Home / cabai / cara menanam / pertanian / 6 tips memulai menanam cabe rawit lengkap

6 tips memulai menanam cabe rawit lengkap

 1. Cara Menanam Cabe Rawit Yang Sehat

Cabe rawit merupakan salah satu bumbu yang wajib dan tak ketinggalan bagi mereka yang sangat menyukai rasa pedas. Meskipun bentuknya yang cenderung kecil dibanding cabe lainnya, akan tetapi cabe rawitlah yang menghasilkan rasa paling pedas. Maka dari itu, ada istilah yang ditujukan kepada sesuatu yang kecil namun manfaatnya besar dengan sebutan “kecil-kecil cabe rawit”. Cabe yang memiliki nama latin capsium frutescens ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari amerika. Dan seiring perkembangan zaman, kini cabe rawit telah banyak dibudidayakan di berbagai negara termasuk indonesia. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di daerah dataran rendah dan daerah iklim tropis seperti indonesia. Nah, anda tertarik untuk menanamnya? Simak ulasan tentang cara menanam cabe rawit selanjutnya.




Teknik dan cara menanam cabe rawit yang sehat

Akhir-akhir ini, harga cabe rawit seringkali menjadi tidak stabil dan mengalami pelonjakan yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja merupakan sebuah masalah, terutama bagi anda yang sangat suka dengan sensasi pedas yang dihasilkan cabe rawit pada masakan anda. Cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menanam sendiri tanaman cabe. Menanam cabe rawit ini memiliki resiko yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tanaman cabe yang besar karena tanaman cabe rawit terbukti lebih tahan terhadap serangan hama. Untuk caranya, anda tak perlu khawatir. Kami akan berbagi informasi tentang cara menanam cabe rawit dengan benar untuk anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam mempraktekkan cara menanam cabe rawit adalah memilih benih cabe rawit yang sehat. Benih ini bisa anda dapatkan dari tanaman cabe rawit yang paling sehat dan kuat. Pilih buahnya yang paling bagus dan biarkan menua bahkan mengering di pohonnya. Setelah tua dan kering, anda bisa memetiknya lalu memotongnya dengan arah memanjang pada bagian kulitnya. Ambil biji bagian tengah, karena pada bagian ini biasanya biji lebih berkualitas. Kemudian rendam biji cabe dalam wadah berisi air bersih. Jika ada biji yang mengambang, maka anda bisa membuangnya dan gunakan biji yang tenggelam saja karena biji yang paling bagus untuk dijadikan benih adalah biji yang berisi. Terbukti dari dia tenggelam di dalam air. Setelah itu, jemur biji selama 3 hari atau hingga benar-benar kering.


Langkah selanjutnya adalah penyemaian. Sebelum benar-benar memulai cara menanam cabe rawit, anda perlu menyemaikan benih cabe tersebut agar menjadi bibit. Cara menyemai cabe rawit bisa dilakukan dengan menggunakan polybag yang diisi dengan media semai. Media ini terbuat dari campuran arang sekam, tanah dan juga kompos. Setelah siap, rendam kembali benih cabe dalam air hangat selama 6 jam untuk merangsang pertumbuhan. Selanjutnya, masukkan benih sedalam 0,5 cm dari permukaan media semai dan tutup permukaan tersebut dengan tanah. Sirami secara rutin pagi dan sore. Pada usia 1 sampai 2 minggu, bibit biasanya akan mulai tumbuh namun belum bisa dipindahkan.ketika bibit mencapai usia 1 - 1 ½ bulan, baru bibit bisa dipindahkan ke lahan tanam.

Selain itu, anda juga harus mempersiapkan tanah dengan cara mencangkulnya sedalam 40 cm lalu membuat bedengan selebar 100 cm dan tinggi 30 cm serta panjang secukupnya. Taburkan pupuk organik agar tanah menjadi subur. Teknik menanam cabe ini sebaiknya anda lakukan ketika proses pembibitan agar sama-sama siap dipakai pada waktunya. Setelah itu, anda bisa memulai cara menanam cabe rawit dengan memindahkan bibit dalam polybag ke dalam lubang tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya. Berikan jarak sekitar 50 cm agar tidak bergerombol. Setelah tertanam semua, sirami dengan air agar tetap lembab.

Lakukan perawatan dengan cara penyiraman rutin, penyiangan dan pemupukan pada usia 1 bulan. Cabe rawit bisa dipanen ketika telah mencapai usia 2,5 hingga 3 bulan. Demikian cara menanam cabe rawit yang baik dan sehat untuk bisa anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba.

Deskripsi : cara menanam cabe rawit bisa anda praktekkan sebagai alternatif di tengah-tengah harga cabe yang sering tidak stabil.

 2. Teknik Dan Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik

Cabe rawit merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa menghiasi jenis masakan pedas. Sensasi pedas yang dihasilkannya ini memang banyak disukai orang. Bagi anda yang sangat suka pedas, tentu saja tak pernah ketinggalan untuk berbelanja cabe rawit. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah harga cabe rawit yang kerap kali tidak stabil. Tak perlu khawatir. Kami akan berikan solusi paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan cara menanam cabe rawit di rumah. Dengan memiliki sendiri tanaman cabe rawit, tentu anda tak akan dipusingkan lagi dengan masalah harga cabe yang melambung tinggi. Nah, simak cara menanam cabe rawit secara organik disini.


Teknik menanam cabe rawit organik

Mengapa harus menggunakan cara menanam cabe rawit secara organik? Tentu saja karena cabe yang ditanam secara organik cenderung lebih sehat dan anda akan mendapatkan tanaman cabe rawit yang lebih subur dan memiliki banyak buah. Dalam menanam cabe rawit organik ini, anda bisa memanfaatkan pekarangan yang ada di rumah anda. Namun jika anda tidak memiliki pekarangan atau masalah lahan yang sempit, anda bisa menggunakan pot ataupun polybag untuk menanamnya. Berikut langkah penanaman cabe rawit secara organik.

Sebelum memulai cara menanam cabe rawit secara organik, anda perlu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan terlebih dahulu seperti polybag, media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk organik, benih cabe, gayung dan ember, handsprayer, pestisida organik dan juga pupuk organik cair. Setelah itu, semai benih cabe dengan menggunakan media semai agar bisa digunakan sebagai bibit lalu siram dengan cairan organik. Setelah bibit tumbuh dan memiliki daun, pindahkan bibit ke dalam polybag berisi media tanam. Sirami juga dengan cairan organik yang telah dipersiapkan. Letakkan polybag di tempat teduh selama 1 minggu. Setelah itu, bisa dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari.

Di dalam cara menanam cabe rawit secara organik ini, anda juga perlu melakukan perawatan seperti penyiraman dan penyiangan secara rutin. Lakukan juga pemupukan dengan pupuk organik cair terpercaya. Semprot dengan pestisida organik untuk membasmi hama yang menyerang. Anda bisa memanen cabe rawit ketika buah telah tua dan matang. Selamat mencoba

Deskripsi : cara menanam cabe rawit secara organik cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan organik yang mendukung tumbuhnya tanaman.

3. Cara Praktis Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Permasalahan lahan yang sempit memang seringkali menjadi kendala dalam hal penanaman atau budidaya tanaman yang diinginkan. Namun seakan menjawab permasalahan tersebut, kini hadir teknik penanaman yang bisa dilakukan di dalam sebuah pot penanaman atau yang kita kenal dengan nama polybag. Budidaya tanaman dalam polybag memang sudah tidak asing lagi. Bahkan hal ini sudah sangat populer di daerah manapun. Bagi anda yang hobi berkebun atau sekedar mengisi waktu luang, bisa memanfaatkan cara yang satu ini untuk menanam tanaman yang anda inginkan. Sebagai alternatif, kami akan berbagi cara menanam cabe rawit di polybag yang bisa anda praktekkan langsung di rumah.


Cabe rawit merupakan salah satu tanaman asal amerika yang memiliki nama latin capsium frutescens. Kini cabe rawit telah banyak dibudidayakan di berbagai negara termasuk indonesia. Bumbu dapur yang satu ini memang salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh, baik dataran tinggi ataupun dataran rendah. Selain itu, nilai ekonomis yang dihasilkan dari tanaman cabe memang relatif tinggi sehingga banyak sekali petani yang membudidaykannya. Nah, bagi anda yang ingin memiliki tanaman pemilik sensasi pedas ini, anda bisa mengikuti cara menanam cabe rawit di polybag berikut ini.

Tips menanam cabe rawit di polybag dengan praktis

Cara menanam cabe rawit di polybag bisa anda mulai dengan memilih benih yang kemudian disemai. Selama proses penyemaian, siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur, kompos dan juga pupuk kandang. Masukkan campuran tersebut ke dalam polybag berukuran sedang. Buat lubang di tengahnya, dan masukkan bibit yang telah disemai ke dalam lubang tersebut. Tutup permukaannya dengan media tanam secara rata lalu sirami dengan air bersih secukupnya.

Pada masa ini, anda perlu melakukan perawatan dengan penyiraman secara rutin pagi dan sore dan pemupukan dengan cara menyemprotkan pupuk organik yang cair ketika tanaman berada dalam masa pertumbuhan daun dan buah. Anda bisa memanen cabe rawit ketika umur tanaman telah menginjak usia sekitar 2 bulan. Nah, praktis bukan cara menanam cabe rawit di polybag yang satu ini. Selamat mencoba

4. Cara Menanam Cabe Rawit Hijau Dengan Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Cabe Rawit (Capsicum frutescens) merupakan tanaman dari benua Amerika. Tanaman ini cocok sekali ditanam atau dibudidayakan di daerah tropis terutama di daerah sekitaran khatulistiwa. Di tengah gejolaknya perekonomian yang saat ini tidak kunjung stabil, semua harga bahan pokok mengalami kenaikan yang sangat pesat. Mulai dari harga Bahan Bakar Motor (BBM) yang semakin kesini semakin menunjukkan harga jual yang tinggi. Hal tersebut mempengaruhi semua harga bahan pokok di pasaran. Dan tak terkecuali harga cabe rawit hijau ini, melonjaknya harga BBM membuat harga cabe juga ikut melonjak juga. Untuk itu, hendaknya bagi anda yang memiliki lahan pekarangan, manfaatkan lahan tersebut untuk menanam cabe rawit hijau. Berikut cara menanam cabe rawit hijau dengan mudah dan tidak membutuhkan lahan luas.



Langkah-langkah Menanam Benih Cabe Rawit Hijau

Ada beberapa step yang harus anda perhatikan saat menanam cabe rawit hijau. Tahap pertama adalah tahap persemaian, ini merupakan tahap dimana kita menyiapkan benih cabe rawit. Caranya adalah menyiapkan 3-5 lembar tissue yang dibasahi di atas nampan, kemudian tebarkan biji cabe rawit hijau secukupnya di atasnya. Kemudian letakkan di tempat yang lembab, usahakan agar tissue tetap kering meski di tempat yang lembab. Biarkan selama 3-4 hari atau sampai berkecambah. Cara menanam cabe rawit hijau selanjutnya adalah memindahkan benih yang sudah berkecambah tersebut ke tray penyemaian, dengan memberikan setiap lubang satu benih saja. Kemudian letakkan di tempat yang terlindungi dari hujan selam 3-4 minggu.

Setelah tahap persemaian selesai, cara menanam cabe rawit hijau yang selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Cangkullah tanah yang akan digunakan untuk menanam cabe tersebut setelah itu campurkan dengan pupuk kompos, diaduk hingga rata. Setelah itu siram dengan air sampai basah.

Tahap terakhir cara menanam cabe rawit hijau adalah melakukan penanaman. Karena lahan yang akan digunakan untuk menanam sudah siap, dan benih yang ada di tray penyemaian sudah berumur 4-5 minggu. Maka tahap terakhir adalah menanam benih cabe ke tanah yang sudah disiapkan tadi, untuk penanaman yang baik harus diberi jarak antar benih. Supaya nanti pas tumbuh tidak saling bertabrakan. Untuk perawatan harus disiram dengan rutin setiap pagi dan sore.

Description : Cara menanam cabe rawit hijau dengan memanfaatkan lahan pekarangan lebih efektif. Selain menguntungkan diri sendiri alias dikonsumsi sendiri, anda dapat menjualnya apabila hasilnya bagus.

5. Cara Menanam Cabe Rawit Dari Biji

Cabe merupakan jenis sayuran yang sangat diperlukan sehari-hari, bahkan sayuran ini telah masuk ke bahan pokok primer sebagai bumbu dalam masakan. Bagi anda yang menyukai makanan pedas pasti cabe harus ada di setiap menu masakan anda. Anda yang menyukai makanan pedas pasti serasa tidak makan apabila masakan anda tidak terasa pedas, karena sudah terbiasa. Apalagi di Indonesia, mayoritas orang menyukai masakan yang pedas. Untuk itu, jika anda pecandu berat makanan pedas dan harus menggunakan cabe. Anda dapat menanam cabe sendiri di lahan kosong rumah anda, karena cara menanam cabe rawit dari biji sangatlah mudah.


Cabe biasanya ditanam melalui bijinya. Anda dapat dengan mudah menanam cabe rawit dari biji cabe yang kita beli dari tukang sayur atau pasar atau bila ingin hasilnya lebih berkualitas. Anda dapat membuat bibit sendiri dari biji cabe pilihan atau membelinya dari toko pertanian. Yang terpenting dan perlu diingat adalah kualitas benih akan menentukan kualitas hasil panen. Mengkesampingkan cara menanam cabe rawit dari biji yang baik dan benar. Sebenarnya anda dapat dengan mudah menanam cabe dengan menebar biji di pot atau disembarang tempat dengan media tanah dan menunggu untuk beberapa hari hingga tanaman tersebut tumbuh dan hasilnya pun juga terkadang tumbuh terkadang tidak. Dalam artikel kali ini saya akan bagikan informasi tentang 2 metode menanam cabe rawit dari biji.

Cara Menanam Cabe Metode 1

  •       Gunakan kertas tissue beberapa lembar lalu basahi dengan air.
  •       Tebarkan beberapa biji cape di atas tissue tersebut.
  •       Tutup lembaran tissue yang telah berisi biji cabe tadi dengan tissue lain, kemudian basahi dengan air.
  •       Masukkan tissue tersebut ke dalam box plastik dan tutup rapat.
  •       Tunggu beberapa hari hingga biji tersebut berkecambah.
  •       Pindahkan bibit yang tumbuh ke media tanam.

Cara Menanam Cabe Metode 2

  •       Letakkan kapas yang telah dibasahi air ke dalam gelas bekas minuman.
  •       Taburkan beberapa biji cabe ke kapas tersebut.
  •       Tutup cup plastik tersebut.
  •       Masukkan ke dalam kulkas.
  •       Tunggu sampai biji berkecambah.
  •       Pindahkan bibit yang telah berkecambah ke media tanam.

Description : Cara menanam cabe rawit dari biji memang sangat mudah untuk dilakukan. Yang terpenting gunakanlah biji cabe yang berkualitas supaya hasilnya bagus.


6. Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik Dengan Pot Atau Polybag

Salah satu tanaman untuk keperluan bumbu dapur yang sebaiknya ditanam di rumah sebagai tanaman pot atau polybag adalah cabe. Cabe adalah hasil bumi dengan rasa pedas seperti membakar lidah namun disukai banyak orang. Siapa yang belum pernah makan cabe? Hampir semua orang di dunia ini sudah pernah merasakan pedasnya rasa cabe. Namun, kendala yang sering ditemukan oleh para konsumen cabe adalah harga cabe yang tidak menentu di pasaran. Bahkan cenderung mengalami peningkatan karena cabe di pasaran tidak mencukupi, sehingga sulit untuk mendapatkannya. Sebagai solusinya anda dapat membudidayakan cabe rawit hidroponik sendiri di halaman rumah anda. atau apabila anda tidak memiliki halaman rumah anda dapat mencoba cara menanam cabe rawit hidroponik dengan menggunakan pot atau polybag.


Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik dengan Pot atau Polybag

Cara menanam cabe rawit hidroponik mudah saja, pertama siapkan bibit cabe rawit terbaik. Anda dapat memilih bibit cabe rawit sendiri dengan cara membelah cabe rawit yang sudah matang dan keluarkan bijinya ke baskom berisi air. Ambillah biji cabe rawit yang tenggelam, karena biji tersebut bagus digunakan sebagai bibit. Kedua menyiapkan media semai, dapat menggunakan kantong plastik dengan ukuran cukup besar dan diisi dengan tanah atau sekam bakar. Basahi media semai dengan air supaya dapat memicu biji cabe untuk menjadi kecambah secara cepat.

Tahap ketiga cara menanam cabe rawit hidroponik adalah menyemaikan biji cabe ke atas media semai. Setelah anda memperoleh biji cabe dengan kualitas yang terbaik dan sudah tersedia media semai maka yang perlu anda lakukan adalah langsung semaikan biji cabe tersebut ke media semai. Kemudian siram dengan air sedikit saja, setelah itu tutup dengan plastik supaya aman dari gangguan hewan dan letakkan di tempat yang lembab. Langkah keempat adalah menyiapkan media tanah dengan polybag atau pot. Sambil menunggu bibit siap tanam, anda dapat menyiapkan media tanam dengan polybag atau pot. Untuk lebih menghemat anda dapat menggunakan kantong plastik kresek yang diisi dengan tanah atau sekam bakar.


Tahap kelima, memindahkan bibit ke polybag atau pot. Setelah bibit memiliki daun sejati 4-5 daun, anda dapat memindahkan ke polybag atau pot dengan mencabutnya pelan-pelan supaya bibit tidak rusak. Dan langkah terakhir cara menanam cabe rawit hidroponik adalah merawat tanaman cabe rawit tersebut. Setelah semua rangkaian penanaman dilakukan, anda harus merawat tanaman cabe tersebut supaya hasilnya baik. Merawatnya dengan menyiram dan memberi pupuk.

Description : Cara menanam cabe hidroponik dengan pot atau polybag sangat efektif untuk mengisi waktu luang anda. dengan catatan anda harus memperhatikan setiap langkahnya supaya hasil panen cabenya baik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.