Membuat Pakan Ternak Sapi Potong


Usaha penggemukan sapi potong atau usaha ternak sapi potong biasanya terkendala pada ketersediaan pakannya yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya para peternak sapi. Maka jika tidak ada upaya sendiri untuk membuat atau menyediakan pakan sapi potong sendiri maka menyediakan pakanan sapi akan sangat kesulitan. Membuat pakan ternak sapi potong adalah solusi yang sangat tepat bagi para pelaku usaha ternak sapi, utamanya mereka yang menjalani usaha bisnis ternak sapi dalam jumlah besar. Lalu bagaimanakah cara membuat pakan ternak sapi potong?

Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan artikel yang sangat anda butuhkan. Artikel tersebut tentang cara membuat pakan ternak sapi potong yang benar dan tepat dan murah. Pakan ternak yang akan saya sampaikan melalui artikel ini cara membuatnya sangat gampang. Praktis. Bagaimanakah cara membuat pakan ternak sapi potong tersebut? Pastinya anda semua penasaran. .
Cara membuat pakan ternak sapi potong
Pakan ternak sapi potong yang sedang kita bahas merupakan pakan ternak sapi potong modern. Pakan ternak sapi ini merupakan pakan ternak alternatif, karena diramu dari beberapa bahan kemudian difermetasikan. Pakan ternak ini namanya pakan ternak sapi fermentasi. Pakan ternak sapi potong dengan fermentasi ini sangat baik untuk sapi potong ini dan sangat cepat menggemukkan badan sapi potong milik anda. Sehingga pakan ternak ini sangat pas bagi anda yang berusaha penggemukan sapi. Bagaimana cara membuat pakan ternak sapi potong fermentasi.
Selain rumput sebagai pakan ternak sapi potong , untuk usaha penggemukan sapi konsentrat merupakan salah satu pakan yang wajib ada. Untuk membuat konsentrat yang baik ada beberapa kombinasi bahan alami yang dapat digunakan sebagai konsentrat alami yang sangat baik. Bahan-bahan konsentrat yang umum digunakan adalah berikut:
1.   Dedak/ bekatul 70-75 %. Jika dedak tidak mencukupi bahan ini bisa digantikan dengan batang rumbia yang lebih murah.
2.    Jagung giling dengan komposisi sebesar 8-10 %.
3.    Tepung tulang atau kalsium komposisi sebesar 2-5%.
4.    Bungkil kelapa komposisi sebesar 10%-15%.
5.    Garam dapur komposisi sebesar 2%.
6.   Tambahkan vitamin, jika memang diperlukan dengan tetap memperhatikan dosis agar jangan sampai kelebihan.
Deskripsi: pakan ternak sapi potong supaya sapi cepat gemuk maka perlu diberi pakan konsentrat. Pakan konsentrat ini bisa diusahakan sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput