Ternak Itik Alabio Menggunakan Cara Tradisional Dan Modern


Usaha itik kini banyak di gandrungi karena memang benar benar menguntungkan. Hal ini di karenakan sumber daya yang di hasilkan oleh itik semuanya bermanfaat, mulai dari daging, telur, hingga bulu dan juga kotorannya. Ada berbagai macam itik yang dapat di ternak dan salah satu yang paling populer yaitu ternak itik alabio.





Itik alabio merupakan itik yang dapat hidup di rawa dan anda dapat menemukan itik jenis ini di daerah alabio yang berada di sungai barito, kalimantan selatan. Jika di bandingan secara fisiknya, itik alabio ini sangat berbeda dengan itik pada umumnya. Cara ternak itik alabio sangat mudah sekali dan pada pembahasan kali ini akan ada 2 cara yang di bahas yaitu dengan menggunakan cara tradisional dan juga cara modern. Bagi anda yang ingin tahu, simak informasi berikut ini.

Cara ternak itik tradisional dan modern

Cara ternak itik alabio yang pertama yaitu dengan menggunakan cara tradisional, dimana jaman dulu cara ini selalu di gunakan ketika belum ada teknologi dan juga fasilitas serta kecanggihan yang mendukung. Dapat di katakan bahwa cara ternak ini sangat sederhana dan ala kadarnya namun bukan berarti dengan cara yang asal asalan. Pada cara ini tidak di perhitungkan perbandingan antara jumlah itik jantan dan juga itik betina serta pembuatan kandang yang tidak harus standar alias apa adanya. Pada cara tradisional ini biasanya itik tidak begitu di perhatikan tentang pakan dan juga nutrisinya karena itik di pelihara dengan cara di lepas di rawa sehingga itik benar benar tumbuh dengan alam. Biasanya peternak dapat membuat kandang di rawa dan di letakkan di atas air dengan muatan jumlah 500 - 1000 ekor itik.
Cara ternak itik alabio yang kedua yaitu dengan menggunakan cara modern, dimana pada jaman ini sudah di lengkapi dengan teknologi dan juga kecanggihan serta fasilitas yang mendukung. Untuk dapat meningkatkan tingkat produksi dari itik tersebut biasanya para peternak itik harus memimbang takaran pakan dan juga gizi yang harus di perlukan itik serta di fasilitasi juga dengan kandang yang sehat dan bersih. Biasanya penggunaan cara ini juga akan berdampak pada nilai jualnya yaitu lebih tinggi di banding dengan menggunakan cara tradisional, hal ini di karenakan berbagai macam fasilitas yang di butuhkan juga memerlukan dana.
Itulah cara ternak itik alabio yang dapat anda ketahui yaitu baik dengan menggunakan cara tradisional dan juga dengan menggunakan cara yang modern. Itik merupakan salah satu unggas yang paling menguntungkan dan nilai jualnya lebih tinggi di banding dengan unggas lainnya seperti ayam dan lain sebagainya. Kini dengan adanya cara beternak itik alabio di atas, kiranya anda mendapat wawasan yang cukup untuk membudidayakan itik.
Deskripsi : ternak itik alabio merupakan salah satu ternak unggas itik yang sangat mudah meski itik alabio terbiasa hidup di rawa dan dapat di pelihara dengan cara di lepas atau tidak memerlukan standarisasi mengenai pakan dan kandangnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput