Pakan Alternatif Ternak Kambing


Di daerah kita sekarang ini banyak sekali yang mulai tertarik dengan usaha peternakan, terutama kambing. Karena beternak kambing merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Hanya dengan waktu yang relatif singkat kita sudah bisa menikmati hasil dari usaha tersebut jika kita menguasai ilmunya. Apalagi di daerah kita masih banyak lahan-lahan kosong, tentunya akan lebih mempermudah kita untuk membangun peternakan kambing. Nah, bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, anda harus terlebih dahulu mengenal trik-trik yang digunakan oleh peternak yang telah sukses, terutama dalam masalah pakan ternak kambing.



Para peternak biasanya akan kesulitan mencari pakan ternak kambing saat kambing yang dipelihara sudah banyak. Apalagi kalau kita tidak mempunyai lahan khusus yang digunakan untuk menanam rerumputan atau dedaunan, tentunya akan lebih repot lagi. Namun anda jangan khawatir, karena belakangan ini para peternak sudah mulai menggunakan pakan fermentasi untuk ternak kambingnya. Konsumsi ternak kambing yang sudah difermentasi ini sangat membantu para peternak, karena dengan menggunakan pakan fermentasi para peternak memiliki waktu luang untuk fokus pada hal lain, misalnya tentang pemasaran dan pembibitan.

Pakan ternak kambing yang telah difermentasi juga sangat berpengaruh pada perkembangan kambing, terutama dalam masalah berat dan kekebalan kambing dari penyakit. Kambing yang diberi pakan fermentasi cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat daripada kambing yang hanya diberi pakan rerumputan biasa. Selain itu, kambing-kambing yang diberi pakan fermentasi akan memiliki kekebalan tubuh yang bagus saat terjadi cuaca yang ekstrem. Nah, setelah mengetahui manfaat pakan fermentasi ini tentunya anda penasaran dengan cara pembuatanya. Cara pembuatanya juga sangat mudah kok, dan tidak memerlukan banyak waktu.
Cara membuat pakan ternak kambing berkualitas
Tahap pertama dalam membuat fermentasi pakan ternak kambing anda harus memiliki senyawa pemecah semisal lactobacillus yang terdapat pada biostarter. Anda bisa mendapatkan biostarter ini di toko pertanian, dan harganya juga berbeda-beda, tergantung anda dalam memilih merk. Biostarter ini digunakan untuk campuran konsumsi ternak kambing anda, selain itu juga bisa untuk membersihkan kandang dari berbagai macam penyakit. Cara membuatnya dengan mencampur biostarter dengan molases dengan ukuran keduanya sama yaitu 5 cc dan diberi air kira-kira 1 liter dan simpan selama 3 hari.

Setelah anda mempunyai biostarter turunan, anda bisa mencari bahan-bahan untuk membuat pakan. Yang anda perlukan dalam membuat fermentasi pakan ternak kambing ini adalah jerami atau debog pisang, larutan gula, nanas matang, air sumur, dan drum plastik yang memiliki tutup. Pertama anda potong-potong jerami atau debog dan masukan drum, kemudian masukan 1 liter biostarter, larutan gula, dan nanas matang yang sudah diparut, setelah itu tambahkan air sumur 10 liter, dan tutup selama 3 hari. Jika sudah 3 hari, pakan kambing berkualitas siap di konsumsi kambing-kambing anda.

Description: pakan ternak kambing yang berkualitas sebenarnya sangat mudah untuk anda buat sendiri. Dan bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput