Home / domba / kambing / peternakan / Cara Untuk Ternak Domba Potong Paling Efektif

Cara Untuk Ternak Domba Potong Paling Efektif


Saat ini banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan. Asalkan ada niatan dan kerja keras yang tinggi. Salah satu bisnis yang sangat menguntungkan adalah dengan ternak domba potong. Mungkin anda akan bertanya apa perbedaan antara domba dan kambing. Secara umum memang sulit untuk dibedakan. Tetapi sebenarnya domba dan kambing memiliki genius yang berbeda. Perbedaan yang paling terlihat adalah dari bulu dan ekornya.
Bulu domba lebih tebal dibandingkan bulu kambing. Sehingga membuat bulu domba sering dijadikan bahan untuk membuat kain. Selain itu ekor domba selalu terjulur ke bawah sedangkan ekor kambing selalu terjulur ke atas. Berikut ini saya akan memberikan cara paling ampuh untuk berternak domba potong.



Memilih Bibit Yang Berkualitas

Ketika ingin melakukan ternak domba potong, hal yang paling penting adalah memilih bibit domba yang berkualitas. Dengan memilih bibit yang berkualitas, akan menghasilkan anakan yang baik dan siap untuk di potong. Untuk domba jantan, pilihlah yang gemuk dan mempunyai bulu mengkilap. Tubuh yang besar dan gemuk, akan menghasilkan sperma yang bagus. Sedangkan untuk betinanya pilihlah betina yang tidak terlalu gemuk, tetapi juga tidak terlalu kurus. Selain itu pilihlah betina yang mempunyai kambing yang bagus atau yang normal. Sehingga akan mengandung dengan baik.

Pemahaman Dalam Perawatan Domba Potong

Pemahaman dalam perawatan ternak domba potong ini, meliputi waktu kawin, penanganan dalam kelahiran, perawatan bayi domba potong, lama waktu penyusuan, pemberian pakan, kandang yang baik dan masih banyak lainnya. Semua hal itu harus anda pahami jika anda ingin menghasilkan anakan domba potong yang berkualitas. Yang paling penting adalah perawatan setelah melahirkan. Seperti apa takaran makananya, kandang yang baik supaya tidak mudah stress dan susu yang tepat. Kebersihan kadang akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari domba potong ini.
Selain itu jangan lupa untuk memberikan vitamin di waktu-waktu tertentu. Ini akan memberikan kesehatan dan membuat domba semakin gemuk. Untuk domba potong, masalah gemuk dan sehat memang sangat penting. Hal ini dikarenakan tujuan anda menternak domba untuk di potong dan dikonsumsi dagingnya. Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika ingin melakukan ternak domba potong. Semoga bermanfaat.
Discription: ternak domba potong memang memerlukan keterampilan dan kejelian supaya domba potong bisa gemuk dan sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.