Home / organik / padi / pertanian / Cara Praktis Menanam Padi Organik Dilahan Sawah Dan Ladang Tadah Hujan

Cara Praktis Menanam Padi Organik Dilahan Sawah Dan Ladang Tadah Hujan

Cara Praktis Menanam Padi Organik

Saat ini kita sering mendengar istilah organik, baik sayuran maupun padi organik. Istilah ini merupakan istilah yang merujuk pada tanaman yang tidak menggunakan pestisida dalam proses pemupukannya. Selain itu untuk padi organik juga memiliki cara tanam yang berbeda dengan padi umumnya. Cara menanam padi organik pada dasarnya lebih mudah dibandingkan dengan padi biasa karena tidak banyak membutuhkan pupuk namun harus mengolah lahan dengan benar dan gembur terlebih dahulu.


Cara menanam padi organik pada dasarnya sama saja dengan padi biasa. Namun untuk padi organik membutuhkan lahan yang benar-benar gembur dan kaya akan unsur hara. Sebaiknya lahan yang d gunakan untuk padi organi mengadung ph atau tingkat keasamaan antara 5 hingga 7, selain itu di butuhkan lahan yang berlumpur dan kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman padi. Untuk lahan padi organik dibutuhkan lahan yang selalu terkena sinar matahari. Karena keadaan lahan ini sangat penting pada umumnya petani adi organik lama dalam mempersiapkan lahan agar benar benar menjadi padi organik tidak separuh-separuh

Teknik menanam padi organik yang paling penting adalah pada persiapan lahan. Cara menanam padi organik yang paling utama adalah mempersiapkan lahan. Cara mempersiapkan lahan dalah dengan menggemburkan lahan baik di bajak atau di traktor selanjutnya diamkan lahan untuk kurang lebih dua hari. Selanjutnya lahan di berikan pupuk kompos terlebih dahulu. Setelah itu kembali di injak injak dan sehari kemudian pindahkan benih yang telah disemai di lahan yang akan di gunakan.

Manfaat menanam padi organik

Ada banyak manfaat menanam padi dengan cara organik dibandingkan dengan cara konvensional. Cara menanam padi organik memiliki keuntungan lebih hemat. Bahkan untuk tanaman organik ini tidak membutuhkan banyak air karena kurang dari 2 cm untuk setiap lahan, benih juga lebih hemat karena untuk satu hektare lahan hanya membutuhkan kilogram benih. Menanam padi organik juga akan hemat tenaga manusia, jarang ada rumput selain itu masa penyemaian lebih pendek sehingga masa panen lebih awal. Petani akan hemat banyak biaya untuk membeli pupuk dibandingkan membeli pupuk kimia yang mahal harganya.

Cara Mudah Menanam Padi Organik Di Sawah

Padi adalah jenis tanaman yang menjadi sumber makanan pokok bagi masyarakat indonesia. Mungkin anda berfikir bahwa menanam padi di sawah hanya bisa dilakukan oleh petani. Namun pada dasarnya siapa saja bisa menanam padi sawah bahkan anda yang tidak pernah bercocok tanam juga bisa melakukannya. Cara menanam padi sawah memang membutuhkan lahan sawah untuk persemaian bibit padi. Namun selain itu ada hal-hal lain yang harus diperhatikan dalam menanam padi sawah


Tips menanam padi Organik Di sawah

Untuk menanam padi sawah ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar tanaman padi sawah bisa tumbuh dengan baik. Cara menanam padi sawah membutuhkan lahan dengan kadar keasaman yang baik. Bahkan jika tanah tidak begitu asam bisa ditambah dengan kapur untuk menjadi asam. Kadar keasaman tanah ini bisa di ukur degan menggunakan cairan ph tester ataupun alat ph tester sendiri bahkan kertas lakmus. Pengukuran ini bisa dilakukan dengan mengambil sampel secara zig-zag. Selain itu syarat tumbuh padi sawah juga sebaiknya ada daerah dengan curah hujan antar 1500-2000 milimeter. Selain itu matahari juga dibutuhkan secara maksimal.

Selain syarat tumbuh, pembibitan juga sangat penting dalam cara menanam padi sawah. Untuk padi sawah setiap hektarenya membutuhkan kurang lebih membutuhkan 25-30 kilogram per hektare. Lokasi tempat yang digunakan untuk menyemaikan benih juga harus subur dengan paparan sinar matahari yang penuh. Biasanya di buat bedengan dengan ukuran 1 x 4 meter dengan ketinggian hingga 20 - 30 centimeter. Bibit akan mulai di tanam setelah berumur 18 hari. persemaian padi bisa dilakukan dengan lebih efektif jika menggunakan jaring.

Baca juga : Menyemai Padi dengan Jarign

Cara menanam padi sawah juga tak bisa dilepaskan dari proses pemeliharaan padi sawah. Pemeliharaan ini meliputi perlindungan hama, perlindungan dari gulma dan pemupukan. Selain itu untuk meningkatkan produksi padi juga bisa menggunakan teknik penanaman yang khusus. Salah satu teknik yang terkenal untuk penanaman padi sawah yang menghasilkan produksi dalam jumlah besar adalah penanaman dengan teknik jajar legowo. Selain penanaman selanjutnya adalah perawatan dan perlindungan tanaman padi ini juga perlu diperhatikan. 

Cara Mudah Menanam Padi Gogo Di Ladang Tadah Hujan

Ada banyak jenis tanaman padi di indonesia. Salah satu jenis padi yang tidak membutuhkan air adalah padi gogo. Tanaman padi umumnya membutuhkan banyak air untuk pengairan. Padi merupakan jenis tanaman yang menjadi makanan pokok masyarakat indonesia. Tanpa makan nasi kebanyakan masyarakat indonesia serasa tidak makan. Untuk menanam padi jenis gogo ini relatif mudah untuk di lakukan. Artikel ini menjelaskan mengenai cara menanam padi gogo


Cara menanam padi jenis gogo dengan mudah

Cara menanam padi gogo organik pada dasarnya hampir mirip dengan menanam padi jenis lain ataupun padi ciherang. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menanam padi jenis gogo ini adalah mempersiapkan lahan seperti halnya jenis padi lain. Namun untuk padi gogo jenis lahanya adalah lahan kering, selain itu untuk lahan padi gogo sendiri harus mengikuti musim. Biasanya musim yang tepat untuk menanam padi gogo adalah musim kemarau sekitar oktober hingga november. Bulan tersebut dipilih untuk memastikan dengan keadaan musim sehingga saat ditanam bisa tetap mendapatkan air hujan

Penanaman padi gogo teknik yang digunakan bisa menggunakan teknik hibrida. Cara menanam padi gogo sebelumnya harus ditanam di tanah yang telah terendam oleh air yang tergenang sekitar satu hingga dua cm dan padi sendiri ditanam dengan kedalaman sedang sehingga akar bisa berkembang dan tidak patah. Selain itu untuk menanam jenis padi ini juga membutuhkan pemupukan seperti jenis padi lainnya. Pupuk yang baik untuk jenis padi gogo adalah pupuk organik.

Teknik budidaya padi gogo sendiri tidak boleh dilepaskan dari pengendalian hama dan penyakit. Cara menanam padi gogo tak bisa di lepaskan dari berbagai serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu perlu untuk di siangi dan diberikan obat pengendali hama. Karena padi gogo tergantung dengan adanya air hujan sehingga hanya bisa ditanam sekali dalam setahun. Namun walaupun begitu tanaman padi gogo memiliki bulir yang empuk sehingga enak untuk dikonsumsi. Padi gogo juga biasanya menjadi tanaman selingan diantara kacang dan jagung di musim kemarau.




Diberdayakan oleh Blogger.