Cara menanam cabe Yang Paling Benar


Untuk menanam cabai memang membutuhkan beberapa tahapan. Ada tahapan pemilihan bibit, penyemaian bibit, pemindahan ke media tanam, perawatan dan masih banyak lainnya. Setiap tahapan itu harus dilakukan secara bertahap dan sesuai urutan. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara menanam cabe pada tahapan penyediaan media tanam dan pemindahan bibit ke media tanam. Pada tahapan ini sangatlah penting, karena jika gagal tanaman anda tidak akan tumbuh dengan baik. Mari langsung saja kita mencoba untuk membahasnya satu persatu.



Penyediaan Media Tanam

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menanam cabe dengan menggunakan polybag. Pertama sediakan polybag dengan ukuran 30 cm. untuk media tanamnya menggunakan campuran antara tanah, pupuk kandang, kompos, arang sekam dan sekam. Perbandingannya tanah harus sedikit lebih banyak. Setelah mencampurkan semuanya, masukan ke dalam polybag 2/3nya saja. Anda bisa menambahkan pecahan genteng, sabut kelapa dan lain sebagian supaya air tidak mengenang di permukaan media tanamnya.

Pemindahan Bibit

Setelah menyiapkan media tanam, cara menanam cabe selanjutnya adalah dengan pemindahan bibit. Lakukan kegiatan pemindahan bibit ini pada pagi hari atau sore hari, disaat matahari tidak terlalu terik. Jika matahari terlalu terik akan membuat tanaman menjadi stress. Buat lubang pada media tanam sekitar 5 sampai 7 cm. pindahkan secara hati-hati supaya batang cabai tidak rusak atau patah. Jika media penyemaian dengan menggunakan polybag, cabut batang cabai dengan semua tanah didalam polybag dan pindahkan ke polybag baru. Jika penyemaian di atas tanah petak ambil tanah yang menempel pada akar cabainya.

Perawatan Cabai

Cara menanam cabe yang paling penting adalah pada perawatannya. Akan percuma saja jika anda menanamnya dengan baik tetapi tidak pernah merawatnya. Pemupukan dalam dilakukan 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk NPK. Tetapi jika anda ingin menanam cabai organic. Anda juga menyemprotkan pupuk penumbuh daun dan buah. Kemudian ditambahkan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Untuk penyiraman lebih baik 3 kali dalam sehari. Intinya jangan sampai tanah cabainya kering. Pada bagian tengah berikan batang bamboo, supaya pertumbuhan batang cabainya bagus.

Pemanenan

Sekarang anda sudah sampai pada tahap pemanenan. Cara menanam cabe memang perlu tahapan yang banyak. Setiap varietas mempunyai masa panen yang berbeda. Waktu yang terbaik untuk memanen adalah disaat buah belum semuanya berwarna merah, masih sedikit terdapat warna hijaunya. Buah seperti itu masih bisa bertahan 2 sampai 3 hari sebelum dipasarkan. Jadi tidak akan busuk di perjalanan. Selain itu waktu yang paling baik untuk memanen cabai adalah pada pagi hari. Jangan memanen pada malam hari atau siang hari. Ini akan masa buah tidak baik.
Itulah tahapan yang harus anda lakukan untuk menanam cabai. Setiap tahapan harus dilakukan dengan benar, supaya bisa menghasilkan buah cabai yang berkualitas. Jangan sampai tanaman cabai yang anda tanam terkena bibit penyakit. Jika sudah ada tanda-tanda bibit penyakit segeralah untuk mengatasinya. Pada awal-awal masa tubuh , jangan lupa untuk memotong daun-daunya sedikit demi sedikit. Ini akan membantu pertumbuhan yang lebih cepat. Itulah beberapa cara menanam cabe yang harus anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput