Tip Ternak Lele yang Benar


Ikan lele memang menjadi salah satu komoditas yang sedang banyak dibudidayakan. Ikan lele ini sangat mudah untuk dibudidayakan dan sangat mudah untuk dijual lagi. Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya warung makan yang menyediakan menu lele.
Jadi anda bisa mendistribusikan ikan lele ini dengan sangat mudah. Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan dari budidaya ikan lele ini. Tetapi untuk para pemula, mungkin akan sedikit kewalahan dalam mengembangbiakan lele ini. Anda tak perlu khawatir pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tip ternak lele untuk para pemula. Terutama dalam hal pemilihan bibit dan penyebaran bibit.

Syarat Bibit Unggul

Tip ternak lele yang pertama adalah harus memilih bibit yang unggul. Ada beberapa syarat sebuah bibit lele dinyatakan sebagai bibit unggul. Ciri pertama mempunyai gerakan yang lincah, tidak terdapat luka atau cacat pada bagian tubuhnya, gerakan renangnya normal, tidak terkena penyakit dan masih banyak lainnya. Untuk mengetes gerakan renangnya, anda bisa meletakan ikan lele di air yang mengalir. Jika dia mampu untuk melawan arus, berarti iya mempunyai gerakan renang yang bagus. Untuk benih lele lebih baik yang mempunyai ukuran 5-7 cm dan usahakan semua bibit mempunyai ukuran yang sama.

Tips Menebar Benih

Setelah memilih bibit yang masih, tip ternak lele selanjutnya adalah dengan menebar benih. Sebelum benih di sebar kedalam kolam, lebih baik melakukan penyesuaian suhu terlebih dahulu. Setelah membeli bibit letakan bibit lele ke dalam ember. Biarkan kurang lebih selama 15 menit, setelah itu miringkan ember di dalam kolam dan biarkan lele turun sendiri ke dalam kolam airnya. Ini akan menghindari ikan lele mengalami stress karena suhu yang tidak sesuai. Tebarkan benih dalam kepadatan 200-400 ekor per meter perseginya.
Semakin baik kualitas air didalam kolam, akan semakin banyak jumlah benih yang bisa ditampung dalam kolam. Oleh karena itu menjaga kualitas air kolam itu sangatlah penting. Ini juga untuk menghindari timbulnya berbagai jenis bibit penyakit. Untuk pengisian air dalam kolam harus bertahap. Bulan pertama 20 cm, bulan kedua 40 cm dan bulan ketiga 80 cm. dengan begitu ikan lele dalam berkembang dengan baik. Demikian beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam tip ternak lele. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Description: tip ternak lele memang harus diperhatikan dengan teliti supaya hasil benih yang dihasilkan baik dan memuaskan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput