Home / burung / lovebird / peternakan / Tips Ternak Burung Lovebird Yang Paling Mudah

Tips Ternak Burung Lovebird Yang Paling Mudah


Di zaman modern ini memang sangat sulit mencari peluang usaha. Tetapi, jika anda tidak malas memutar otak, pastilah anda bisa menjadikan hobi anda menjadi sebuah peluang usaha yang patut anda coba. Misalnya, ketika anda memiliki hobi memelihara burung, anda bisa menjadikan burung sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan. Salah satu jenis burung yang kini sedang banyak diburu oleh masyarakat adalah lovebird. Burung yang cantik ini dijual di pasaran dengan harga yang tidak murah sesuai dengan jenis lovebirdnya. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara ternak burung lovebird paling mudah?

Bukan hanya masalah suka atau tidak suka ketika anda ingin mencoba bisnis ternak burung lovebird. Mungkin jika anda hanyalah penikmat lovebird saja, anda akan mengatakan semua burung lovebird sangat cantik karena memang warnanya yang sangat menarik. Tetapi, berbeda dengan seorang pebisnis burung, yang menjadikannya suka atau tidak suka bukan hanya warna burungnya saja, melainkan juga popular atau tidaknya burung lovebird tersebut. Makanya, sebelum anda terjun langsung pada usaha ternak lovebird, ketahui dulu jenis lovebird yang banyak diminati di pasaran.



Cara beternak lovebird

Sudah disinggung sebelumnya bahwa yang namanya burung lovebird memiliki warna yang indah. Itulah sebabnya banyak orang yang menginginkannya. Jika anda memang benar-benar berminat mencoba ternak burung lovebird, yang mesti anda pikirkan pertama kali adalah memilih indukan lovebird yang unggul. Indukan lovebird tentunya bermacam-macam sesuai dengan jenisnya. Setidaknya, ada 2 jenis lovebird yang banyak digandrungi oleh masyarakat, yaitu lovebird klep dan lovebird kacamata. Tak ada salahnya bukan jika anda memilih salah satu jenis lovebird tersebut sebagai bibit unggul untuk ternak burung lovebird anda?
Masih tentang pemilihan indukan burung lovebird, selain anda bisa memilih bibit dari tingkat kepopularannya, anda juga harus memperhatikan ciri fisiknya. Misalnya, ketika anda ingin menghasilkan banyak burung lutino, maka yang anda pilih adalah indukan dengan jenis yang sama. Agar ternak burung lovebird lutino anda sukses, pilihlah pejantan dari jenis lutino juga, tetapi untuk betinanya, anda bisa memilih lovebird biasa dan bukan berasal dari jenis lutino. Yang terpenting, ketika anda ingin menghasilkan warna lovebird tertentu, pastikan ekor dan warna bulu penjantannya sesuai dengan yang anda inginkan.
Tentu saja yang namanya ternak burung, termasuk burung lovebird, bibit unggul bukanlah satu satunya hal yang mesti anda pikirkan. Demi kesuksesan ternak burung yang sedang anda jalani, anda juga wajib memikirkan pula soal tempat tinggal burung. Biasanya, orang yang beternak lovebird lebih suka menerapkan pemeliharaan dengan cara koloni karena cara beternak burung secara koloni lebih bisa mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal. Yang dimaksud dengan koloni adalah menyatukan jantan dan betina di satu kandang dengan perbandingan tentunya. Misalnya, dalam satu kandang, ada 1 jantan dan 3 betina.
Sebuah kandang yang nantinya akan anda jadikan sebagai tempat tinggal, bukan dibuat tanpa aturan. Untuk ternak burung lovebird koloni biasanya kandang dibuat dengan ukuran 1,5 meter x 2 meter. Kandang juga tak hanya berbentuk kotak saja, tetapi anda juga harus memberikan kamar untuk tempat menetas. Dalam kamar tersebut juga ada sarangnya sehingga burung akan nyaman tinggal di dalamnya. Andapun juga harus menaruh satu set tempat pakan makan dan minum di dekat kamar sehingga asupan burung bisa maksimal. Ada yang mesti anda ingat,ketika anda memasukkan burung lovebird dalam kandang, biarlah yang jantan memilih sarangnya terlebih dahulu dan baru burung betina yang dimasukkan dalam kandang. Semoga tips ternak burung lovebird di atas bermanfaat bagi para pembaca!
Description: ternak burung lovebird bisa berjalan dengan sukses ketika peternak mampu memilih indukan yang unggul dan bisa membuat kandang yang sesuai dengan jenis pemeliharaannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.