Trik Mudah Budidaya Ayam Potong Agar Sukses


Hewan ternak yang masih menjadi primadona bagi para peternak adalah ayam potong. Budidaya ayam potong dinilai sangat mudah dan pastinya menghasilkan laba yang tak sedikit. Konsumen yang menyukai olahan ayam potong pun sangat luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi waktu panen yang singkat membuat modal anda cepat kembali dan untung anda dijamin melimpah ruah. Nah untuk melakukan budidaya ayam potong, anda perlu memperhatikan beberapa trik di bawah ini agar tidak salah langkah yang berakibat pada kerugian fatal.

Trik dalam budidaya ayam potong

Sebelum memulai berbisnis ternak ayam potong, pikirkanlah terlebih dahulu lokasi kandang. Penentuan kandang yang tepat dapat membuat produksi ayam potong anda semakin besar. Kandang untuk budidaya ayam potong haruslah dibuat secara ideal. Maksudnya jangan sampai terlalu besar ataupun terlalu kecil. 
Sediakan sekitar 50 m2 untuk bibit 200 ekor ayam. Perkiraan ini dinilai pas agar ayam tidak terlalu berdesak-desakan sehingga tumbuh kembangnya bisa maksimal. Usahakan membuat kandang yang terlindungi bagian atasnya, namun tetap memperhatikan sirkulasi udara dengan memasang ventilasi agar udara dapat masuk ke kandang. Pilih jenis kandang litter yang dilengkapi dengan alas agar kehangatan ruangan tetap terjaga. Setelah kandang selesai dibuat, belilah pula peralatan ternak ayam potong seperti alat untuk minum, tempat makan ayam, pemanas ruangan atau lampu pijar, dan alat pembersih kandang.
Dalam membudidayakan ayam potong, anda juga harus cermat memilih bibit unggulan. Bibit ayam potong haruslah yang berkualitas tinggi agar tidak mudah terserang penyakit. Pilih juga makanan yang mengandung nutrisi cukup untuk pertumbuhan ayam potong. Rajinlah mengecek ketersediaan makanan ayam potong, dan suplai makan untuk ayam haruslah sering dilakukan. Dalam melakukan budidaya ayam potong ini, anda juga diwajibkan memberi vaksin terhadap ayam-ayam anda. Vaksin diberikan secara rutin seminggu sekali. Selain vaksinasi, anda dapat memberikan tambahan vitamin serta antibiotic kepada ayam agar daya tahan tubuh ayam semakin kuat.
Bagaimana? Tertarik untuk menjadi peternak ayam potong? Selamat mencoba untuk melakukan budidaya ayam potong ini, selama anda mengikuti instruksi yang benar, dijamin usaha ternak ayam potong anda akan berjalan dan menuai kesuksesan.
Deskripsi: budidaya ayam potong sangat digemari karena selain perawatan ayam potong yang mudah, masa panennya pun sangat singkat sehingga dapat meraup untung yang berlimpah dengan segera.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput