Untung Besar Menekuni Ternak Kelinci, Berikut Penjelasannya

kandang ternak kelinci - Untung Besar Menekuni Ternak Kelinci, Berikut Penjelasannya

Banyaknya peluang usaha peternakan unggas serta hewan lainnya menjadikan ternak kelinci menjadi terlupakan, padahal dengan melihat permintaan pasar terhadap daging kelinci maupun kelinci hias sangatlah tinggi, namun tidak diimbangi dengan jumlah ternak kelinci yang sama-sama tinggi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya minat para peternak untuk membudidayakan kelinci. Padahal jika diketahui, bahwa kelinci dapat dipelihara sebagai hewan hias dan juga dapat diternak sebagai hewan pedaging maupun sebagai hewan potong.

Contents

Jenis-jenis Kelinci yang Bagus untuk Ternak Kelinci

Sebagai pemula dalam usaha ternak kelinci, anda mungkin masih bingung terhadap jenis-jenis kelinci yang biasa dibudidayakan di Indonesia, salah satu yang baling popular dan sudah menyebar di negeri kita adalah budidaya kelinci jenis Belanda Kerdil (Netherland Dwarf). Jenis ini yang banyak kita temukan di Indonesia yang asal mulanya berasal dari Belanda pada masa penjajahan yang kemudian dikembangbiakkan oleh pribumi dan menjadi sangat tidak asing bagi kita. Selanjutnya jenis kelinci yang bagus dikembangbiakkan sebagai pedaging adalah jenis rex yang dapat dibiakkan hingga mencapai bobot lima kilogram serta memiliki daging yang rasanya sangat lezat.

Cara Budidaya Ternak kelinci

Ternak kelinci sebenarnya memiliki prospek yang cerah di masa depan, karena daging kelinci dapat menjadi alternative dalam pembuatan steak ataupun sate yang bahan utamanya terkadang melonjak harganya. Hal utama dalam persiapan awal untuk memelihara dan mengembangbiakkan kelinci adalah menyiapkan kandang kelinci yang dapat dibuat dengan tipe kandang tertutup. Kandang dengan dinding alas, serta penutup ini sangat cocok untuk peternakan kelinci pedaging dan potong karena sistem ini adalah pemeliharaan secara intensif. Lantai kandang sebaiknya dibuat dari bambu yang bercelah namun tidak terlalu renggang untuk menjaga kandang agar tetap bersih dan tidak lembab, dan kandang dibuat seperti rumah panggung. Kandang juga dapat anda buat terpisah disesuaikan dengan pengguna kandang, antara kandang betina dan pejantan sebaiknya dipisahkan, kemudian anakan yang telah disapih juga perlu dikandangkan sendiri upaya dapat tumbuh secara mandiri. Kandang juga sebaiknya tidak dibuat terlalu luas untuk mengurangi gerak kelinci yang dapat menghambat proses terbentuknya daging.

Baca Juga : Jual Pakan Kelinci Murah Sehat Bergaransi Gratis Ongkir

Memilih bibit yang unggul dalam ternak kelinci juga menjadi faktor penting untuk menjaga dan menghasilkan keturunan yang banyak kuantitasnya dan bagus kualitasnya. Bibit yang bagus biasanya memiliki riwayat kesehatan yang bagus dan biasanya dalam satu kali kelahiran akan menghasilkan banyak anak. Pilihlah bibit kelinci yang berbobot minimal 5 kg untuk betina dan bobot 4 kg bagi pejantan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan bentuk bulat penuh pada pinggul indukan serta memiliki punggung yang tidak cekung. Bulu bibit kelinci usahakan pilih yang bersih dan halus terutama pada bagian sekitar kelamin. Kelinci juga harus dipilih yang memiliki mata yang cerah, berbinar dan tidak sayu atau ngantuk.

Untuk pakan ternak kelinci, anda dapat menggunakan bahan makanan seperti sawi, daun singkong daun ubi, lobak, labu, papaya, wortel, kangkung dan sayuran lainnya seperti halnya sayuran yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Sebagai tambahannya dapat anda berikan konsentrat yang dapat anda beli dipakan hewan. Konsentrat biasanya buatan pabrikan, namun jika anda keberatan untuk memberikan konsentrat, anda dapat membuatkan makanan dari berbagai olahan sayur yang masak maupun diberikan dalam kondisi masih segar atau masih mentah, karena kelinci menyukai bahan makanan yang masih mentah.

tips ternak kelinci tanpa ngarit

Kiat-kiat dan cara ternak kelinci potong

Melihat tingginya permintaan pasar untuk kelinci potong maka memang sangat cocok jika dijadikan bisnis rumahan, karena untuk cara ternak kelinci potong cukuplah sederhana sehingga tidak memerlukan banyak tenaga untuk merawatnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti, memilih jenis kelinci potong yang akan dijadikan ternak. Pilih kelinci pedaging yang baik agar peranakannya nantinya akan baik. Selanjutnya anda juga harus menentukan bibit kelinci yang sesuai untuk ternak anda, pilihlah yang memang untuk diambil dagingnya dari bibit tersebut sehingga hasilnya akan bagus juga. Kandang dan juga suhunya menjadi perhatian selanjutnya, pilihlah tempat yang sesuai tanpa banyak gangguan agar kelinci dapat berkembang biak dengan baik. Pakan dan perawatan juga harus diperhatikan, penuhi pakan serta minumnya terutama untuk kelinci potong karena yang akan diambil adalah dagingnya maka pakannya harus yang baik.

Melihat uraian untuk cara ternak kelinci potong di atas maka anda sudah memiliki pandangan untuk memulai usaha ini. Anda hanya perlu memperhatikan hal-hal utama untuk memulainya, karena jika semuanya terpenuhi maka dapat diperkirakan bahwa ternak anda berhasil. Maka perhatikan pakannya karena inti dari kelinci potong adalah dagingnya.

Langkah untuk ternak kelinci pedaging

Menjadi peternak kelinci pedaging memang tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa langkah yang harus anda tempuh agar ternak kelinci pedaging berhasil. Nah mari simak langkah-langkahnya, letakkan kandang jauh dari pemukiman atau jangkau binatang buas sehingga cari lokasi yang tepat. Selain memperhatikan kandang anda juga harus memperhatikan pakan atau minumnya, hal ini sangat penting agar kelinci pedaging anda dapat menghasilkan kelinci pedaging yang baik sehingga harus dipenuhi semua kebutuhan kelinci tersebut. Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang juga hewan ternak anda, karena ini penting agar kelinci pedaging hasil ternak anda baik dari tampilan hingga dalamnya. Untuk pembibitan pilihlah yang baik dan sesuai dengan lingkungan anda agar lebih mudah perawatannya.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, ini 5 Jenis Kelinci Pedaging Cocok Untuk Ternak

Setelah mengikuti uraian tentang langkah-langkah ternak kelinci pedaging maka sudah saatnya anda mencobanya sendiri. Dengan mengantongi langkah-langkah praktis tersebut maka anda sudah dapat mencoba untuk ternak kelinci pedaging sendiri. Ternak kelinci sendiri tidak memerlukan banyak perawatan berlebihan, karena sebenarnya cukup sederhana hanya untuk kebersihannya harus sangat diperhatikan. Selain itu kesehatan kelinci juga menjadi kunci utama agar hasil ternak anda bisa sukses dan menakjubkan.

Faktor penting membuat kandang ternak kelinci

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan berbulu satu ini. Kelinci memang menjadi hewan lucu dengan bulunya yang lembut, namun dibalik kelucuannya tersebut tersimpan ladang bisnis yang sangat mengagumkan. Tentu anda masih bingung adakah yang berbisnis kelinci ini, jawabannya iya karena permintaan pasar akan kelinci cukup tinggi. Nah tentu anda masih bingung jika akan beternak hewan ini bagaimana akan membuat kandangnya. Untuk kandang ternak kelinci memang harus diperhatikan sebelum memulai beternak karena menjadi hal penting, berikut ini uraian lengkapnya.

Ketika akan beternak hewan apapun maka kandang menjadi hal utama yang diperhatikan. Hal ini juga berlaku ketika anda beternak kelinci, karena kandang ternak kelinci yang bersih dan nyaman akan membuat kelinci betah dan pastinya dapat menghasilkan banyak keuntungan. Jika anda masih bingung maka ada baiknya untuk menyimak uraian lengkap mengenai kandang yang baik untuk ternak kelinci yang kebanyakan belum diketahui oleh orang.

Baca Juga : Jangan Salah, Berikut Kandang Ternak Kelinci Yang Baik

Ketika memulai beternak kelinci masalah kandang menjadi hal penting untuk diperhitungkan. Banyak faktor yang harus diperhatikan ketika akan mulai membuat kandang ternak kelinci sehingga kandang tersebut akan nyaman ketika ditinggali kelinci-kelinci anda. Anda harus memperhatikan faktor kesehatan yang sangat penting, usahakan selalu membersihkan kandang agar kotoran kelinci dan sisa makanan tidak bercampur sehingga membuat kotor kandang dan kelinci tersebut. Selanjutnya untuk ukuran, buatlah kandang yang sekiranya tidak menyesakkan kelinci namun juga tidak terlalu lebar. Sesuaikan volume kelinci dengan kandang yang anda buat agar tidak menyesakkan ketika mereka berada dalam kandang. Nah jangan lupa untuk memberikan fasilitas dalam kandang, seperti tempat khusus untuk makanan, minuman. Beri juga alat agar kotoran kelinci tidak memperburuk kandang atau menjatuhi kandang dibawahnya jika bertingkat.

Berbagai hal sangat perlu difikirkan ketika membuat kandang ternak kelinci, sehingga anda tidak sembarangan. Membuat kandang untuk ternak memang sangatlah penting sehingga jangan diabaikan, kehidupan ternak anda sehat juga tergantung dari kandang dan perlakuan anda terhadap hewan-hewan tersebut. Nah dengan menyimak uraian mengenai kandang yang baik untuk ternak kelinci saatnya anda mengaplikasikannya agar kelinci anda tidak dibuat stres hanya karena kandangnya.

Kesimpulan :

Ternak kelinci tidak melulu untuk menghasilkan daging, akan tetapi ada nilai ekonomis dari kotaran kelinci terutama urin atau air kencing kelinci sangat direkomendasikan oleh ahli pertanian untuk digunakan sebagai pestisida organik guna melawan hama pada tanaman pertanian, selain itu kotoran kelinci juga dapat digunakan untuk memperbaiki struktur tanah pertanian yang mengalami kerusakan, karena bisa dibilang kotoran kelinci memiliki unsur hara yang cukup tinggi.