Home / domba / kambing / peternakan / Inilah Keuntungan Ternak Domba Garut

Inilah Keuntungan Ternak Domba Garut


Ketika mendengar kata garut, pasti anda langsung kepikiran dengan dodol garut. Tetapi tak hanya itu saja, pasti anda juga akan teringat dengan domba garut. Domba garut memang sangat terkenal sekali. Dengan postur tubuh yang besar dan gagah, terutama yang jantan.
Domba garut ini sering dijadikan sebagai adu domba. Banyak yang bilang kalau domba garut merupakan jenis domba silang. Dengan telinga yang panjang dan bertanduk yang besar. Domba garut ini memang sedikit berbeda dengan jenis domba lainnya. Ada banyak keuntungan yang anda dapatkan jika ternak domba garut ini. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan.


Semua Bagian Tubuhnya Bermanfaat

Hampir semua bagian tubuh dari domba garut bermanfaat. Dari dagingnya, tulang bahkan bulunya. Banyak orang yang ternak domba garut, hanya untuk mengambil bulunya. Bulu domba garut ini sering digunakan untuk bahan dasar tekstil. Untuk membuat baju, celana atau pakaian lainnya. Hal ini dikarenakan bulu domba garut mempunyai tekstur yang lembut dan mudah untuk di olah. Perbedaan dari domba dan kambing memang dari jenis bulunya. Bulu domba tebal dan bisa di potong. Sedangkan bulu kambing lebih tipis dan susah untuk dipotong tanpa kulitnya langsung.


Mudah Dalam Perawatan

Keuntungan yang akan ada dapatkan ketika ternak domba garut adalah mudah dalam perawatan. Merawat domba garut memang sangat mudah. Pertama pilihlah bibit domba yang berkualitas, supaya bisa menghasilkan anakan domba garut yang baik. untuk makannya anda perlu memberikan rumput saja dan diberi sedikit vitamin. Tak perlu terlalu banyak memberikan zat kimia untuk penggemuk. Ini akan membuat domba garut gemuk yang tidak sehat. Lebih baik menggunakan bahan alami. Sehingga akan menghasilkan domba garut yang gemuk alami. Jangan lupa untuk selalu membawanya keluar atau digembala di luar. Ini akan membuat kaki domba sehat dan lebih lincah.
Ini juga berlaku buat anda yang ingin ternak domba garut, untuk lomba adu domba. Saat ini populasi domba garut memang semakin menipis. Oleh karena itu sangat penting untuk mengembangbiakan domba garut ini. saat ini harga domba garut juga sangat mahal. Apalagi yang jantan, memiliki tubuh yang sehat dan tanduk yang bagus. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Itulah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika berternak domba garut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda.
Description: ternak domba garut mempunyai banyak sekali keuntungan buat anda yang ingin berternak domba garut ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.