Fermentasi Pakan Ternak Kambing Dan Cara Membuatnya


Banyak faktor yang perlu kita ketahui dalam hal berternak kambing, seperti pemilihan bibit, pengadaan kandang, dan faktor lain yang tak kalah penting adalah mengenai pakan. Pakan kambing juga berpengaruh dalam meningkatkan hasil budidaya ternak kambing agar hasilnya lebih berkualitas. 



Kandungan pada pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan kambing itu sendiri dan tidak asal memberi pakan saja. Dan di era yang modern ini, perkembangan ilmu pengetahuan juga mengalami perkembangan. Para ilmuan telah menemukan inovasi baru dengan pengadaan pakan ternak misalnya fermentasi pakan ternak kambing yang pengolahannya memanfaatkan limbah yang ada di sekitar kita.

Pengolahan limbah untuk pakan ternak atau yang populer disebut fermentasi pakan ternak kambing dengan tambahan suplemen kini banyak diminati para peternak untuk meningkatkan hasil ternaknya. Dengan fermentasi pakan untuk ternak kambing, hasilnya terbukti dapat menaikkan bobot kambing itu sendiri 2 sampai 4 kg dengan jangka waktu 10 hari. Fermentasi pakan ternak juga bisa memberi anda keuntungan misalnya dengan menggunakan pakan secara fermentasi dapat memperbaiki sistem pencernaan. Bisa juga meningkatkan produksi susu, daging kambing lebih berisi, sistem imun ternak lebih kuat dan lain sebagainya.

Membuat fermentasi pakan ternak kambing

Yang pertama kita harus terlebih dahulu mempunyai jerami sebagai bahan utama untuk membuat fermentasi pakan ternak kambing ini. Atau jika kita sulit menemukan jerami, kita bisa menggantinya dengan pohon pisang. Kemudian gedebog pisang dicacah kecil dan jangan lupa siapkan larutan suplemen organik cair. Di wadah yang lain, anda campurkan pohon pisang, ampas tahu dan katul. Kemudian, larutan suplemen diaduk rata dan diamkan kurang lebih 15 menit lalu siramkan ke dalam campuran bahan utama tadi. Dan sebagai tambahannya, taburkan garam dan aduk sampai rata.

Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan ke dalam ember atau wadah lain untuk tempat fermentasi pakan ternak kambing. Kemudian tutup wadah dengan terpal atau plastik agar wadah menjadi kedap udara. Jika wadah sudah benar-benar kedap udara, diamkan selama satu hari jika menggunakan jerami. Dan jika anda menggunakan bahan utama debog pisang, cukup diamkan selama 4 jam saja karena basah. Setelah semuanya telah anda lakukan, pakan fermentasi kambing telah siap untuk anda gunakan. Berikan pakan untuk ternak 2x sehari yaitu pagi dan sore.

Description: fermentasi pakan ternak kambing juga dapat meningkatkan hasil ternak anda. Karena dapat menambah berat badan kambing 2-4 kg dengan waktu yang singkat yaitu 10 hari.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput