaat bagi manusia akan tetapi justru malah bisa meracuni tanaman.

4. Menganggu Pemandangan

Pemandangan areal pertanian yang penuh gulma benar-benar dapat merusak seni dalam menanam. Layaknya seni, ketika kita awal menanam pasti akan mempertimbangkan bentuk tajuk tanaman dan menanam sesuai pola yang telah kita buat, tetapi dengan hadirnya gulma, pola tanaman kadang sudah tak terlihat lagi dan ini benar-benar menganggu pemandangan akan areal pertanian yang bersih.

sumber : kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.