Omset Menggiurkan Dari Ternak Cacing Tanah


Mendengar kata cacing tanah mungkin yang terlintas dalam benak anda adalah kotor, menjijikkan, geli, dan kata-kata cibiran lainnya. Tapi tahukah anda kini cacing menjadi salah satu sumber pendapatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sudah banyak yang mulai mengembangkan ternak cacing tanah untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sangat meningkat tajam.


Cacing tanah sangat bagus untuk pakan ternak unggas ataupun ikan, sehingga banyak sekali permintaan terhadap cacing tanah ini. Membaca peluang ini jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini. Mulailah berbisnis ternak cacing tanah yang selain mudah juga tidak membutuhkan modal yang besar. Ternak cacing tanah juga tidak mengharuskan anda menghabiskan seluruh waktu untuk mengurusi cacing-cacing ini. Ternak cacing ini dapat dijadikan kerjaan sampingan yang omsetnya cukup menjanjikan. Namun sebelum membuka ternak cacing tanah, perhatikan saran kami di bawah ini.

Memulai ternak cacing tanah

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai ternak cacing tanah adalah dengan menyiapkan tempat budidaya cacing tanah. Tempat ini dapat berupa kotak kayu atau kaca. Gunakan media budidaya yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti kompos yang dicampur dengan limbah sayuran, serta limbah sawah seperti sekam dan lainnya. Campurkan semua bahan ini dan tambahkan pula air. Kemudian masukkan ke dalam tempat budidaya kira-kira tingginya sampai 15 cm saja. Media budidaya ini belum dapat digunakan, anda harus membiarkannya selama satu bulan kemudian setelah itu tambahkan kotoran hewan jenis apapun dengan perbandingan 1:3. Tambahkan pula kapur agar media budidaya cacing benar-benar sesuai dengan habitat cacing. Kemudian masukkanlah cacing ke dalam media budidaya. Banyaknya cacing yang dapat dimasukkan perbandingannya sama dengan berat media budidaya.
Agar ternak cacing tanah anda sukses, anda perlu rajin memberikan makan untuk cacing-cacing anda. Pakan cacing tanah dapat berupa kotoran sapi, kambing atau sejenisnya. Sebelum diberikan sebagai pakan, kotoran hewan ini harus dibuat menjadi bubur terlebih dahulu. Simpanlah tempat ternak cacing tanah ini di area yang aman dari segala predator cacing seperti ayam, ular, semut, dan lainnya. Sementara untuk memanen cacing, anda butuh waktu sekitar 3 bulan penantian. Tanda-tanda yang dapat anda kenali ialah ketika kotoran cacing sudah banyak bermunculan ke permukaan, maka saat itu cacing sudah siap dipanen.
Mudah bukan cara ternak cacing tanah yang kami sarankan ini. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk anda yang sedang mencoba bisnis baru ini.
Deskripsi: ternak cacing tanah ternyata sangat mudah dan tidak perlu modal yang banyak. Selain itu waktu panen cacing tanah juga relatif cepat yakni hanya butuh waktu sekitar 3 bulan saja.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput