Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Ternak Lele Kolam Semen Beton


Jika anda mempunyai halaman rumah yang kosong dibelakang rumah, tidak ada salahnya digunakan untuk ternak lele. Ada banyak sekali jenis lele yang bisa diternakan. Selain itu ada berbagai kolam yang bisa digunakan untuk ternak lele. Ada kolam terpal, kolam tanah dan kolam beton.
Pada kesempatan kali ini saya akan lebih membahas mengenai budi daya ikan lele dengan menggunakan kolam beton. Untuk kolam beton memang membutuhkan lebih banyak modal dibandingkan jenis kolam lainnya. Hal ini dikarenakan untuk membuat kolam beton saja membutuhkan banyak biaya. Berikut ini tips ternak lele kolam beton yang harus anda perhatikan.


Pembuatan Kolam

Ukuran kolam beton untuk ternak lele kolam beton biasanya 1 sampai 2 meter dan mempunyai panjang 3 sampai 5 meter. Dengan menggunakan ukuran kolam mini akan memudahkan anda untuk melakukan perawatan dan pergantian airnya. Kolam beton yang baru saja jadi, jangan langsung digunakan. Lebih baik dibiarkan selama kurang lebih 1 minggu. Kolam yang baru saja jadi, masih mengandung zat berbahaya yang bisa mematikan lele. Kolam yang baru lebih baik diisi air setengah dari ukuran kolam, kemudian ditambah dengan potongan pelepah pisang, daun singkong supaya air menjadi lebih hijau dan tumbuh lumut.

Keuntungan Kolam Beton

Setiap jenis kolam untuk merawat ikan lele memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buat anda yang ternak lele kolam beton, memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan yang pertama lebih mudah dalam perawatan, lebih tahan lama, lebih aman dari berbagai serangan penyakit, lebih mudah untuk pengaturan dan perawatan kolam, kualitas air yang selalu terjaga kualitasnya dan masih banyak lainnya. Untuk kolam beton, pada awalnya memang anda mengeluarkan banyak biaya. Tetapi kolam tersebut bisa digunakan untuk selamanya.
Tidak seperti kolam terpal, yang akan rusak dalam waktu tertentu atau kolam tanah yang akan mudah terserang penyakit. Kolam beton ini memang menjadi pilihan yang paling baik untuk budidaya ikan lele. Selain kedua hal tersebut, anda juga harus memperhatikan kualitas air, pakan, perawatan lele dan masih banyak lainnya. Semua itu harus diperhatikan supaya menghasilkan ikan lele yang berkualitas. Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan, jika ingin ternak lele kolam beton. Semoga bermanfaat.
Description: ternak lele kolam beton memang mempunyai lebih banyak keuntungan dibandingkan jenis kolam lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput