Ternak Bebek Pedaging Ternyata Lebih Menguntungkan


Menggeluti dunia peternakan bagi anda yang sudah mahir dan mengetahui sifat hewan ternaknya mungkin sangatlah mudah, namun berbeda bagi anda yang masih awam dan masih pemula dalam urusan berbisnis di bidang peternakan. Ternak bebek pedaging menjadi salah satu bisnis yang sudah tidak baru lagi, namun, dengan pesatnya permintaan daging bebek di restaurant maupun rumah makan bebek bakar maupun goreng bisa anda manfaatkan kesempatan tersebut dengan menjadi peternak bebek pedaging.

Tips memelihara bebek pedaging

Ternak bebek pedaging akan sangat menguntungkan apabila anda mengetahui teknik dan tips pemeliharaannya. Beberapa hal yang memang harus anda perhatikan salah satunya adalah dengan memilih bibit yang unggul. Untuk bibit bebek pedaging yang unggul sebaiknya anda pilih anak bebek jantan dengan penyeimbangan harganya yang lebih murah dari bibit bebek betina, bebek jantan juga dari segi perkembangannya lebih cepat.


Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya untuk ternak bebek pedaging adalah memberikan pakan bebek pedaging dengan nutrisi yang seimbang. Apabila anda terkendala dengan biaya untuk pakan bebek, anda bisa menggunakan pakan buatan anda sendiri yang bagus untuk pertumbuhan bebek. Beberapa bahan untuk pakan bebek antara lain: bekatul, tepung jagung, irisan daun mengkudu, irisan daun pepaya, bekicot, keong, dan tepung ikan. Anda juga harus rutin memberikan vaksin terhadap bebek pedaging yang anda ternak untuk menghindari kematian di saat menjelang dipanen. Hindari membawa bebek ke luar pekarangan dan memberikan makan bebek di sawah dan tempat lain, karena dengan banyaknya energi yang dikeluarkan bebek, proses pembentukan daging akan terhambat.
Tips selanjutnya dalam menggeluti ternak bebek pedaging adalah pembuatan kandang bebek pedaging yang nyaman. Kandang sebaiknya dibuat seperti rumah panggung untuk menjaga kebersihan serta kesehatan bebek. Anda dapat menyediakan kandang dengan tanpa atap untuk memberi mereka makan serta minum. Walaupun bebek memiliki kesenangan untuk berenang, sebaiknya anda tidak membuatkan kolam di kandang yang tidak beratap untuk tetap menjaga kesehatan, kualitas serta kuantitas daging bebek.
Description: ternak bebek pedaging memiliki keuntungan yang lebih dari pada beternak ayam, karena masa ternak yang cukup singkat dengan bobot bebek yang melebihi berat ayam pedaging pada umumnya.

Ternak Bebek Pedaging Ternyata Lebih Menguntungkan Ternak Bebek Pedaging Ternyata Lebih Menguntungkan Reviewed by Anas Makruf on Mei 02, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.