Pedoman Budidaya Burung Cocak Ijo Agar Cepat Bertelur


carabudidaya.id : Saat ini memelihara burung sedang banyak digemari. Apalagi sekarang ada banyak sekali jenis varian burung yang dijual di pasaran. Yang paling laku memang burung berkicau yang biasanya digunakan untuk lomba-lomba. Salah satunya adalah jenis burung cucak ijo.



Ternak cucak ijo sedang banyak dilakukan oleh para pecinta burung berkicau. Seperti namanya cucak ijo, burung ini mempunyai bulu yang berwarna hijau dan paruh berwarna hitam. Untuk mendapatkan burung ini sebenarnya sangat sulit, karena habitat aslinya berada di dalam hutan. Jadi ini membuat banyak orang untuk mengembang biakannya. Mari langsung saja kita bahas mengenai cara berternak burung cucak ijo ini.

berikut adalah Tahapan Budidaya Burang Cocak Ijo :

1. Memilih Indukan Cucak Ijo

Ketika ingin ternak cucok ijo, anda harus memilih indukan dari cucak ijo terlebih dahulu. Pilihlah indukan yang berkualitas tinggi, supaya bisa menghasilkan anakan yang berkualitas juga. Berikut ini ciri-ciri indukan cucak ijo yang berkualitas. Untuk indukan jantan harus sudah berusia dua tahun sedangkan untuk indukan betina berumur 1 tahun. Kesehatan dari cucak ijo harus dalam keadaan yang bagus atau sehat. Indukan dari cucak ijo harus bergerak dengan lincah dan berbunyi dengan nyaring atau ganjor. Memiliki badan yang serasi antara berat badan dan panjang badannnya.

2. Perjodohan Cucak Ijo

Setelah anda memilih indukan cucak ijo, tahapan ternak cucak ijo selanjutnya adalah melakukan perjodohan. Terkadang pada saat penjodohan mengalami kesulitan karena setiap indukan belum tentu cocok. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. masukan indukan jantan dan betina ke dalam kandang yang sama tetapi berbeda sangkar. Kemudian dekatkan kedua sangkar tersebut. Tunggu beberapa saat, apakah kedua indukan tersebut akan akur atau tidak. Anda bisa menambahkan sekat pada kedua sangkar. Untuk mengetahui kedua indukan sudah akur atau belum, anda bisa membuka sekatnya saja. Ciri keduanya sudah akur, akan mengeluarkan kicauan sambil jantan mendekat ke betina dan betina meresponnya.

3. Kandang Penangkaran Cucok Ijo

Dalam ternak cucak ijo, anda harus memperhatikan kandangnya juga. Tinggi kandang sekitar 2,5 meter, lebar kandang sekitar 3 meter. Dalam kandang diberi batang dari pohon belimbing, mangga atau jenis lainya. Jangan lupa untuk menyediakan tempat makan, tempat minum, tempat tangkringan dan tempat mandi. Anda juga bisa menambahkan sarang dari batok kelapa yang diberi pinus atau merang. Sebagian sarang diletakan di kontak dan sebagian diletakan di bawah kandang. Ini digunakan untuk merangsang induk betina segera membuatnya sarangnya.

a. Cara Mudah Membuat Kandang Ternak Cucak Ijo


Bagi anda para penghobi burung kicauan tentu hal yang sangat membanggakan menikmati burung peliharaan sehat dan rajin berkicau. Dan sudah barang tentu akan semakin membuat anda merasa bangga jika hobi yang anda gemari tersebut juga bisa menghasilkan suatu tambahan penghasilan. Bagi anda yang hobi memelihara cucak ijo, sebaiknya anda mulai berfikir untuk membudidayakan burung yang satu ini, pasalnya nilai ekonomisnya sangat tinggi dan cara membudidayakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam beternak cucak hijau, diantaranya adalah kandang ternak cucak ijo.


Untuk membuat kandang ternak cucak ijo yang paling pas untuk hunian cucak hijau tak bisa sembarangan. Untuk membudidayakan cucak hijau juga membutuhkan suatu lingkungan aman dari ancaman predator. Selain itu pastikan juga pastikan bahwa di kandang tersebut bebas dari beragam parasit misalnya seperti kecoa maupun semut. Pasalnya parasit tersebut akan membuat betina cucak ijo stres dan bisa mengakibatkan betina tidak nyaman mengerami, bahkan akan memakan telurnya sendiri. Berikut ini kami sampaikan beberapa kiat dalam membuat kandang cucak hijau yang baik.

b. Cara membuat kandang ternak cucak ijo

Untuk membuat kandang ternak cucak ijo sebenarnya tak terlalu sulit, yang perlu anda lakukan yang pertama adalah siapkan bahan-bahan untuk membuatnya misalnya saja seperti kayu serta besi yang akan digunakan sebagai kerangkanya, sementara itu untuk bagian dindingnya bisa anda buat menggunakan ram kawat kotak-kotak, sementara untuk bagian atap bisa menggunakan asbes maupun genteng. Untuk ukurannya sendiri kandang untuk ternak cucak hijau sebaiknya berukuran panjang 100 cm dan dengan lebar 100 cm, sementara tinggi kandang sebaiknya 160 cm.

Sebaiknya posisi atau letak kandang anda usahakan langsung terkena sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi untuk kesehatan dari vertilitas burung jantan serta kesehatan reproduksi betina. Sementara untuk wadah pengeraman serta penetasannya bisa anda buat dari kotak dari kayu atau juga bisa menggunakan wadah dari plastik. Untuk alas anakannya bisa menggunakan kapas. Demikian cara membuat kandang ternak cucak ijo, semoga bermanfaat.

4. Pakan Cucok Ijo

Akan percuma saja anda ternak cucok ijo, jika tidak mengetahui pakan yang benar. Ketika berternak burung cucak ijo, anda harus memberikan nutrisi dan pakan yang lebih banyak. Supaya cucak ijo tetap sehat. Pada saat masa penangkaran nutrsi yang diberikan harus lebih banyak dibandingkan hari biasanya. Anda bisa memberikan serangga, cacing, voer dan juga buah-buahan sesuai dengan takaran. Yang paling penting memang memberikan nutrisi yang tepat pada indukan cucak ijo. Jangan lupa untuk memberikan nutrisi pada air minum indukan cucak ijo ini. nutrisi tersebut harus mengandung vitamin D3, A, B1, B2, E,B12 dan masih banyak lainya.

Setelah melalui masa kawin, indukan betina akan mulai masa pengeraman. Pada saat masa pengeraman harus dalam suasana yang tenang dan nyaman. Masa pengeraman cucak ijo kurang lebih selama 2 minggu atau 14 hari. Pada masa pengeraman anda bisa mengurangi pemberian EF. Pemberian EF yang berlebihan akan membuat indukan betina menjadi lebih agresif. Ini akan berakibat tidak baik pada telurnya. Jika telur sudah menetas, biarkan indukan cucak ijo memberikan makan pada anaknya sendiri. Demikian sedikit penjelasan mengenai cara ternak cucak ijo yang benar.


5. Cara Ternak Cucak Ijo Sangkar Gantung Yang Mudah


Burung cucak hijau semakin digandrungi banyak kalangan karena pesonanya yang sangat luar biasa. Para penghobi burung kicauan tentu sudah tak asing lagi dengan burung cucak hijau ini. Bagi anda yang gemar mengkoleksi burung kicauan yang satu ini, alangkah semakin membanggakan jika burung kesayangan anda bisa anda ternak. Untuk membudidayakan burung cucak hijau ini tak terlalu sulit bahkan bisa anda bisa ternak cucak ijo sangkar gantung. Ya, dengan sangkar biasa atau sangkar gantung anda juga bisa membudidayakan burung cucak hijau ini, penasaran bagaimana cara membudidayakan cucak hijau dengan sangkar gantung? Simak penjelasan singkat berikut ini.

a. Cara ternak cucak ijo sangkar gantung

Cara untuk ternak cucak ijo sangkar gantung hampir sama dengan cara beternak burung cucak hijau dengan sangkar khusus untuk beternak. Untuk beternak cucak hijau dengan sangkar gantung hal pertama yang harus diperhatikan lingkungan sekitar aman dari predator. Pastikan juga bahwa di dalam kandang tersebut bebas dari beragam parasit. Pasalnya parasit tersebut bisa membuat betina cucak ijo akan stres bahkan bisa mengakibatkan betina tidak nyaman mengerami dan akan memakan telurnya sendiri. Berikut ini kami sampaikan beberapa kiat dalam membuat kandang cucak hijau yang baik.

Untuk ternak cucak ijo sangkar gantung pemilihan indukan juga penting untuk diperhatikan, indukan yang baik tentunya akan menghasilkan anakan yang berkualitas. Pada saat memilih indukan untuk ternak cucak hijau, pastikan indukan berusia lebih dari 2 tahun, kondisi kesehatannya bagus, lincah, tidak mempunyai cacat fisik, mempunyai badan yang besar dan panjang, khusus indukan jantan harus rajin berkicau. Setelah memasuki masa penjodohan, untuk ternak cucak hijau dengan sangkar gantung tak terlalu sulit.

Untuk melakukan penjodohan menggunakan sangkar gantung sangat mudah cukup dekatkan kedua sangkar dari indukan jantan dan betina. Untuk proses selanjutnya seperti pengeraman dan penangkaran tak berbeda jauh dengan menggunakan kandang penangkaran yang lainnya. Untuk wadah pengeraman dan penetasannya bisa dibuat dari kotak dari kayu. Untuk alas anakannya anda bisa menggunakan kapas. Demikian cara ternak cucak ijo sangkar gantung, semoga bermanfaat.

6. Tips Agar Ternak Cucak Ijo Sukses

Cucak ijo merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer dan banyak digemari kalangan pecinta burung kicau. Cucak ijo ini memiliki warna ijo yang elegan serta suaranya sangat khas. Selain memeliharanya baik untuk koleksi maupun lomba, prospek yang sangat bagus dari cucak ijo ini membuat makin banyak yang berusaha untuk menernakkannya. Bagi anda yang ingin membudidayakan burung cucak ijo ini, berikut kami sampaikan cara ternak cucak ijo sukses sebagai referensi bagi anda.

Langsung saja, cara ternak cucak ijo sukses yang pertama adalah memilih indukan yang berkualitas. Indukan berkualitas akan berdampak pada keturunan atau anakan juga berkualitas. Saat memilih indukan dengan kondisi kesehatan harus bagus, harus lincah, tidak cacat fisik, mempunyai badan yang besar serta panjang. Selain itu Proses penjodohan juga sangat penting, masukkan ijo jantan di dalam sangkar dalam kandang lalu masukkan indukan betina yang juga dalam sangkar ke kandang. Tunggu reaksi dari keduanya, jika sudah terlihat rukun anda tinggal buka sekat.

Selain itu salah satu faktor agar ternak cucak ijo sukses adalah kandang. Kandang penangkaran cucak ijo beda dengan kandang untuk hariannya. Untuk beternak cucak ijo membutuhkan kandang lebih luas agar indukan nyaman lekas kawin dan lekas bertelur. Selain itu faktor pakan juga mempengaruhi kesuksesan beternak cucak ijo. Pakan untuk ternak cucak ijo tentunya sedikit berbeda dengan pakan untuk cucak ijo yang hanya untuk koleksi, pasalnya kebutuhan nutrisinya tentu jauh berbeda. Pakan untuk indukan cucak ijo harus mengandung nutrisi dan gizi tinggi demi kesehatan indukan.

Faktor lain agar ternak cucak ijo sukses adalah memastikan masa pengeraman berjalan dengan baik. Pastikan lingkungan kandang mendukung untuk proses pengeraman ini, hindarkan kandang darin adanya parasit. Selain itu masa meloloh juga sangat menentukan keberhasilan ternak cucak ijo. Pastikan anda meloloh anakan cucak ijo pada saat berumur 5 sampai 10 hari. Tempatkan anakan cucak ijo dalam box khusus yang dilengkapi dengan penghangat. Demikian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.


Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput