Home / kambing / peternakan / Ternak Kambing Jawa Ternyata Lebih Menguntungkan

Ternak Kambing Jawa Ternyata Lebih Menguntungkan


Kambing jawa merupakan salah satu jenis kambing khas indonesia asli terutama di daerah jawa. Walaupun harga jual kambing jawa lebih murah dibandingkan harga jual jenis kambing yang lain, namun minat para peternak kambing tidak berkurang untuk tetap berternak kambing jawa. Dan kambing jawa juga mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar serta menghasilkan daging yang lebih banyak dibanding jenis lain. Banyak peternak kambing yang kini memilih untuk ternak kambing jawa karena kambing jenis ini juga mempunyai kelebihan dibandingkan jenis lain, misalnya pasarannya lebih besar, perawatannya tidak begitu sulit dan kambing jawa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.


Peluang usaha ternak kambing jawa

Dengan besarnya pasar untuk penjualan kambing jawa, membuat usaha ternak kambing jawa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan sehingga banyak orang memilih usaha ini sebagai mata pencahariannya. Selain itu, dikarenakan indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk yang mayoritas beragama muslim dan banyak penduduknya yang merayakan hari raya idul adha dengan mengurbankan kambing. Kambing jawa merupakan salah satu jenis kambing yang menjadi pilihan banyak orang untuk dikurbankan.


Dan bagi anda yang baru saja ingin memulai usaha beternak kambing, ternak kambing jawa merupakan pilihan yang tepat untuk memulainya. Karena budidaya kambing jawa memerlukan modal yang tidak begitu banyak. Selain itu, kambing jawa juga mempunyai daya tahan tubuh yang cukup baik dan tidak mudah sakit. Oleh sebab itu beternak kambing jawa tidak terlalu rumit dibanding ternak kambing jenis lain dan sangat cocok bagi peternak kambing pemula.

Faktor utama yang mempengaruhi hasil ternak kambing jawa adalah pemilihan bibit. Dengan memilih bibit yang tepat, hasil dari ternak kambing juga akan lebih maksimal. Ada banyak cara untuk menemukan bibit yang benar-benar bagus dalam budidaya kambing jawa, salah satunya dengan melihat indukanya, karena dengan melihat indukanya anda akan tahu asal usul bibit tersebut dengan jelas. Atau jika anda ingin memiliki bibit sendiri kita bisa membeli kambing dengan persentase 1 : 5, dalam hal ini betinanya lebih banyak daripada pejantanya. Dengan begitu perkembangan usaha ternak kambing anda akan lebih cepat dan bibit unggul akan segera anda dapatkan.

Description: ternak kambing jawa bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Dan kambing jawa sendiri juga memiliki banyak keunggulan dari segi ketahanan tubuh dan pemasaranya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.