Laba Ternak Murai Batu Ekor Panjang Yang Menjanjikan


Burung murai batu ekor panjang menjadi salah satu burung kicau yang sedang naik daun namanya. Selain mempunyai suara yang merdu, burung yang satu ini juga memiliki penampilan fisik yang memikat. Daya tarik utama terletak pada ekornya yang sangat panjang. Banyak sekali pecinta burung kicau yang berlomba-lomba untuk memiliki burung murai batu ini. Nah dari gambaran tadi pasti muncul di benak anda untuk memanfaatkan peluang pasar yang cukup menggiurkan ini. Tepat sekali, ternak murai batu ekor panjang dapat menjadi pilihan bisnis yang pastinya memberi keuntungan yang lumayan.

Langkah awal ternak murai batu ekor panjang

Sebagai peternak murai batu ekor panjang pemula, anda memang harus mempelajari seluk-beluk mengenai cara ternak murai batu ekor panjang yang benar. Tujuannya agar anda tidak salah perawatan ketika membudidayakan burung murai. Persiapan kandang untuk murai sangatlah penting. Ukuran kandang dapat anda sesuaikan dengan lahan atau lokasi yang anda pilih. 


Hal terpenting dalam membuat kandang adalah jangan sampai ukurannya terlalu sempit, sehingga dapat merusak ekor murai yang indah. Tambahkan beberapa bentuk sarang ke dalam kandang agar dapat digunakan untuk bertelur. Kandang harus didesain sedemikian rupa sehingga udara yang masuk cukup dan sinar matahari pun bisa masuk. Upayakan suhu kandang tetap terjaga, jika musim hujan dan udara sangat dingin berikanlah lampu pijar agar suhu kandang menjadi hangat.
Langkah selanjutnya untuk ternak murai batu ekor panjang adalah memilih indukan yang bagus agar menghasilkan anakan murai yang berkualitas. Setelah itu berilah makan yang dapat merangsang murai untuk cepat bertelur, misalnya ulat hongkong, kroto, jangkrik, atau cacing. Pakan ini selain diberikan untuk indukan juga dapat digunakan sebagai makanan sehari-hari murai batu ekor panjang. Sebagai makanan tambahan anda dapat memberikan voer agar murai dapat tumbuh dengan cepat. Selanjutnya anda juga perlu mengetahui langkah-langkah merawat anakan murai, karena pada usia ini murai masih sangat rentan mati. Jika perlu pisahkan anak murai dari induknya karena terkadang murai dapat membuang anaknya sendiri.
Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang ternak murai batu ekor panjang. Semoga bermanfaat terutama untuk anda yang baru merintis bisnis ini.
Deskripsi: ternak murai ekor panjang ternyata juga menghasilkan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Pangsa pasar murai batu ekor panjang ini masih sangat luas dan peternaknya pun masih terbatas.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput