Menjalankan Usaha Dengan Cara Ternak Domba


Saat ini salah satu usaha ternak yang paling banyak di minati adalah usaha ternak domba. Usaha ini sangat menguntungkan karena sumber daya yang di hasilkan oleh domba sangat bermanfaat. Bagi anda yang masih pemula dan ingin membudidayakan domba tentunya perlu mengetahui dan paham bagaimana cara ternak domba yang benar dan tepat. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda benar benar menjadikan domba sebagai hewan ternakan anda yaitu mementingkan kesehatan dari domba tersebut serta memperdulikan pakan, nutrisi, dan suplemen yang di butuhkan oleh domba. Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya berternak domba, simak informasi berikut ini.

Tips ternak domba yang tepat dan benar

Pada cara ternak domba, hal yang perlu di perhatikan yaitu penyiapan bibit domba. Pilihlah bibit domba yang unggul yaitu yang sehat dan juga mempunyai riwayat presentase kelahiran atau kesuburan yang sangat tinggi kemudian cepat tumbuh dan karkasnya baik. Setelah itu lakukan pemisahan antara domba betina dan jantan kemudian cari domba yang bersifat baik. Anda dapat mencari calon induk yang berusia 2 tahun kemudian sempurna dan tidak cacat lalu memiliki perut dengan bentuk normal dan bentuk telinga yang kecil serta mempunyai bulu yang halus, ekor normal, muka yang baik serta mempunyai nafsu kawin yang sangat tinggi.


Pada cara ternak domba berikutnya yaitu dalam pemilihan domba jantan, carilah yang berusia 2 tahun juga, sempurna dan tidak cacat serta keturunan dari domba betina yang melahirkan anak domba dengan jumlah 2 atau lebih dari 2 ekor. Cari domba jantan dengan kaki yang besar dan memiliki buah zakar yang besarnya sama dengan kelaminnya serta mempunyai sifat yang lincah dan mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat. Setelah pemilihan bibit maka atur perkawinan domba dan ketika induk sudah di buahi maka tunggu kelahiran bayi domba selama 5 bulan.
Itulah yang harus di perhatikan pada cara ternak domba. Dan pemeliharaan domba harus di lakukan dengan benar dan tepat yaitu pemberian pakan atau makanan yang teratur dan juga domba harus rutin di bersihkan dengan cara di mandikan dan di potong bulunya yang sudah mengeras. Untuk bayi domba yang masih menyusu juga dapat di beri pakan dengan kualitas tinggi dan sangat halus dengan takaran 0,20 kg setiap satu kali sehari. Itulah cara budidaya domba yang dapat anda ketahui.
Deskripsi : cara ternak domba dapat di lakukan dengan sangat mudah dan hal yang pertama harus di perhatikan yaitu pemilihan bibit domba yaitu antara domba betina dan domba jantan haruslah yang paling unggul dan harus sempurna, tidak cacat, dan juga sehat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput