Nikmatnya Rupiah Dari Ternak Cacing Susu


Mungkin masih asing di telinga anda apa itu cacing susu. Namun di dunia peternakan, cacing susu menjadi salah satu komoditas ternak yang cukup dikenal. Meski namanya cacing susu, bukan berarti hidupnya di susu atau makanannya berupa susu.
Cacing susu merupakan cacing yang sangat digemari oleh ikan, sehingga banyak pemancing yang menggunakan umpan berupa cacing susu agar tangkapan ikannya melimpah. Melihat peluang bahwa cacing susu sangat disukai para pemancing, maka tidak ada salahnya anda berpikir untuk mendirikan usaha ternak cacing susu. Cara beternak cacing susu sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ternak cacing pada biasanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara ternak cacing susu ini, silahkan ikuti pembahasan kali ini.


Langkah mudah beternak cacing susu

Untuk memulai ternak cacing susu, anda harus menyiapkan kandang terlebih dahulu. Jangan bayangkan kandang cacing susu seperti kandang ternak lainnya, siapkan papan atau kaca yang dibuat kotak. Jangan biarkan ada lubang dalam kandang tersebut. Lanjutkan dengan menyiapkan media hidup cacing susu. Caranya siapkan lumpur beserta limbah yang mudah membusuk seperti dedaunan dan sejenisnya.
Selanjutnya dalam ternak cacing susu ini anda perlu memperhatikan makanan yang pas untuk cacing-cacing anda agar tumbuh dengan cepat. Siapkan makanan berupa kotoran hewan. Selain kotoran hewan, anda dapat memberikan makanan tambahan untuk cacing berupa ampas tahu atau ampas kelapa. Kedua pakan ini sangat bagus untuk tumbuh kembang cacing susu. Pemberian makan dapat dilakukan setiap hari agar nutrisi cacing tetap terjaga dan cacing selalu sehat. Dalam waktu normal, cacing akan bertelur setelah berusia dua minggu. Jangan bayangkan telur cacing berbentuk bulat dan kasat mata. Sebab telur cacing akan bercampur dengan kotoran cacing atau yang dikenal dengan kokon. Pisahkan telur ini ke kandang lain agar pertumbuhan cacing lainnya dapat tetap berjalan normal.
Demikian pembahasan singkat kami terkait cara ternak cacing susu yang mudah sekali untuk anda praktekkan di rumah. Konsumen cacing susu ini selain dari pemancing, biasanya peternak ayam dan ikan pun juga memburu pakan ternak ini. Selamat mencoba beternak cacing susu.
Deskripsi: ternak cacing susu memiliki peluang usaha yang prospeknya sangat bagus. Permintaan pasar terhadap cacing susu pun meningkat pasca meningkatnya minat memancing dari masyarakat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput