Home / domba / kambing / peternakan / Tips Sukses Ternak Domba

Tips Sukses Ternak Domba


Domba adalah salah satu hewan ternak yang cukup menguntungkan jika anda ingin membuka usaha peternakan. Seperti yang anda sudah ketahui, domba adalah hewan yang sering digunakan untuk acara aqiqah atau kurban sehingga setiap hari atau setiap tahunnya pastilah banyak masyarakat yang mencarinya. Makanya, tak ada salahnya anda mencoba peluang ternak domba. Siapa tahu jika anda telaten dan ulet dalam menjalankan bisnis ternak domba, anda bisa menjadi seorang jutawan. Namun, jika anda seorang pemula, pastilah anda masih bingung bukan bagaimana beternak domba agar memperoleh hasil yang bagus?


Bukan menjadi masalah besar jika seorang pemula berniat untuk mencoba beternak domba karena asalkan mereka tahu tips ternak domba dan mampu menjalankannya, mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraup keuntungan di bidang peternakan. Pastilah anda yang ingin beternak domba, anda harus mau mengeluarkan modal untuk membeli bibit domba, membuat kandang, membeli pakannya, dan masih ada beberapa yang lainnya. Jika anda sudah tak sabar ingin mengetahui cara mudah untuk beternak domba, inilah informasi selengkapnya.


Tips beternak domba yang mudah

Indukan domba adalah salah satu kunci sukses ketika anda ingin mencoba beternak domba. Seperti dengan indukan hewan ternak lainnya, domba juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama adalah domba local. Domba local adalah salah satu jenis domba yang sering dipelihara oleh masyarakat. Cara mudah untuk mengetahuinya, domba local memiliki ekor yang tipis dan tebal. Untuk warna domba, warna domba local beragam, ada yang putih, coklat, atau bahkan ada yang biru putih. Kira-kira jika anda ingin menjadikan domba local sebagai indukannya, mana domba yang akan anda pilih untuk bibit unggul ternak domba anda?

Masih berbicara tentang induk domba yang bisa anda jadikan sebagai bibit unggul untuk budidaya ternak domba anda. Untuk mendapatkan hasil ternak yang bagus, ada juga yang sengaja menyilangkan domba-domba yang dipeliharanya dan menghasilkan berbagai ternak domba yang sesuai dengan yang diinginkannya. Ada beberapa jenis domba persilangan yang sering dipilih sebagai indukan ternak domba, antara lain: domba garut, domba merino, domba texel, dan domba batur. Ya, memang benar adanya jika harga bibit domba hasil silang lebih mahal, tetapi hasilnya juga lebih menjanjikan.

Beralih pada kandang domba. Sebelum membicarakan soal bagaimana kandang yang bagus untuk sebuah ternak domba, anda perlu tahu ada 2 macam tipe pemeliharaan domba, yaitu gembala dan kandang. Jika anda memilih tipe pertama, yaitu menggembalakan domba, yang mesti anda ingat dan anda ketahui adalah anda wajib memiliki lahan yang luas yang digunakan untuk tempat menggembalakan domba anda. Tetapi, jika anda memilih tipe pemeliharaan ternak domba yang kedua, yaitu kandang, anda hanya membutuhkan beberapa meter lahan saja untuk kandang domba.

Dewasa ini yang banyak digunakan adalah tipe pemeliharaan yang kedua, yaitu ternak domba di dalam kandang. Ada 2 macam kandang yang dibutuhkan untuk ternak domba, yaitu kandang koloni dan kandang tunggal. Kandang koloni yang biasanya berukuran 1 x 3 meter akan ditempati oleh 10 ekor domba. Sedangkan kandang tunggal biasanya akan disesuaikan dengan ukuran domba dan lebih sering digunakan untuk tempat penggemukan domba. Dalam kandang tersebut, anda juga harus melengkapinya dengan palung sebagai tempat pakan domba dan juga tempat minum yaitu ember plastic. Semoga informasi tentang cara beternak domba di atas bermanfaat bagi para pembaca!

Description: ternak domba setidaknya membutuhkan bibit yang unggul dan kandang yang sesuai dengan kebutuhan domba agar domba yang dihasilkan bisa menguntungkan anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.