Home / ikan / lele / peternakan / Tips Ternak Lele Pemula Yang Paling Penting

Tips Ternak Lele Pemula Yang Paling Penting


Lele merupakan jenis ikan yang sangat enak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Di goreng saja bisa menjadi makanan yang sangat enak sekali. Semakin banyak permintaan di pasaran, membuat banyak orang memilih untuk ternak lele pemula. Buat anda yang masih pemula jangan takut gagal jika ingin berternak lele. Lele ini merupakan jenis ikan yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Di letakan di kamar mandi saja sudah bisa tumbuh. Masa kembang biak lele juga sangat cepat. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin berternak ikan di rumah.

Persiapan Bibit Dan Kolam

Pertama yang harus anda lakukan jika ingin melakukan ternak lele pemula adalah persiapkan bibit dan kolam. Pilihlah bibit dengan kualitas yang baik. selain itu anda harus menentukan ingin budidaya lele dengan menggunakan kolam apa. Kolam teroal, kolam semen, kolam tanah dan lain sebagainya. Setiap jenis kolam mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jangan lupa masalah perairan juga harus diperhatikan. Akan lebih baik jika diperairan kolamnya mengalir tidak berhenti. Ini akan membuat kolam selalu bersih.

Perawatan Makan Dan Pemanenan.

Lalu hal yang harus anda perhatikan selanjutnya jika ingin ternak lele pemula adalah mengetahui cara perawatan pakan dan pemanenan yang tepat. Berapa banyak pakan yang harus anda berikan setiap harinya, ini harus anda perhatikan. Selain itu jenis pakannya juga harus diperhatikan supaya menghasilkan lele yang gemuk dan sehat. Kurang lebih dalam waktu 90 hari anda sudah bisa memanen lele anda. Lele memang salah satu jenis ikan yang mempunyai masa inkubasi atau perkembangbiakan yang cepat.
Jangan lupa untuk memisahkan kolam yang digunakan untuk pembibitan, untuk indukan dan untuk dipanen. Terutama untuk pembibitan, ketika masih bibit jangan dicampur dengan yang besar karena akan dimakan. Setelah berumur 20 harian, baru anda bisa masukan ke kolam yang untuk diternak. Untuk kebersihan air, kedalaman, suhu dan lain sebagainya jangan lupa untuk diperhatikan juga. Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan untuk ternak lele pemula. Semoga bermanfaat.
Description: ternak lele pemula sangat mudah untuk dilakukan, jika anda memperhatikan semua perawatan lele dengan benar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.