Usaha Ternak Itik Sukses Dan Menguntungkan


Salah satu usaha ternak yang kini banyak di gandrungi adalah ternak itik. Berternak itik sangatlah mudah karena hewan ini sangat penurut dan sumber daya yang di hasilkannya semua berguna mulai dari dagingnya, telurnya, hingga bulunya. Daging dan telurnya memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi di bandingkan dengan ayam sehingga hal ini dapat menciptakan peluang bagi para peternak itik. Namun yang perlu di pertanyakan dan pertimbangkan yaitu bagaimana caranya menjalankan ternak itik sukses dan menguntungkan. Bagi anda yang baru pemula dan ingin sukses di bidang ini maka simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara tepat berternak itik.

Cara sukses ternak itik

Hal yang pertama di lakukan pada saat menjalankan ternak itik sukses yaitu menyeleksi bibit itik yang unggul dan sehat. Anda dapat memilih salah satu bibit itik yaitu ada itik lokal, itik alabio, itik mojosari, dan itik asahan serta itik persilangan. Setelah itu tentukan lokasi dan pembuatan kandang. Buatlah kandang yang jauh dari tempat ramai dan usahakan dekat dengan fasilitas sumber air. Hal yang harus di perhatikan yaitu letak jarak kandang yang jangan sampai berdekatan dengan rumah namun mudah di awasi. Kandang itik dapat di buat dengan menggunakan bahan kerangka kayu atau dapat juga menggunakan bambu kemudian menggunakan atap genteng dan beralaskan lantai kapur atau pasir.

Hal yang paling penting juga ketika menjalankan ternak itik sukses yaitu memperhatikan makanan itik. Jenis makanan yang dapat di berikan yaitu berupa jagung, bungkil kedelai dan kelapa, serta dedak padi. Makanan di berikan sesuai dengan usia itik yaitu untuk itik yang berumur 1 - 2 minggu maka takarannya sebanyak 60 gram setiap ekor dan setiap harinya. Untuk itik yang berumur 3-4 minggu di takar 80 gram, untuk itik berumur 5-9 minggu di takar 100 gram, dan untuk itik berumur 10 minggu di takar 150 gram. Selain memberikan pakan ternak itik, juga harus di tambah dengan suplemen agar itik tidak rentan penyakit.
Hal yang paling di nanti nanti ketika ternak itik sukses di jalankan yaitu hasil panennya. Ketika itik sudah sukses menghasilkan telur maka telur itik dapat di olah dan di jadikan sebagai telur asin dan juga telur pindang. Untuk dagingnya dapat di olah sebagai menu makanan seperti bebek panggang dan lain sebagainya. Untuk bulunya dapat di olah menjadi berbagai macam kerajinan tangan dan biasanya juga di jadikan sebagai cock bulu tangkis. Untuk limbah atau kotoran itik dapat di jadikan sebagai pupuk organik.
Deskripsi : ternak itik sukses dapat di jalankan dengan sangat mudah dan hal yang harus di perhatikan yaitu letak atau lokasi bangunan kandang, kemudian pemilihan bibit unggul serta paham akan takaran makanan itik dan sumber daya dari itik semuanya dapat di gunakan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput