Ternak Belut Dalam Drum Yang Menjanjikan


Banyak masyarakat kita yang kini mulai menyukai menu yang berbahan utama dari belut. Menurut para penggemar belut ini, rasanya sangat gurih dan enak. Selain rasa yang enak, belut juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Sayangnya pemenuhan kebutuhan belut dengan jumlah belut yang diperjualbelikan sangat tidak sebanding. Sehingga akhir-akhir ini tercipta peluang usaha untuk berternak belut. Bagi anda yang ingin beternak belut namun tidak mempunyai lahan yang cukup luas tidak usah khawatir karena anda bisa ternak belut dalam drum.

Cara ternak belut dalam drum

Cara ternak belut dalam drum tidak begitu berbeda dengan cara ternak belut dalam kolam, karena yang membedakan hanya tempatnya saja. Dan hasil yang dihasilkan pun tidak terlihat begitu berbeda. Cara budidaya belut dalam drum tidak begitu sulit, caranya adalah anda harus membuat media ternak terlebih dahulu. Dan bahan yang diperlukan adalah lumpur kering, kompos, jerami padi, pupuk tsp, mikroorganisme stater, air, dan eceng gondok.


Pertama yang perlu anda lakukan adalah letakkan jerami setinggi 50cm, lalu siram jerami dengan mikroorganisme stater dengan rata. Tambahkan kompos setinggi 5cm, dan yang terakhir letakkan lumpur kering setinggi 25cm yang telah dicampur pupuk tsp 5kg. Dan berilah air diatas lumpur setinggi 15cm.
Mempersiapkan bibit belut terbaik juga perlu anda lakukan untuk ternak belut dalam drum. Sebelum anda memasukkan belut pada drum, biarkan media kira-kira 2 minggu agar proses fermentasi media berjalan dengan baik. Karena belut merupakan hewan kanibal, sebaiknya anda memasukkan bibit belut dalam jumlah yang banyak. Dan jangan lupa dalam pemberian pakan sebaiknya anda kontrol dengan baik agar belut tidak salin memakan. Perawatan yang baik juga akan mempengaruhi hasil ternak belut. Untuk perawatannya anda perlu memperhatikan derajat ph dalam air dan suhu air. Ukuran ph 5-7 dan untuk suhunya 26-28 derajat celcius.
Untuk ternak belut dalam drum dapat menuai hasil yang baik, anda juga perlu memperhatikan tentang pakannya. Dan makanan yang bisa anda berikan pada belut misalnya ikan cetol, bibit ikan mas, cacing tanah, bekicot dan lainnya. Untuk pemberian pakan dilakukan sehari sekali diatas jam 5 sore. Pelet ikan juga dapat anda berikan untuk makanan tambahan pada belut yang anda ternak. Dan untuk pelet ikan, sebaiknya jangan diberikan setiap hari karena bukan makanan pokok. Sebaiknya berikan pelet ikan 3 kali sehari dalam waktu seminggu dan presentasenya hanya 5% dari bobot dari bibit yang dimasukkan dalam drum. Itulah cara ternak belut dalam drum, semoga dapat bermanfaat bagi anda untuk membudidayakan belut.
Description: ternak belut dalam drum sebenarnya tidak terlalu sulit, namun anda harus memperhatikan setiap kebutuhan pakan dan media ternaknya agar hasil panennya tidak mengecewakan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput