Home / bebek / itik / peternakan / Mengatahui Cara Ternak Bebek Yang Baik

Mengatahui Cara Ternak Bebek Yang Baik



Ternak bebek yang baik akan menghasilkan bebek yang berkualitas juga. Memelihara bebek bukanlah perkara yang sulit, namun tidak boleh juga menggampangkannya. Pemeliharan bebek dengan beberapa cara dapat memberikan hasil yang berbeda tergantung langkah yang digunakan dan metode yang diterapkan oleh peternak bebek. Namun, dari setiap metode memiliki keunggulan maupun kekurangan tersendiri yang bisa dipilih dalam rangka budidaya bebek yang baik dan benar.

Cara beternak bebek yang baik

Hal utama dalam ternak bebek yang baik adalah pemilihan bibit bebek yang nantinya akan dikembangkan menjadi bebek pedaging atau bebek petelur. Bibit dapat anda hasilkan dari telur kualitas baik dan ditetaskan sendiri menggunakan alat tetas, atau membeli langsung bibit yang sudah tersedia di toko atau peternak lain. Bibit yang sudah ditetaskan harus anda perhatikan baik-baik perkembangannya dengan diletakkan pada kandang khusus indukkan yang telah diatur temperaturnya serta pakan, vaksin dan minuman bagi indukan disediakan secara tepat.

Yang kedua adalah memilih kandang yang tepat sesuai kebutuhan. Ternak bebek yang baik harus memperhatikan ketersediaan lahan kandang yang cukup luas bagi bebek. Kandang dapat anda buat di pekarangan dengan pagar melingkar, serta beberapa meter kandang yang diberi atap sebagai tempat berlindung bebek dari segala cuaca. Kandang dengan tipe seperti itu bisa anda realisasikan jika lahan tersedia di tempat anda. Namun, jika anda terkendala masalah lahan, anda dapat menggunakan model kandang yang berbentuk panggung dan makan maupun minum sudah dalam kandang tersebut.

Cara beternak bebek yang baik selanjutnya adalah pemberian pakan pada bebek. Ternak bebek yang baik juga harus mengutamakan suplai gizi yang seimbang yang diberikan pada bebek. Zat-zat yang semestinya diberikan antara lain; karbohidrat yang terdapat pada beras, jagung, dan bekatul. Kemudian lemak yang didapat dari bahan makanan kedelai dan minyak ikan, kandungan protein didapatkan dari kacang tanah, kacang hijau, dan bungkil kedelai, dan dari protein hewani bisa didapat dari tepung ikan dan bekicot atau keong.

Description: ternak bebek yang baik perlu memperhatikan beberapa aspek, yaitu dari aspek pemilihan bibit yang unggul, pembuatan kandang yang mencukupi, dan kandungan gizi yang seimbang pada pakan bebek.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.