Home / burung / peternakan / puyuh / Merintis Usaha Ternak Puyuh Pedaging

Merintis Usaha Ternak Puyuh Pedaging


Berbisnis puyuh memang menjadi salah satu pilihan tepat karena keuntungan yang dihasilkan sangat mengesankan. Konsumsi masyarakat terhadap daging puyuh yang sangat gurih dan lezat memang meningkat dari waktu ke waktu. Pangsa pasar inilah yang dapat anda manfaatkan peluangnya untuk memulai bisnis ternak puyuh pedaging. Untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelumnya. Mari simak informasi yang akan kami bagikan terkait budidaya puyuh pedaging di bawah ini.

Hal yang wajib diperhatikan dalam ternak puyuh pedaging

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam ternak puyuh pedaging adalah membeli bibit puyuh yang sesuai. Untuk bibit puyuh pedaging dapat membeli bibit doq (day ol quail) yang berjenis kelamin jantan. Selain itu anda juga dapat mengambil bibit puyuh pedaging dari burung puyuh petelur afkir. Setelah memilih bibit yang pas, selanjutnya pikirkanlah kandang tempat pembudidayaan puyuh. Untuk puyuh pedaging, sangat disarankan untuk menggunakan kandang jenis litter dengan dasar sekam atau serbuk gergaji. Kandang yang ideal untuk puyuh pedaging berukuran 90 x 60 x 100 cm. Ukuran ini diperkirakan sangat pas untuk tumbuh kembang puyuh. Kandang yang terlalu luas cenderung membuat puyuh aktif bergerak sehingga pertumbuhannya semakin lamban. Ternak puyuh pedaging sebenarnya tidak membutuhkan pakan khusus. Anda dapat membeli pakan yang sama dengan pakan puyuh petelur. Hal yang terpenting dalam penyediaan pakan untuk puyuh pedaging ini adalah memperhatikan kandungan nutrisinya. Usahakan komposisi antara protein, karbohidrat, dan lemaknya pas untuk puyuh pedaging.


Ternak puyuh pedaging ini memang sangat menguntungkan. Berdasarkan pengalaman salah satu peternak puyuh pedaging, dengan modal 7,5 juta rupiah (4000 ekor puyuh) anda dapat mengantongi keuntungan hingga 2 juta rupiah dalam sekali panen. Bayangkan pada pemanenan selanjutnya yang pastinya tidak butuh modal sebesar itu lagi. Dalam beberapa kali panen saja anda sudah mampu mengembalikan modal awal anda.
Demikian pembahasan mengenai ternak puyuh pedaging yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat terutama untuk anda yang ingin memulai bisnis ternak puyuh pedaging ini. Semoga bisnis anda sukses.
Deskripsi: ternak puyuh pedaging hampir sama dengan ternak puyuh petelur, hanya bedanya dari pembibitan dan terutama waktu panen. Hasil dari ternak ini juga sangat menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.