Mengenal Cara Ternak Kambing


Berternak kambing merupakan sebuah tradisi turun temurun bagi masyarakat kita, terutama mereka yang tinggal di daerah perdesaan. Bagi mereka berternak kambing adalah kegiatan yang sudah umum. Dan biasanya mereka berternak kambing untuk tabungan dimasa depan, atau lebih mudahnya harta simpanan.



Sebenarnya tak hanya kambing saja yang dipelihara oleh masyarakat pedesaan, mereka juga memelihara jenis-jenis unggas untuk dijadikan harta simpanan. Namun kebanyakan dari mereka lebih senang memelihara kambing. Karena selain memiliki harga yang lumayan tinggi, mereka juga mudah untuk mencari rerumputan untuk pakan kambing. Tapi masih disayangkan, cara ternak kambing yang telah berjalan masih belum bisa diandalkan, hal ini terbukti dengan perkembangan ternak mereka yang tetap memiliki skala kecil saja.

Sebenarnya, berternak kambing merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan yang lumayan banyak. Karena biasanya kambing-kambing yang biasa untuk diternak mudah berkembang atau beranak, misalnya jenis kambing gembel, jenis ini jarang sekali beranak satu, paling tidak sekali beranak minimal 2 ekor kambing. Hanya saja cara ternak kambing yang kita jalankan masih belum benar, sehingga hasil yang didapat kurang maksimal dan memuaskan.

Cara ternak kambing yang benar

Tips budidaya kambing pertama, yang harus anda lakukan adalah memilih bibit-bibit yang unggul. Memilih bibit unggul ini bisa anda lakukan dengan melihat postur tubuh dan bulu. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam memilih kambing. Atau anda bisa melihat induknya, jika induknya adalah kambing unggulan tentunya keturunanya merupakan jenis kambing unggulan. Cara ternak kambing yang satu ini harus anda pegang betul-betul, karena sangat berpengaruh pada perkembangan usaha ternak kambing anda.

Cara ternak kambing yang benar juga menuntut anda untuk teliti dalam membuat kandang yang digunakan untuk menampung kambing. Dalam pembuatan kandang ini usahakan tinggi kandang minimal satu meter di atas tanah dan kandang agak miring sedikit kebawah agar kotoran kambing dan air kencingnya tidak tertampung di dalam kandang. Selain itu pakan kambing juga harus anda perhatikan, karena pakan yang dikonsumsi kambing sangat berpengaruh pada bobot dan kesehatan kambing. Jadi sebelum anda mulai berternak, minimal anda sudah mempelajari tiga cara budidaya kambing tersebut.

Description: cara ternak kambing yang benar masih belum banyak diketahui banyak orang. Padahal cara ternak kambing tidak sembarangan agar mendapat hasil yang memuaskan dan maksimal.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput