Usaha Menjanjikan Ternak Itik Petelur,


Salah satu usaha ternak yang sangat menguntungkan saat ini yaitu ternak itik petelur. Karena jumlah tingkat permintaan akan telur unggas semakin banyak maka timbulah peluang yang sangat menjanjikan bagi peternak telur unggas. Di ketahui nilai jual telur itik lebih tinggi di banding dengan telur ayam maka hal ini merupakan salah satu keuntungan bagi peternak itik petelur. Menjajal ternak itik sangatlah mudah asalkan mengetahui beberapa tehnik yang di perlukan untuk mendapatkan telur dengan kualitas yang sangat baik dan sangat unggul. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba berternak itik petelur, maka simak informasi berikut ini.

Proses ternak itik petelur

Pada saat menjalankan usaha ternak itik petelur maka hal yang harus di lakukan pertama yaitu memilih bibit itik petelur yang lebih unggul dan berkualitas. Setelah itu buatlah kandang itik dan sediakan semua sarananya. Sarat pembuatan kandang itik yaitu harus dengan menggunakan suhu yang sesuai yaitu tidak dapat lebih dari 40 derajat celcius dan juga tidak dapat kurang dari 35 derajat celcius. Kemudian penerangan kandang juga harus sempurna di setiap sudut kandang. Selanjutnya gunakanlah manajemen bahan yang sangat efektif dan tidak perlu mahal, karena bahan yang murah pun dapat di gunakan. Selanjutnya sediakan segala kebutuhan tempat makan dan tempat minum.



Hal yang harus di lakukan dalam pemeliharaan ternak itik petelur yaitu menjaga kebersihan kandang dan ketika ada itik yang sedang sakit maka harus di tangani dengan cepat agar penyakit tidak menular pada itik yang lainnya. Berikan makanan sesuai dengan usia umurnya yaitu jangan lebih dan jangan kurang. Hal yang harus di perhatikan juga yaitu pemberian vitamin serta mineral. Hal ini perlu di ketahui agar nantinya calon induk itik dapat menghasilkan telur dengan kualitas yang baik dan dapat menguntungkan.
Hal yang di tunggu tunggu ketika menjalankan ternak itik petelur yaitu memanen telur dan melihat langsung bagaimana kualitas telur yang di hasilkan. Biasanya itik akan bertelur pada dini hari sehingga para peternak dapat melihat sekitar jam 6 pagi. Itik yang sudah bertelur dapat di keluarkan dari kandang dan telur dapat di panen satu persatu. Simpan telur pada wadah cekung dan usahakan jangan menyimpan telur terlalu lama agar tidak mudah membusuk. Apabila telur tidak di awetkan maka sebaiknya langsung di pasarkan.
Deskripsi : ternak itik petelur merupakan salah satu usaha ternak yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Peternakan ini sangat mudah di jalankan dan ada beberapa hal yang juga harus di perhatikan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput