Penyakit Yang Menyerang Ternak Lele Sangkuriang


Mungkin anda berpikir kalau lele mempunyai jenis yang sama saja. Tetapi ternyata lele mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Salah satu jenis lele yang banyak dibudidayakan adalah lele sangkuriang. Lele ini termasuk ke dalam jenis family claridae dan masuk ke dalam genus clarias. Lele sangkuriang ini masih satu family dengan lele dumbo.
Sehingga membuat struktur badanya hampir sama dengan lele dumbo. Lele sangkuriang ini mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat. Dalam waktu 3 bulan saja anda sudah bisa memanenanya. Jika anda ingin melakukan ternak lele sangkuriang, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Penyakit Akibat Bakteri

Ketika anda ternak lele sangkuriang ada beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang. Salah satu jenis bakteri yang menyerang pertumbuhan lele sangkuriang adalah bakteri pseudomonas hydrophyla dan aeromonas hydrophyla. Lele sangkuriang yang terkena bakteri ini, akan memiliki beberapa gejala. Pertama warna tubuh menjadi lebih gelap, kulit lebih kesat, dan timbul beberapa pendarahan. Selain itu lele akan bernafas terlalu pengap ketika berada di permukaan air. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri tersebut, anda harus menjaga kualitas air kolam. Bakteri ini akan cepat tumbuh pada air yang terlalu kotor.


Penyakit Cacing Trematoda

Selain dari bakteri, pada saat anda ternak lele sangkuriang juga kemungkinan akan terserang penyakit cacing trematoda. Penyakit ini sering terjadi pada budidaya lele yang dilakukan di kolam terpal. Gejala yang timbul antara lain insang yang luka dan rusak, selanjutnya akan timbul pendarahan dan mengakibatkan pernafasan pada lele terganggu. Untuk mengobati penyakit ini, anda bisa merendam formalin sebanyak 250 cc selama 15 menit. Ini akan membantu membunuh cacing trematoda. Selain itu bisa dengan menggunakan Nacl selama 30 menit.
Itulah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang lele sangkuriang. Ketika anda melakukan ternak lele sangkuriang, tak hanya bibit, pakan dan kolam saja yang harus diperhatikan. Tetapi juga harus memperhatikan hamanya. Dengan adanya hama penyakit ini akan membuat tumbuh kembang lele sangkuriang anda menjadi terganggu. Jika anda ada gejala awal, segeralah melakukan pembersihan. Supaya lele yang lain tidak ikut terserang.
Description: ternak lele sangkuriang harus memperhatikan hama yang muncul, apalagi jika menggunakan kolam tanah yang sangat mudah terserang hama.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput