Praktisnya Ternak Murai Disangkar Gantung


Untuk beternak murai ternyata tidak memerlukan lahan yang luas untuk kandangnya. Ternak murai di sangkar gantung pun dapat menjadi pilihan tepat. Dengan menjadikan sangkar sebagai alternative kandang dalam membudidayakan murai,
anda dapat menekan modal dan hasil panen murai pun dijamin tidak akan menurun. Ternak murai dengan menggunakan sangkar ini dinilai cukup mudah dan lebih praktis dibandingkan harus membuat kandang khusus untuk murai. Meski diternakkan dalam sangkar, anda tetap harus merawat murai dengan cara yang benar. Untuk beternak murai di sangkar gantung, ikutilah beberapa petunjuk yang kami berikan di bawah ini.


Cara beternak murai di sangkar gantung

Sangkar gantung yang digunakan untuk berternak murai dapat terbuat dari bambu dengan ukuran 60 x 70 x 80 cm, berikanlah kain penutup pada setiap sisi sangkar agar murai tidak terganggu dengan murai lainnya. Sediakan ruang tambahan untuk sarang murai dengan cara melubangi sangkar selebar ukuran murai. Tempelkan kardus yang kira-kira ukurannya 20 x 30 x 10 cm yang sudah dilengkapi dengan sabut kelapa dan juga rumput kering secukupnya. Untuk proses perawatan dan pemberian makan ternak murai di sangkar gantung caranya sama dengan menangkar murai di kandang biasa. Sementara untuk perjodohan murai, pilih indukan yang memang sudah berjodoh dan karakternya jinak. Murai yang sudah jinak akan dengan mudah berhubungan hingga akhirnya menghasilkan telur murai. Setelah bertelur, biarkan telur dierami hingga menetas. Induk murai akan merawat anakan murai, nah pada usia sepuluh hari pasca menetas, anda sudah dapat memanen murai dan menempatkannya pada incubator khusus anakan murai.

Keuntungan beternak murai di sangkar gantung

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa ternak murai di sangkar gantung akan menekan biaya produksi sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih besar. Selain itu anda juga dapat menghemat tempat untuk membangun kandang murai. Anda cukup membuat sendiri atau membeli sangkar-sangkar gantung yang ukurannya ideal untuk burung murai. Anda juga tidak perlu menyediakan lahan khusus untuk menempatkan sangkar murai, cukup digantungkan di depan, samping ataupun belakang rumah.
Ternak murai di sangkar gantung ini memang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang sedang bingung untuk mencari peluang usaha. Jika anda mau menekuni ternak ini, dijamin keuntungannya akan mengalir seperti air.
Deskripsi: ternak murai di sangkar gantung merupakan cara beternak murai yang sangat mudah dan praktis, selain itu pengeluaran modal dapat ditekan dan untung dapat diperbesar.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput