Home / peternakan / sapi / Cara Ternak Sapi Potong

Cara Ternak Sapi Potong


Ternak sapi potong memang menjadi salah satu pilihan tepat untuk anda. Meski pada awalnya anda butuh modal yang cukup besar, namun keuntungan yang didapatkan pun tidak kalah banyaknya. Sapi yang memang memiliki nilai jual tinggi ini memiliki permintaan pasar yang tinggi, apalagi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi sebagai bahan pangan. Daging sapi yang lezat dan relative tidak bau seperti daging kambing membuatnya digemari banyak orang. Untuk dapat mendirikan ternak sapi, anda perlu memperhatikan beberapa cara ternak sapi potong yang akan kami bagikan khusus untuk anda, silahkan disimak baik-baik.

Persiapan kandang untuk ternak sapi potong

Mempersiapkan kandang untuk ternak sapi potong anda memang merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Sapi butuh kandang tertentu yang menjadi tempatnya untuk berkembang. Besar kandang ini harus disesuaikan dengan jumlah sapi yang ingin anda ternakkan. Untuk bentuk kandang dapat bervariasi mulai dari yang tidak memiliki dinding, hingga kandang yang tertutup secara sempurna. Keduanya harus dilengkapi dengan atap agar dapat melindungi sapi dari terik matahari yang menyengat dan hujan sewaktu-waktu. Dalam membuat kandang, anda juga dituntut untuk mendesain tempat makan dan minum serta pengelolaan kotorannya. Siapkan pula tempat untuk mengikat sapi agar tidak terlalu banyak bergerak. Selain itu anda juga memerlukan beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan dalam operasional ternak sapi potong anda, seperti sekop, sapu lidi, tali, sikat, ember, dan lainnya.

Pakan yang cocok untuk ternak sapi potong

Sebelum memutuskan untuk beternak sapi potong, anda juga perlu memikirkan pakan untuk sapi-sapi anda. Anda dapat memberikan makanan utama berupa rumput-rumput hijau ataupun sisa-sisa pertanian seperti jerami. Sementara untuk menunjang pertumbuhan sapi, gunakanlah makanan tambahan berupa konsentrat. Jika perlu berikan pula antibiotic dan vitamin pada sapi agar kesehatannya terjaga. Untuk pemberian makan pada sapi harus anda lakukan setiap hari. Untuk pemberian konsentrat, cukup 1-2 % dari berat sapi. Sementara pakan hijau dapat anda maksimalkan hingga 10% dari berat sapi. Pakan tambahan yang juga tak kalah penting bagi sapi adalah asupan air, garam, dan juga tepung tulang yang mengandung kalsium phospat.

Pemilihan bibit unggul untuk ternak sapi potong

Agar ternak sapi potong anda berjalan sukses, kunci utamanya adalah memilih bibit unggulan sebagai pioneer ternak anda. Jika anda membeli dalam indukan, pilih indukan yang berkualitas agar anak sapi yang dilahirkan juga berkualitas. Perhatikan baik-baik kesehatan tubuh sapi mulai dari kepala hingga ekornya, jangan biarkan bibit sapi anda memiliki kecacatan fisik agar generasi yang dilahirkan juga sempurna.

Cara merawat ternak sapi potong

Dalam mengembangkan ternak sapi potong, anda perlu melakukan beberapa perawatan yang lazimnya memang harus diberikan kepada sapi. Misalnya saja pembersihan kotoran sapi yang harus dilakukan setiap hari agar kebersihan kandang tetap terjaga. Selain itu anda juga dapat membersihkan badan sapi dengan cara memandikannya dan jangan lupa disikat tubuhnya agar tidak sampai ada bakteri yang hidup dalam tubuh sapi. Waktu pemandian dapat dilakukan maksimal tiga hari sekali. Selain itu untuk menambah daya tahan tubuh sapi, berikan juga vaksin dan obat cacing secara berkala.
Demikian beberapa tahapan yang harus anda penuhi untuk dapat memulai dan mengembangkan ternak sapi potong. Ternak sapi potong ini dinilai memiliki resiko kerugian yang sangat kecil, sebab permintaan pasar terhadap sapi potong selalu tinggi.
Deskripsi: ternak sapi potong pada awalnya memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun jangan khawatir keuntungan yang akan diraup pun sangat tinggi dan menjanjikan rupiah yang melimpah

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.