Mengupas Cara Ternak Kroto Secara Lengkap

Salah satu makanan yang sangat digemari oleh burung kicau adalah kroto. Bentuk tubuhnya yang berwarna putih ini merupakan telur semut rangrang. Kroto memiliki khasiat yang bagus untuk burung kicau, karena dapat menambah kicauan burung semakin sering dilakukan.



Budidaya ternak kroto masih sangat jarang dilakukan oleh masyarakat, sehingga menyebabkan harga kroto semakin lama semakin mahal. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memulai bisnis sampingan dengan beternak kroto bisa menjadi tambahan penghasilan yang sangat menjanjikan. Cara ternak kroto yang masih belum anda ketahui, sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja anda perlu menyiapkan diri jika terkena gigitan semut rangrang.

Cara budidaya ternak kroto

Bahan yang anda butuhkan dalam cara ternak kroto adalah sebuah toples plastik dan nampan plastik. Langkahnya cukup sederhana, anda dapat membeli bibit semut rangrang pada peternak kroto. Biasanya jika anda membeli bibit sudah satu paket dengan toples saja, nah anda tinggal membalikkan posisi toples dengan tutup berada di bawah. Nampan yang sudah anda siapkan, letakkan pada posisi datar dan letakkan batu bata di atasnya, baru anda letakkan toples yang sudah terbalik tersebut di atas batu bata. Pada posisi terbalik tersebut, anda akan melihat lakban isolasi yang menutupi toples bagian bawah yang sekarang telah berada di atas, bukalah lakban tersebut sebagai pintu untuk kita memberikan makan pada semut tersebut. 

Cara ternak kroto sedikit agak susah jika pembibitan dilakukan secara manual dengan anda mencari sendiri bibitnya, namun akan mudah bila kita membeli bibitnya, langkah selanjutnya ketika anda sudah memiliki beberapa toples berisi semut rangrang tersebut adalah dengan memberikan makanan yang disukai oleh hewan tersebut. 

Makanan yang manis seperti air gula dan jenis serangga seperti jangkrik yang sudah mati dapat anda sajikan sebagai makanan mereka. Letakkan air gula pada wadah yang bisa anda buat dari bekas air mineral gelasan yang sudah dipotong. Demikian ulasan mengenai cara ternak kroto dari kami, semoga bermanfaat.

Description: cara ternak kroto yang mudah dengan membeli bibit kroto yang sudah dimasukkan ke dalam toples, anda hanya perlu melakukan perawatan dengan memberikan makan dan menjaga dari paparan matahari.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput