Home / cara menanam / kangkung / pertanian / sayur / 6 teknik menanam kangkung dirumah

6 teknik menanam kangkung dirumah

1. Cara Menanam Kangkung Di Polybag

Kangkung (Ipomoea aquatic forsk) merupakan tanaman sayuran yang banyak ditemui di Indonesia. Tanaman ini kerap tumbuh di area yang berair seperti sawah atau sungai. Ada dua jenis kangkung yang sering dijumpai yaitu kangkung sawah (kelompok lowland) dan kangkung darat (alba). Selain rasanya yang enak, kangkung juga dipercaya dapat menjaga kesehatan hati (liver) dan menjaga usus dari parasite. Dengan manfaat kangkung tersebut, tidak salah jika kita membudidayakan kangkung di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk menanam kangkung di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan tanah pekarangan, pot, atau polybag. Cara menanam kangkung di polybag dapat dilakukan dengan cara seperti yang akan saya bahas berikut ini.



Cara Mudah Menanam Kangkung di Polybag

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menyiapkan bibit kangkung. Menanam kangkung sebenarnya dapat dilakukan secara langsung menyebar biji kangkung ke tanah atau dapat juga dengan menyemai terlebih dahulu. Bibit kangkung dapat dibeli di toko pertanian. Jika anda memilih menyemai bibit terlebih dahulu, maka anda harus membuat area semaian dengan menggemburkan tanah sesuai dengan dengan kebutuhan jumlah bibitnya. Setelah itu tebarkan pupuk kompos dan diamkan selama 1 hari. Selanjutnya cara menanam kangkung di polybag, adalah menyebarkan biji kangkung ke tanah gembur tadi dengan merata dan tipis. Kemudian tutup area semaian dengan jaring-jaring setinggi 20-30 cm, dan disiram setiap pagi dan sore. Setelah memiliki daun sejati 3-4 daun, maka bibit tersebut siap di pindahkan.

Step selanjutnya cara menanam kangkung di polybag, adalah menyiapkan polybag atau pot. Polybag yang dapat digunakan adalah polybag atau pot bunga yang memiliki lubang kecil-kecil dibawahnya, atau jika ingin lebih menghemat anda dapat mengganti pot tersebut dengan kaleng bekas atau ember bekas yang dilubangi bawahnya. Setelah itu siapkan tanah gembur, yang merupakan campuran tanah dengan pupuk kompos untuk mengisi polybag. Setelah itu diamkan 1-2 hari supaya unsur hara tanah stabil.

Dan langkah terakhir cara menanam kangkung di polybag adalah menanam bibit kangkung. Setelah bibit kangkung yang disemai sudah tumbuh dan siap dipindahkan maka pindahkan bibit tersebut ke polybag yang sudah siap. Caranya cabut perlahan-lahan bibit kangkung supaya akarnya tidak rusak.

Description : Cara menanam kangkung di polybag dapat anda lakukan sebagai hobi. Anda perlu memperhatikan langkah-langkah dalam menanam kangkung.

2. Cara Menanam Kangkung Darat Organik

Sayuran kangkungan memiliki dua jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung darat memiliki ciri-ciri dapat tumbuh dilahan kering, batangnya lebih kecil dan berwarna putih kehijauan, daunnya lebih tipis dan lebih lunak, bila dimasak lebih cepat layu atau matang, dan memiliki bunga yang berwarna putih bersih. Saat ini kangkung darat lebih banyak beredar di pasar-pasar komersial dibandingkan dengan kangkung air. Budidaya kangkung darat sangatlah mudah, karena tanaman ini bersiklus panen cepat dan relative tahan lama. Karena itulah harga kangkung dipasaran relative lebih murah dibandingkan sayuran lain. Untuk meningkatkan nilai tambah, anda dapat melakukan budidaya kangkung darat secara organik, karena harga kangkung darat organik relatif lebih tinggi. Berikut cara menanam kangkung darat dengan cara perawatan organik.

Budidaya Kangkung Darat Organik

Cara menanam kangkung darat yang pertama adalah menyiapkan benih. Pembibitan tanaman kangkung dapat dilakukan dengan cara generatif menggunakan biji atau secara vegetatif dengan menggunakan stek pucuk batang. Untuk kangkung darat sebaiknya pembibitan menggunakan biji. Setelah menyiapkan benih, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan. Lahan terlebih dahulu dicangkul sedalam 20-30 cm supaya gembur. Setelah itu tanah dibuat bedengan membujur dari barat ke timur supaya memperoleh sinar matahari penuh. Lebar dengan kira-kira 100 cm dengan tinggi 30 cm dan panjangnya bisa disesuaikan lahan. Jarak antar dengan kurang lebih 30 cm.

Setelah mempersiapkan lahan dengan membuat bedengan, cara menanam kangkung darat selanjutnya adalah pemupukan. Bedengan diratakan 3 hari sebelum tanam diberi pupuk kandang, namun untuk pemula boleh ditambahkan pupuk anorganik pada umur 10 hari setelah tanam. Agar pemberian pupuk merata makan pupuk anorganik dicampurkan dengan pupuk organik, jika diperlukan ditambah pupuk cair dan diberikan pada umur 1 dan 2 minggu setelah tanam.

Tahap terakhir cara menanam kangkung darat adalah penanaman. Caranya adalah biji kangkung darat ditanam di bedengan yang telah dipersiapkan. Buatlah lubang tanah dengan jarak 20 x 20 cm, tiap lubang tanamkan 2-5 biji kangkung. Sistem penanaman dilakukan dengan cara zigzag atau sistem garitan.

Description : Cara menanam kangkung darat secara organik akan menghasilkan kangkung dengan harga jual lebih tinggi. Namun anda perlu memperhatikan setiap langkah dan proses pemupukan supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Cara Menanam Kangkung Dan Bayam

Kangkung dan bayam merupakan dua sayuran yang banyak digemari oleh banyak orang. Selain rasanya enak saat diolah menjadi makanan, harga kedua sayur tersebut sangat terjangkau dipasaran. Tak hanya itu kedua sayur ini juga sangat baik untuk kesehatan anda loh. Memang kedua sayuran tersebut hampir tidak memiliki perbedaan. Bahkan cara menanam kangkung dan bayam pun juga tidak berbeda. Jika anda ingin menghemat pengeluaran belanja anda, anda dapat menanam kedua sayuran tersebut di lahan pekarangan anda. Atau jika tidak memiliki lahan pekarangan anda dapat memanfaatkan pot atau polybag sebagai tempat menanam kangkung dan bayam tersebut. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tahap-tahap penanaman kangkung dan bayam.

Cara Menanam Kangkung dan Bayam di Pekarangan Rumah

Proses penanaman kangkung dan bayam tidaklah berbeda, jika anda ingin anda dapat menanam kedua sayuran tersebut di pekarangan anda. Tahap pertama cara menanam kangkung dan bayam adalah pemilihan benih. Dalam tahap pemilihan benih ini kangkung dapat dilakukan dengan stek batang atau dengan menggunakan biji. Sedangkan pembenihan bayam hanya bisa dilakukan dengan menggunakan biji. Tahap kedua setelah pemilihan benih adalah menyiapkan lahan sebagai media penanaman. Yang harus dilakukan adalah menggemburkan tanah terlebih dahulu, dengan cara mencangkuli tanah kemudian dicampur dengan pupuk kompos. Setelah lahan gembur sudah jadi, anda harus membuat bedengan atau petakan-petakan lahan. Dalam tahap ini penanaman kangkung dan bayam tidak memiliki perbedaan.

Tahap ketiga cara menanam kangkung dan bayam adalah proses pemupukan. Pemupukan dilakukan 3 hari sebelum penanaman dengan pupuk kompos. Kemudian dihari ke 10 setelah pembenihan menggunakan pupuk urea yang dicampurkan dengan air dan disiramkan ke tanaman pada sore hari. Dan di hari ke 2 minggu setelah penaburan benih berilah pupuk cair. Tahap keempat adalah penanaman benih bayam dan kangkung dengan 3 cara yaitu ditebar langsung diatas bedengan, ditebar dalam larikan/barisan yang diberi jarak 10-15 cm, dan disemai setelah tumbuh kecambah.

Tahap terakhir cara menanam kangkung dan bayam adalah tahap pemeliharaan. Kedua sayuran tersebut merupakan tanaman yang tahan akan hama penyakit. Namun meskipun begitu anda harus tetap memperhatikan perkembangannya. Anda harus memperhatikan kadar air yang dibutukan kedua tanaman tersebut serta pemberian pupuk rutin juga akan mempengaruhi tumbuh kembang kedua sayuran tersebut.

Description : Cara menanam kangkung dan bayam dalam satu pekarangan rumah anda akan menambah kegemaran dan menambah aktivitas anda. Dengan langkah atau step penanaman kedua sayuran tersebut yang sama akan mempermudah anda dalam proses penanaman.

4. Cara Menanam Kangkung Air

Kangkung air dapat tumbuh di daerah basah seperti parit, kolam, atau genangan sawah. Ciri-cirinya adalah batangnya lebih besar, berwarna hijau lebih gelap, daunnya lebih lebar dan sedikit keras, lebih lama layu jika dimasak, dan memiliki bunga berwarna putih kemerahan. Kemudian untuk cara memanennya, kangkung air ini cara memanennya adalah dengan di potong. Kangkung air dapat tumbuh dan hidup di dataran tinggi dan dataran rendah selama kebutuhan airnya tercukupi. Selain itu kangkung air juga membutuhkan banyak sinar matahari dan lahan yang subur dan kaya akan zat organik terutama di daerah genangan air yang tersimpan lama, bebas dari rumput, dan gulma serta hama pengganggu seperti ulat, kutu daun, dan penyakit daun putih. Itu tadi merupakan syarat tumbuh kangkung air, dengan terpenuhnya semua syarat tersebut maka kangkung air dapat tumbuh dengan baik. Kemudian cara menanam kangkung air adalah sebagai berikut.


Budidaya Kangkung Air

Pertama-pertama siapkan lahan sekitar 3 minggu sebelum ditanami dengan cara dicangkul, kemudian berikan pupuk kompos sebelum diolah agar lahan subur dan siap ditanami. Setelah itu genangi dengan air dengan ketinggian air sekitar 5 cm, lalu buatlah bedengan dengan ukuran 2 x 1 m dan kedalamannya 30 cm. cara menanam kangkung air selanjutnya adalah pembibitan. Cara pembibitan kangkung air adalah dengan stek batang. Anda dapat memilih bibit di pasar atau membelinya langsung dari petani. Bibit yang berkualitas memiliki panjang sekitar 20-30 cm.

Langkah selanjutnya untuk cara menanam kangkung air adalah penanaman. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Tanamlah batang bibit dengan jarak 1,5 x 1,5 cm. Jika penanaman dilakukan saat musim hujan, maka tidak memerlukan tambahan air, dan sebaliknya jika penanaman dilakukan pada musim panas anda perlu menambahkan air sebelum ditanam.

Selanjutnya adalah penyiraman dan pemupukan, untuk tumbuhan kangkung air pemenuhan kebutuhan air sangat diperlukan. Oleh karena itu, anda jangan lupa melakukan penyiraman dan pemupukan secara berkala. Saat cuaca sedang panas, terik, dan kering, penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari saat pagi dan sore. Untuk pemupukan anda dapat menambahkan pupuk urea 2 minggu setelah penanaman. Selai itu pantau juga terhadap hama dan penyakit, basmi secara hayati supaya predator alami tidak ikut mati. Itu tadi cara menanam kangkung air, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Description : Cara menanam kangkung air tidak berbeda jauh dengan cara tanam kangkung darat. Namun, apabila anda berminat anda harus memperhatikan syarat tumbuh kangkung air dan kadar kebutuhan air daripada kangkung tersebut.

5. Cara Menanam Kangkung Yang Baik

Kangkung, yang konon katanya berasal dari Negara India ini dapat ditanam di hampir seluruh wilayah Indonesia. Karena memang kangkung dapat hidup dengan baik di mana saja, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Cara pembudidayaan kangkung relatif sangat mudah karena mengikuti siklus panen cepat yaitu 4-6 minggu sejak dari benih dan tahan terhadap hama. Ada dua jenis kangkung yang beredar dipasaran yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kedua kangkung tersebut memiliki cara penanaman yang sama. Cara menanam kangkung baik adalah sebagai berikut



Cara Menanam Kangkung yang Baik

Seperti yang saya katakan sebelumnya untuk cara tanam kedua kangkung di atas tidaklah berbeda. Yang membedakan tempat mereka hidup, jika kangkung darat bisa hidup di tanah yang kering, berbeda halnya dengan kangkung air yang bisa hidup di daerah yang berair. Memang tempat hidup mereka berbeda namun cara tanamnya sama saja. Cara menanam kangkung baik adalah petama adalah pembenihan atau pembibitan kangkung. Bibit kangkung berupa kangkung muda yang berukuran 20-30 cm yang memiliki daun dan batang yang besar. Bibit tersebut diperoleh dengan dua cara yaitu stek batang lalu ditancapkan ke tanah, atau dengan menanam biji kangkung yang kering dan berkualitas baik.

Kemudian jika sudah memperoleh bibit, lanjut ke langkah berikutnya cara menanam kangkung baik adalah pengolahan lahan atau media tanam. Untuk membuat media tanam bagi kangkung, dibutuhkan tanah yang subur sehingga perlu diberi pupuk kompos. Sebarkan pupuk tersebut di atas tanah, kemudian dicampur dengan merata. Setelah merata petak-petakan atau dibuat bedengan, dengan panjang sesuai selera anda atau sesuai dengan kondisi lahan.

Setelah pemilihan bibit dan penyiapan lahan sudah selesai, langkah selanjutnya cara menanam kangkung baik adalah penanaman. Sebelum dilakukan proses penanaman, sebaiknya buatlah lubang tanam dengan tugal sedalam kurang lebih 5 cm dan berjarak 20 x 20 cm atau di sesuaikan luas lahan. Ini hal yang paling penting dan harus anda perhatikan, saat penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16.00 - 18.00 WIB. Tujuannya adalah supaya benih yang baru ditanam tidak langsung mendapat udara kering saat siang hari, hal tersebut akan membuat benih cepat berkecambah.

Description : Cara menanam kangkung baik harus sesuai dengan step-step di atas. Yang perlu anda perhatikan adalah proses memperoleh benih dan cara menanam yang benar.

6. Cara Menanam Kangkung Cabut Dengan Mudah

Berbicara mengenai berbagai macam sayur-sayuran, anda tentu tahu sayuran yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar manapun ini. Ya, kangkung. Sayuran dengan nama latin ipomoea sp. Ini berasal dari negara india yang kini sudah banyak ditemukan dan ditanam di indonesia. Kangkung dikenal cukup populer di kalangan masyarakat terutama ibu rumah tangga. Selain harganya yang terbilang murah meriah, sayuran yang biasanya dimasak dengan cara ditumis ini memiliki rasa yang sungguh nikmat dan lezat. Bagi anda yang hidup di daerah pedesaan, mungkin sering sekali menemukan tanaman kangkung di beberapa tempat, baik itu kangkung cabut ataupun rambat karena pertumbuhannya memang sangat mudah dan cepat. Nah, apakah anda tertarik untuk memiliki tanaman kangkung cabut? Simak informasi cara menanam kangkung cabut yang akan kami ulas selanjutnya.

Cara mudah menanam kangkung cabut

Cara menanam kangkung cabut itu sangat mudah sekali dan tak perlu banyak perawatan karena jenis sayuran yang satu ini memang sangat mudah dan cepat untuk tumbuh dimanapun terutama tanah yang lembab. Berikut cara mudah menanam kangkung cabut. Yang harus anda lakukan pertama kali adalah mencangkul tanah yang akan ditempati untuk menanam kangkung dengan dalam sekitar 30 cm dan luas secukupnya. Lalu taburkan pupuk kandang diatasnya secara rata agar tanah menjadi lebih subur. Setelah itu, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1x4 m dan tinggi 40 cm. Agar keadaan unsur tanah lebih baik, anda bisa membiarkannya terlebih dahulu selama 1 sampai 3 hari.

Kemudian andapun bisa memulai menanamnya. Cara menanam kangkung cabut bisa dilakukan dengan memberi jarak tanam melebar sekitar 20 cm dan arah memanjang sekitar 5 hingga 10 cm. Isi setiap lubang tanam dengan 5 atau lebih biji kangkung. Jangan terlalu menanam biji dalam satu tempat karena dengan 5 biji saja, tanaman akan tumbuh dengan cukup rapat. Setelah 3 sampai 5 hari, tunas-tunas berupa kecambah kangkung akan mulai bermunculan. Siramilah tunas-tunas tersebut secara rutin setiap hari agar tumbuh dengan subur.

Selanjutnya, anda bisa memberinya pupuk cair dengan cara menyiramkannya ke lahan penanaman agar terhindar dari hama yang menyerang. Dan setelah 35 atau 40 hari sejak tunas kecambah kangkung bermunculan, anda pun bisa memanennya dengan cara mencabutnya sampai pada akarnya. Nah, cara menanam kangkung cabut ini cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Deskripsi : cara menanam kangkung cabut itu sangat mudah dan tidak memerlukan banyak perawatan karena kangkung sangat muda sekali tumbuh dengan subur

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.