Home / bebek / itik / peternakan / Menguasai Cara Ternak Bebek Potong

Menguasai Cara Ternak Bebek Potong


Ternak bebek potong sama halnya dengan beternak bebek pedaging yang intinya adalah memanfaatkan daging bebek sebagai bahan baku konsumsi. Banyaknya permintaan pasar akan daging bebek menyebabkan usaha bebek menjadi usaha yang memiliki prospek yang bagus ke depannya. Apalagi saat ini sudah banyak warung makan yang menyediakan makanan olahan dengan bahan baku bebek pedaging. Nah, untuk menunjang produksi daging bebek potong yang maksimal, anda perlu mengetahui cara pengelolaan ternak bebek secara baik dan benar.

Beberapa hal yang perlu dihindari bagi peternak bebek potong

Ternak bebek potong tidak boleh sembarangan dalam sistem menggembalanya. Karena dengan menggembala bebek potong ke sawah akan menyebabkan proses pembakaran lemak dalam tubuh bebek semakin tinggi yang akan menyebabkan berkurangnya daging yang nantinya dihasilkan oleh bebek potong. Bebek potong yang dikandangkan juga tidak baik apabila diberikan pakan yang berlebihan, karena hal tersebut akan menghambat proses metabolisme bebek dan dapat mengakibatkan tidak sempurnanya penyerapan sari-sari makanan.


Pemberian vaksin pada bebek terkadang jarang dilakukan oleh beberapa peternak bebek, namun, yang sebaiknya dilakukan dalam ternak bebek potong adalah memberikan vaksin sebagai pencegahan terhadap penyakit secara teratur, terutama pemberian vaksin bagi bibit yang masih dalam masa perkembangan. Pentingnya dilakukan vaksinasi bagi indukan bebek supaya ketika masa panen bebek pedaging nantinya kondisi bebek potong sangat sehat dan gemuk. Selain itu, bebek potong yang dikandangkan sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup bagi mereka, karena sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk membunuh kuman-kuman yang melekat pada tubuh bebek, dan juga sinar matahari memberikan vitamin yang dibutuhkan bebek.
Pengelolaan bebek potong yang kurang tertata sebaiknya segera dibenahi, seperti halnya sistem penyortiran antara bebek yang besar dan kecil. Ternak bebek potong sebaiknya memiliki petak kandang yang dibedakan menurut usia perkembangannya, mulai dari kandang indukan, bebek muda, dan dewasa. Apabila terdapat bebek yang ukuran tubuhnya tidak sama dalam satu kandang, dapat anda pindahkan ke kandang yang sesuai ukurannya.
Description: ternak bebek potong sama halnya dengan proses dan tata cara dalam budidaya ternak bebek pedaging yang sama-sama mengutamakan produktivitas daging sebagai bahan utama konsumsi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.