Tips Ternak Ayam Potong Mudah Dan Menguntungkan


Siapa yang tak suka mengkonsumsi ayam? Pastilah banyak dari anda yang menjadikan ayam sebagai salah satu menu wajib sehari-hari. Yang namanya ayam bukan hanya dagingnya saja yang dikonsumsi, tetapi telur ayam pun juga dijadikan kebutuhan oleh masyarakat.
Tak heran jika banyak orang yang menjadikan ternak ayam sebagai usaha andalannya untuk meraup keuntungan yang besar. Meskipun banyak sekali orang yang sudah mencoba bisnis rumahan ini, tetapi kebutuhan akan ayam yang semakin meningkat, membuat para pebisnis pemula juga tak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba beternak ayam.


Setidaknya ada 2 jenis ternak ayam wajib anda ketahui yaitu ternak ayam potong atau ternak ayam petelur. Tentu saja sebelum anda berniat menjalankan bisnis rumahan ini, anda harus menentukan mana jenis ternaknya terlebih dahulu. Barulah setelah anda memilih jenis pemeliharaan ternak, anda bisa memilih bibit yang sesuai dengan keinginan anda. Agar anda lebih tahu bagaimana cara ternak ayam agar sukses dan tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang besar, anda bisa menyimak informasi tentang ternak ayam berikut ini.

Beternak ayam potong

Sudah disinggung sebelumnya bahwa ketika anda ingin mencoba bisnis ternak ayam, anda harus menentukan terlebih dahulu mana ayam jenis bisnis yang lebih menguntungkan di pasaran. Jika anda merasa daginglah yang lebih banyak dibutuhkan oleh masyarakat, tak ada salahnya anda memilih ternak ayam potong sebagai usaha rumahan anda. Biasanya, yang sering dipilih sebagai bibit untuk ayam potong adalah ayam boiler yang mudah sekali tumbuh dengan besar. Namun, bagaimana cara memelihara ayam boiler agar bisnis anda bisa menguntungkan?
Jangan salah untuk mencoba beternak ayam boiler, anda tak harus mengawali bisnis anda dengan langsung memelihara banyak ayam boiler. Agar anda bisa tahu ayam boiler menguntungkan atau tidak, anda bisa memulai ternak ayam anda dengan jumlah ayam boiler yang sedikit, misalnya 7 ekor ayam boiler per meter perseginya. Mengapa jumlah ayam boler per meter perseginya sedikit? Ya itu tadi, bukankah ayam boiler adalah salah satu jenis ayam yang cepat sekali pertumbuhannya. Makanya, setiap meter persegi kandangnya juga perlu anda perhitungkan.
Yang namanya kandang, tidak hanya anda pikirkan untuk tempat tinggal ayam boiler saja. Agar kandang untuk ternak ayam boiler bisa membuat bisnis anda sukses, anda juga harus memikirkan masalah kehangatan dalam ruangan kandang. Kandang yang hangat akan dibutuhkan ketika doc mulai dimasukkan dalam kandang sampai 14 hari lamanya. Biasanya, untuk bisa membuat kandang ternak ayam menjadi hangat, para peternak boiler memilih lampu bohlam (lampu yang berwarna kuning). Jadi, listrik dalam kandang boiler akan mempengaruhi tumbuh kembang ternak boiler yang anda pelihara.
Selain itu, kandang boiler juga harus memiliki tempat makan dan minum. Usahakan untuk tempat minum dan makannya dibedakan antara ayam dewasa dan ayam mungilnya. Berbicara soal pakan boiler, ketika anda memutuskan untuk beternak ayam potong, maka anda harus siap mengeluarkan biaya untuk modal pakan ayam. Yang menentukan suksesnya bisnis ayam potong adalah pakan yang diberikannya. Bukan hanya katul atau dedak padi yang menjadi makanan kesukaan boiler, tetapi lebih pada vitamin, vaksin, sanitasi dan obat-obatan yang diberikannya secara berkala. Jika anda sudah tahu soal kandang dan pakan boiler, mungkin anda sudah bisa memulai bisnis ternak ayam boiler mulai dari sekarang! Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca!
Description: ternak ayam boiler atau ayam potong salah satu kunci suksesnya adalah pada pakan ayam karena pakan ayamlah yang membuat ayam bisa tumbuh dengan cepat dalam waktu singkat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput