Sukses Menjalankan Usaha Ternak Domba Pedaging


Usaha ternak domba pedaging saat ini memang merupakan usaha yang paling menguntungkan. Hal ini di karenakan daging domba memiliki gizi tinggi dan di jual di pasaran dengan harga tinggi. Ada beberapa orang yang gagal dalam menjalankan ternak domba pedaging dan hal ini di karenakan kurangnya pengetahuan akan tehnik yang benar dan tepat pada saat membudidayakan domba. Ada beberapa faktor yang menjadikan usaha domba pedaging ini dapat maju dan berjalan serta menghasilkan keuntungan yang berlipat. Tentunya hal ini di karenakan perhatian atas kesehatan dan juga atas nutrisi yang di berikan kepada domba. Bagi anda yang masih pemula dan ingin menjajal usaha ternak domba ini, simak informasi berikut ini.

Tips sukses menjalankan usaha ternak domba pedaging

Pada ternak domba pedaging ini hal yang perlu di perhatikan yaitu memilih bibit domba yang berusia kurang dari 1 tahun dan jenis kelaminnya harus jantan karena domba jantan akan tumbuh lebih cepat di banding dengan domba betina. Jangan pilih bibit domba jantan yang bertanduk dan usahakan domba memiliki sifat yang tenang. Hal ini harus di perhatikan karena domba yang bertandung kerap kali sering merusak kandang. Kemudian untuk pemilihan bibit haruslah yang sempurna dan tidak boleh cacat serta harus sehat.

Setelah pemilihan bibit selesai maka hal yang juga harus di perhatikan pada ternak domba pedaging yaitu pembuatan kandang. Kandang harus di bangun dengan menggunakan bentuk panggung dan wadah pakan di buat di bagian luar kandang. Untuk pembuatan atap maka dapat menggunakan alang alang atau juga rumbia dan dapat juga di buat dengan menggunakan seng atau asbes. Berikutnya yang juga perlu di perhatikan adalah takaran pakan. Pakan dapat di berikan dengan menggunakan beberapa waktu yaitu pada jam 5 pagi, domba di beri makan ampas tahu dan pada jam 10 siang, domba di beri makan rumput kemudian pada jam 3 sore domba juga di beri tambahan rumput.
Pada usaha ternak domba pedaging ini hal yang harus di perhatikan juga yaitu masalah kesehatan dan pemberian nutrisi yang tinggi agar domba dapat menjadi sehat dan gemuk. Hal yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan domba pedaging yaitu menghindari hal hal yang dapat membuat domba stress. Kemudian pengobatan harus di lakukan ketika bibit baru di masukkan ke dalam kandang lalu bulu domba harus di cukur agar bibit penyakit tidak menjadi parasite dan tidak menyebar ke domba yang lainnya.
Deskripsi : ternak domba pedaging sangat mudah dan dapat di lakukan dengan menggunakan cara di atas. Tentunya hal yang harus di perhatikan yaitu kesehatan dan juga nutrisi yang harus terpenuhi agar domba menjadi gemuk dan sehat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput