Home / bunga / mawar / perkebunan / pertanian / Cara Menanam Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

 

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang selalu terlihat indah. Salah satu cara untuk memperindah penampilan sebuah rumah adalah dengan mengisi halaman rumah dengan berbagai pot berisi bunga. Bunga merupakan jenis tanaman yang selalu berhasil membuat keindahan dengan bentuk dan warnanya yang bermacam-macam. Terlebih keindahannya ketika bunga tersebut telah merekah sempurna, maka setiap orang, terutama wanita pasti ingin memilikinya. Bunga memang kerap kali diidentikkan dengan wanita karena beberapa bunga sering dijadikan media untuk menyatakan perasaan cinta kepada wanita. Sebut saja bunga mawar. Nah salah satu bunga yang paling cantik ini bisa menjadi alternatif untuk memperindah halaman rumah anda. Tertarik? Simak terus artikel yang akan memberikan ulasan mengenai cara menanam bunga ini.



Siapa yang tidak tahu bunga mawar? Bunga yang terkenal akan keindahannya ini sangat populer dan menarik. Mawar memiliki kelopak bunga yang sangat cantik dan warna yang menarik sehingga banyak orang yang kagum melihatnya. Belum lagi aromanya yang khas dan harum menambah daya tarik tersendiri bagi bunga mawar. Maka tidak heran jika bunga ini seringkali disebut dengan queen of flower atau ratunya bunga karena keindahan dan kecantikan yang dimilikinya. Jadi, anda tak perlu bingung lagi untuk memperindah halaman rumah anda. Cukup tanam berbagai bunga, maka rumah anda akan tampak lebih indah.
Cara menanam bunga memang bermacam-macam, tetapi kali ini kami akan memberikan tips menanam bunga mawar untuk anda.

Tips dan cara menanam bunga mawar

Cara menanam bunga sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa macam seperti okulasi, stek batang ataupun dengan menggunakan bibit atau biji. Dan cara yang paling mudah dan banyak diminati orang adalah cara menanam bunga dengan stek batang. Mengapa? Karena cara yang satu ini memang tidak membutuhkan banyak perawatan ketika pertumbuhannya. Begitu juga dengan bunga mawar ini. Kami akan memberikan alternatif cara stek batang untuk menanam bunga mawar di pot yang juga bisa diletakkan di teras rumah anda.

Sebelum mulai mempraktekkan cara menanam bunga, terlebih dahulu anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti pot. Usahakan untuk menggunakan pot yang memiliki bahan tanah liat atau tembikar agar suplai oksigen tercukupi lewat pori-porinya. Kemudian siapkan juga batang bunga yang akan dijadikan stek. Anda sebaiknya memotong dan menggunakan batang bagian tengah dari ranting cabangan yang sudah tua agar mempermudah pertumbuhannya. Setelah siap, isi pot dengan kerikil atau pecahan batu bata. Masukkan tanah subur diatasnya dengan menambahkan juga pupuk untuk membantu perkembangannya.

Selanjutnya, batang bunga mawar yang telah dipersiapkan, ditancapkan ke dalam pot berisi tanah tersebut dan siram dengan air bersih. Letakkan pot bunga mawar di tempat yang tidak tersinari matahari secara langsung sampai tunas tumbuh. Ketika tunas telah tumbuh, anda bisa memindahkan pot tersebut ke tempat yang tersinari matahari untuk bisa melakukan fotosintesis. Ketika umur tanaman mencapai usia antara 1 sampai 2 bulan, sirami bunga secara rutin pagi dan sore. Lakukan juga pemupukan serta pemangkasan pada daun yang dianggap tidak perlu agar tanaman lebih terangsang untuk berbunga. Nah, sangat mudah bukan cara menanam bunga yang satu ini?.

Itulah cara menanam bunga mawar yang bisa anda jadikan alternatif untuk membuat penampilan rumah bagian depan anda terlihat lebih indah. Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan bunga mawar agar selalu tumbuh dan berkembang dengan baik serta tidak mudah layu dan mati. Cara merawat bunga bisa dilakukan dengan penyiraman secara rutin, pembersihan gulma dan pemupukan sebelum mawar berbunga, ketika berbunga dan bunga mulai layu. Anda juga bisa langsung menanamnya di tanah halaman anda. Nah, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.