Usaha Bisnis Ternak Murai Batu


Pingin memiliki kesibukan menyenangkan namun bisa menghasilkan uang? Kesibukan ini jika ditekuni bisa menjadi ladang usaha bisnis anda. Apakah usaha bisnis dimaksud? Usaha bisnis yang dimaksud di sini ialah usaha bisnis ternak murai batu. Murai batu? Apakah ia? Pasti sebagian diantara anda sudah ada yang tahu dengan nama murai batu itu.
Murai batu adalah nama salah satu varietas burung yang banyak digemari oleh banyak orang karena keindahan dan ocehannya. Habitat Burung Murai Batu ini ada di Benua Asia yang meliputi Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Burung ini memiliki ciri-ciri bagian atasnya berwarna hitam dan bagian bawahnya bulu berwarna orange. Ciri khas berikutnya jika burung ini berkicau sambil menggerak-gerakkan ekornya. Inilah yang membuat para pecinta satwa burung menggemari burung ini.


Harus diketahui karena burung Murai Batu ini merupakan salah satu jenis burung yang indah, baik rupa maupun suara kicauannya maka harga burung ini, jika sudah jadi, bila dijual harganya cukup mahal. Dengan demikian maka ternak burung murai bisa menjadi pilihan untuk bisnis sampingan anda, bila memang tidak mau dijadikan bisnis utama.
Cara ternak murai batu
Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara ternak murai batu? Apakah gampang atau susah. Ternak burung murai batu bisa dikatakan gampang dan bisa dikatakan sulit. Artinya boleh dikatakan gampang-gampang susah. Sebetulnya ternak burung muria batu ini tidak jauh beda dengan ternak burung lainnya, seperti misal burung kutilang, burung kenari, dan lain sebagainya. Yang dibutuhkan adalah keuletan dan kesabaran dalam merawat dan memelihara burung tersebut. Sebagai langkah awal untuk mencoba ternak murai batu adalah anda jika memang masih belum tahu tentang ilmunya harus belajar banyak terlebih dahulu jika sudah tahu barulah anda mencari atau membeli burung tersebut.
Selanjutnya anda juga memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika akan terjun usaha bisnis ternak murai batu:
1.    Anda tentukan lokasi ternak burung murai batu yang tepat. Anda harus tahu bahwa burung ini rawan mengalami stress. Maka dari itu pilihlah tempat lokasi yang sepi. Jauh dari keramaian.
2.    Anda juga perlu membuat kandang yang tepat dan pas. Desainnya bisa anda atur sendiri. Ukuran kandang yang pas adalah 90 cm x 90 cm.
3.    Rawatlah dengan baik agar burung murai batu jadi baik. Seperti misal setiap pagi burung dilatih berkicau. Jangan lupa memberi makan. Jangan lupa menyemproti burung dengan air setiap pagi dan sore.
Deskripsi: Ternak murai batu bisa selain menjadi saluran hobi juga bisa menjadi usaha bisnis yang mendatangkan keuntungan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput