Panduan Cara Menanam Cabai Merah

Di indonesia cabai adalah salah satu jenis komoditas yang bisa membuat masyarakat indonesia resah. Terutama saat harga cabai yang membumbung naik. Oleh karena itu jika anda penggemar masakan pedas dan suka mengkonsumsi cabai ada baiknya jika anda menanamnya sendiri.


Menanam cabai tidak harus pada pekarangan yang luas, anda bisa menanam di kebun atau pekarangan dengan pot ataupun polybag. Jenis cabai yang mudah ditanam adalah cabai merah. Cara menanam cabai merah juga tergolong mudah. Untuk mencoba menanam cabai merah ada baiknya jika anda mengikuti artikel dibawah ini.

Cara mudah menanam cabai merah di pekarangan

Mananam cabai merah juga bisa dilakukan dipekarangan rumah. Cara menanam cabai merah pada dasarnya sama halnya dengan tanaman yang lainnya. Bahkan untuk kepentigan praktis anda bisa menanam cabai merah dengan membeli bibit yang telah tumbuh tanpa harus menyemai terlebih dahulu. Hal ini akan lebih memudahkan anda. Karena menyemai cabai merah membutuhkan waktu hingga sekitar 3 minggu sendiri.

Budidaya cabai merah di pekarangan rumah bisa anda lakukan dengan menggunakan polybag. Cara menanam cabai merah dengan menggunakan polybag amatlah mudah. Anda hanya perlu menanam cabai dengan membuka wadah polybag tersebut. Namun hal yang perlu dilakukan sebelumnya adalah mempersiapkan media tanam untuk mengisi polybag tersebut. Tanamlah tanaman cabai saat sore atau pagi hari hal ini akan menghindari tanaman terkena stress atau layu. Setelah anda tanam barulah anda siram tanaman cabai anda. Ingat pula untuk menyiram tanaman cabai secukupnya. 

Cara menanam cabai merah juga tidak bisa dilepaskan dari perawatan. Tanaman cabai wajib dirawat agar tumbuh dengan baik. Untuk merawat tanaman cabai anda membutuhkan tiang atau penyangga untuk tanaman agar tidak roboh., selain itu siramlah tanaman secara rutin setiap pagi atau sore tiap hari. Jangan lupa pula untuk memberikan pupuk baik pupuk kandang, kompos atau menggunakan pupuk kimia khusus untuk cabai. Cabai bisa anda panen setelah berumur kurang lebih 75-85 hari setelah masa tanam. Selama masa tersebut ada baiknya anda untuk benar benar merawat tanaman cabai anda.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput