Pakan Ternak Ayam Kampung Yang Menyehatkan


Keputusan anda untuk beternak ayam memang tidak ada salahnya. Daging ayam kini masih menjadi salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat. Rasa ayam yang nikmat membuatnya mudah diterima di banyak lidah. Salah satu jenis ayam yang sangat digemari adalah ayam kampung. Peluang bisnis ayam kampung ini juga sangat terbuka lebar. Untuk anda yang sudah terjun ke dunia bisnis ternak ayam kampung alangkah baiknya menyimak pembahasan kali ini terkait pakan ternak ayam kampung yang menyehatkan serta mempercepat perkembangan ayam kampung.

Macam-macam pakan ternak ayam kampung

Ayam kampung sebenarnya tidak membutuhkan makanan khusus yang menyusahkan. Sebab sifat ayam yang omnivore membuatnya dapat diberi makanan jenis apapun. Namun meski demikian, ada beberapa pakan ternak ayam kampung yang lumrah diberikan oleh peternak agar tumbuh kembang ayam kampung semakin cepat. Jenis pakan ternak ayam kampung yang pertama adalah onggok. Limbah tepung tapioka yang berupa sisa olahan singkong ini dapat anda manfaatkan untuk pakan ayam kampung anda. 

Kandungan energy dalam onggok ini sangat tinggi yakni mencapai 2.956 kkal/kg. Pakan lain yang juga biasa digunakan oleh peternak adalah dedak. Siapa yang tak kenal pakan ayam yang satu ini? Dedak atau yang juga dikenal dengan bekatul ini merupakan sisa-sisa dari limbah padi yang diproses menjadi beras. Untuk kandungan energy dalam dedak ini mencapai 2.500 kkal/kg. Selain itu kandungan seratnya juga tinggi mencapai 12%.
Pakan ternak ayam kampung yang lainnya adalah jagung kuning. Jagung terkenal memiliki kandungan energy yang tinggi mencapai 3.360 kkal/kg. Ada juga jenis pakan ayam kampung yang dijual bebas di pasaran seperti pollard. Pakan ternak ayam ini terbuat dari limbah tepung terigu yang diperkirakan mengandung energy hingga 2.600 kkal/kg. Namun jangan terlalu banyak dalam memberikan pollard ini kepada ayam karena dapat berakibat buruk pada ayam.
Nah itu tadi beberapa rekomendasi pakan ternak ayam kampung yang sehat dan menyehatkan. Selain itu kandungan energy yang tinggi dipercaya mampu meningkatkan ketahanan ayam kampung. Berikanlah porsi pakan yang tepat agar ayam tumbuh dengan maksimal.
Deskripsi: pakan ternak ayam kampung banyak sekali jenisnya seperti onggok, dedak, jagung kuning, pollard, dan lainnya. Takarlah dengan tepat pemberian pakan kepada ayam agar ayam tumbuh maksimal.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput