Peluang Usaha Ternak Kenari Lokal


Buat anda yang tertarik dengan usaha ternak kenari lokal tidak ada salahnya jika anda mencoba menjalankanya. Bisnis ini juga terhitung lumayan dan menjanjikan, karena permintaan pasar masih stabil bahkan masih bisa diharapkan untuk bisa meningkat. Burung kenari lokal sendiri juga termasuk jenis burung yang mudah untuk dibiarkan, selain itu perawatanya tidak sesulit jenis-jenis burung kicau yang lain, yang biasanya memerlukan banyak waktu agar burung benar-benar bagus dan sehat. Jadi bagi anda para pemula yang ingin mencoba bisnis ternak burung, bisa memulainya dengan berternak burung kenari lokal.

Cara ternak kenari lokal

Untuk memulai bisnis ternak kenari lokal, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal usia kenari yang akan anda ternakan atau kawinkan. Biasanya burung kenari akan siap dijodohkan jika burung tersebut sudah berumur lebih dari 5 bulan, lebih tepatnya 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan. Jika anda belum mengenali kenari jantan dan betina untuk memulai berternak burung kenari lokal, anda bisa melihat ciri-cirinya pada bagian anus, jika anus terlihat agak menonjol berarti kenari anda jantan. Atau anda bisa mengenalinya lewat postur tubuh, jika postur tubuhnya ramping berarti kenari anda cenderung jantan.


Setelah anda mendapatkan kenari jantan dan betina yang cukup umur, tahap selanjutnya untuk ternak kenari lokal adalah menyiapkan kandang. Usahakan kandang yang anda siapkan menempel pada dinding atau tembok. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan burung dari gangguan dari lingkungan sekitar seperti tikus dan semut. Atau jika anda membuat kandang di bawah, sebaiknya kandang diberi kaki dan gunakan oli untuk dioleskan pada kaki-kakinya agar tidak diserang semut atau sejenisnya. Dan jangan lupa, anda harus memberi lampu penerangan untuk mengatur suhu agar tetap hangat.
Kemudian cara ternak kenari lokal yang terakhir adalah tahap penjodohan. Pada tahap ini anda bisa mulai menjodohkan kenari anda dengan cara meletakan kenari jantan didekat betinanya tapi usahakan kedua kenari tersebut di sangkar yang berbeda. Hal ini dilakukan agar kedua burung kenari bisa berkenalan dulu sebelum dikawinkan. Karena terkadang burung kenari jantan tidak cocok dengan betinanya dan akhirnya malah menyerang. Jadi pada tahap ini anda memang dituntut untuk bisa sedikit bersabar hingga kedua kenari berjodoh dan siap dikawinkan.
Description: ternak kenari lokal adalah salah satu bisnis yang sangat cocok bagi anda para pemula. Bisnis ini juga bisa mengantarkan and untuk meraup untung yang banyak di pasaran.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput