Ternak Ayam Potong Tak Butuh Modal Besar


Ternak ayam potong memang bukan merupakan barang baru di dunia peternakan. Namun meski sudah lama digeluti orang, ternyata tidak membuat ternak yang satu ini menjadi tidak diminati lagi. Kebutuhan akan ayam potong yang tetap tinggi di masyarakat membuat banyak orang tergiur untuk membuka usaha ternak ayam potong.
Selain itu jika anda belum tahu, ternak ayam potong ini sangat menguntungkan sekali. Hal ini dikarenakan cara beternaknya yang sangat mudah dan juga waktu panennya sangat singkat sehingga keuntungan dari penjualan ayam potong dapat diraup dengan cepat. Selain itu harga ayam potong yang cukup tinggi di pasaran membuatnya semakin diburu untuk dijadikan hewan ternak. Nah kali ini kami mempunyai beberapa panduan yang dapat anda gunakan untuk memulai bisnis ternak ayam potong, simaklah sajian kami ini.


Kandang khusus untuk ternak ayam potong

Kandang ayam potong harus didesain khusus dengan pertimbangan khusus pula. Pertama-tama tentukan besar kandang ternak ayam potong anda. Kandang ayam potong yang ideal itu bukan berarti yang luas, tetapi yang tidak terlalu luas tetapi juga tidak terlalu sempit. Biasanya perbandingan yang digunakan ialah 50 m2 untuk sekitar 200 ekor ayam potong. Dengan ukuran yang demikian, diharapkan pertumbuhan ayam akan maksimal, sebab masih terdapat ruang gerak tapi ayam tidak dapat bergerak terlalu bebas. Bentuk kandang biasanya berupa ruang tertutup dengan ventilasi udara yang cukup serta pencahayaannya juga memadai. Jika udara dingin sangat disarankan untuk menggunakan penghangat tambahan dengan meletakkan beberapa buah lampu pijar di dalam kandang. Di dalam kandang ini, anda juga harus menyediakan tempat makan dan minum yang cukup untuk seluruh ayam-ayam anda. Jika perlu, anda dapat memberi alas kulit padi agar saat membersihkan kotoran ayam lebih mudah.

Pemilihan bibit untuk ternak ayam potong

Tidak semua bibit ayam baik untuk anda gunakan dalam ternak ayam potong, pilihlah bibit ayam potong yang sehat, dan memiliki berat normal. Pilih juga ayam yang tidak memiliki cacat fisik, sebab ditakutkan dapat menurun kepada anak ayam selanjutnya. Bibit ayam potong yang sering digunakan adalah doc ayam potong. Bibit ini harus mendapatkan perawatan khusus yang berupa pemberian makan secara intensif, selain itu juga butuh keadaan ruang yang cukup hangat. Setiap minggu bibit ayam ini harus diberi vaksinasi agar tidak tertular penyakit ayam. Selain itu pemberian antibiotic juga dianggap penting pada masa pembibitan ini.

Pakan untuk ternak ayam potong

Pakan yang biasa diberikan untuk ternak ayam potong adalah makanan produk pabrik. Entah buatan pabrik atau buatan sendiri, pakan ayam potong harus memenuhi syarat kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan ayam potong. Pakan ayam potong yang baik biasanya mengandung protein yang tinggi. Sementara untuk pemberian makan untuk ayam sebaiknya dilakukan secara intensif, yakni sehari 3 kali. Pakan ternak ini harus diimbangi dengan penyediaan minum yang cukup. Minuman ini sebaiknya ditambahkan obat tertentu yang mampu menambah kekebalan tubuh ayam potong.

Waktu panen ternak ayam potong

Ternak ayam potong ini hanya butuh waktu singkat untuk dapat dipanen. Jika asupan makanan terpenuhi dengan maksimal dan pertumbuhan ayam potong normal, maka pada usia sekitar 1 bulan saja anda sudah dapat memanen ayam-ayam ternakkan anda. Pada usia ini berat ayam sudah mencapai 1,5 hingga 2 kg. Padahal jika permintaan ayam potong meningkat, harga jual ayam potong bisa mencapai rp40.000,- per kilonya.
Itu tadi pembahasan terkait cara ternak ayam potong yang dapat anda jadikan referensi bacaan hingga kemudian dipraktekkan. Selamat meraup untung melimpah dengan menjalankan bisnis ternak ayam potong ini.

Deskripsi: ternak ayam potong menjadi sangat menjanjikan keuntungannya karena modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini relative kecil. Waktu panen yang singkat dan harganya yang cukup stabil membuat keuntungan semakin berlipat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput