Ternak Angkrang Tanpa Modal, Untungnya Menggiurkan


Kini banyak sekali orang yang menganggur karena bingung mau bekerja apa meski sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang dapat dicoba. Salah satu peluang usaha yang tidak boleh dilewatkan kesempatannya adalah usaha ternak angkrang.
Mungkin di benak anda bertanya-tanya apa untungnya beternak angkrang? Tapi tenang, tidak mungkin kami menyarankan sesuatu yang tidak bermanfaat. Ternak angkrang kini mulai banyak digeluti oleh beberapa orang tertentu. Peluang usaha ini tidak perlu anda ragukan keuntungannya. Bagaimana tidak? Semut angkrang ini akan menghasilkan kroto yang nantinya dapat dijual kepada penggemar burung kicau.


Kroto menjadi salah satu makanan favorit bagi para burung kicau. Selain itu semut angkrang sendiri banyak dimanfaatkan oleh para petani buah dan sejenisnya. Semut angkrang ini ampuh untuk mengusir ulat bulu yang seringkali menjadi hama bagi tanaman petani. Nah anda tertarik untuk memulai ternak semut angkrang ini, coba ikuti beberapa langkah yang kami bagikan di bawah ini.

Tahapan dalam ternak angkrang

Langkah pertama sebelum anda memulai ternak angkrang adalah menyiapkan pioneer semut angkrang ini. Pioneer yang dimaksud adalah ratu semut angkrang. Carilah di beberapa pohon sekitar rumah anda, ambil sarang angkrang yang diperkirakan di dalamnya terdapat ratunya. Jika sudah yakin bahwa di dalam sarang yang anda ambil terdapat ratu, langkah selanjutnya yang dapat anda tempuh adalah menentukan tempat budidaya angkrang. Anda yang tidak mau repot-repot menyiapkan kandang untuk semut angkrang dapat memanfaatkan pohon di sekitar rumah untuk dijadikan pohon inang.
Agar ternak angkrang yang anda letakkan pada pohon inang dapat menetap di pohon tersebut, anda harus menyediakan makanan untuk semut angkrang. Makanan yang biasanya digemari oleh semut angkrang adalah hewan atau serangga yang sudah mati serta tambahan berupa makanan atau cairan yang rasanya manis. Dijamin dengan memberikan makanan tersebut, angkrang akan betah dan dari sinilah ternak angkrang anda sudah dapat dimulai.
Sebenarnya untuk beternak angkrang ini, anda dapat menggunakan tempat atau kandang khusus yang pembuatannya cukup sederhana. Salah satu media yang dapat anda manfaatkan adalah toples. Caranya ketika anda sudah menemukan sarang semut beserta ratunya, tempatkanlah pada media ember yang bagian atasnya sudah dilumuri tepung. Pada saat di ember, sarang harus sudah dibuang. Selanjutnya siapkan toples yang sudah dilubangi bagian pantatnya. Lubang dapat dibuat dengan diameter yang bervariasi 3-7 cm. Siapkan makanan semut seperti di atas kemudian masukkanlah ke dalam toples. Gunakan toples yang masih lengkap dengan tutupnya. Selanjutnya carilah ranting atau sapu lidi untuk menghubungkan antara ember dengan lubang toples. Semut-semut yang berada dalam ember nantinya akan bermigrasi ke dalam toples secara keseluruhan, kemudian siapkanlah nampan yang berisi air. Letakkan toples ke dalam nampan dengan posisi tutup toples berada di bawah. Untuk anda yang menggunakan media toples dalam ternak angkrang ini perlu menaruh media di tempat yang memang disukai oleh angkrang, yakni suasana sejuk yang tidak terpapar langsung sinar matahari.
Dalam media apapun anda memelihara angkrang, ketersediaan makanan harus tetap dijaga dan diberikan setiap harinya. Sementara untuk perawatan sehari-hari, selain makan yang cukup, ternak angkrang juga perlu dihindarkan dari berbagai macam predatornya. Sementara untuk masa panen ternak angkrang ini cukup singkat, hanya butuh 20 hari saja anda sudah dapat melakukan panen kroto. Untuk satu koloni semut, anda dapat memanen sekitar 2 kg kroto. Harga yang dipatok untuk kroto ini pun cukup mahal, yakni rp50.000,- hingga rp100.000,-. Bayangkan jika anda memiliki beberapa koloni semut dan setiap panen selalu mendapat kroto yang melimpah. Keuntungan yang melimpah pun tidak dapat dihindari lagi.                                                                                                                             
Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba ternak angkrang ini? Tidak perlu berpikir panjang lagi. Mulailah menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan menekuni ternak angkrang yang sangat mudah dan menjanjikan ini.
Deskripsi: ternak angkrang terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang sangat melimpah dan untuk memulai bisnis ini pun anda tidak perlu modal yang banyak.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput