Home / ikan / lele / peternakan / Cara Ternak Lele Dengan Terpal Mudah Dan Hemat Biaya

Cara Ternak Lele Dengan Terpal Mudah Dan Hemat Biaya


Ternak lele mungkin bagi sebagian orang hanya sekedar hobi saja. Namun, bagi mereka yang memiliki otak bisnis, lele yang biasanya hanya sebagai peliharaan saja, pastilah akan disulap sebagai media bisnis yang menguntungkan. Seperti yang anda tahu, banyak sekali warung makan dan rumah makan yang menjadikan lele sebagai sajian di warungnya. Itu berarti kebutuhan konsumen akan lele cukup besar bukan? Makanya, jika anda mau menyulap sedikit lahan anda untuk ternak lele, dapat dipastikan anda bisa meraup keuntungan dari lele yang anda pelihara.

Siapa bilang yang berhak bisnis lele hanya mereka yang berada di daerah perkotaan saja. Justru, anda yang berada di kawasan pedesaanlah yang harusnya tergugah untuk mencoba ternak lele. Bukankah di lingkungan pedesaan biasanya banyak masyarakat yang memiliki lahan yang luas. Tak ada salahnya bukan jika lahan yang anda miliki kemudian disulap menjadi kolam untuk lele. Nah, agar anda tahu bagaimana cara sukses ternak lele di pedesaan, anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini.


Tips sukses beternak lele

Sudah disinggung sebelumnya bahwa ketika anda memutuskan untuk ternak lele setidaknya anda membutuhkan lahan yang nantinya akan digunakan sebagai kolam lele. Itulah sebabnya mengapa bisnis ternak lele lebih cocok untuk masyarakat pedesaan yang memang biasanya memiliki kolam atau lahan yang luas di dekat rumahnya. Namun, tak selamanya ternak lele hanya bisa dicoba oleh mereka yang memiliki lahan yang luas karena baru-baru ini pemeliharaan lele yang cukup simple dan tidak membutuhkan banyak lahan yaitu ternak lele dengan terpal. Seperti apa ya kira-kira cara baru dalam beternak lele tersebut?
Sebelum anda mengetahui cara ternak lele dengan terpal, tak ada salahnya anda mengetahui beberapa kelebihan ternak lele dengan terpal. Biasanya, ketika anda memelihara lele di dalam kolam, maka lele yang anda hasilkan akan berbau lumpur. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir ketika anda memilih pemeliharaan lele dalam terpal. Selain itu kelebihan ternak lele dalam terpal adalah mudah dipindah dan tidak membutuhkan banyak lahan. Dan yang terpenting lagi adalah tidak memakan banyak biaya dan perawatan kolam lele dengan terpal juga lebih mudah. Maukah anda mencobanya?
Cara membuat terpal untuk ternak lele. Ketika anda memutuskan untuk mencoba ternak lele dengan terpal, yang mesti anda perhatikan adalah memilih terpal yang tak mudah robek ketika mendapatkan tekanan yang tinggi dari air. Biasanya, terpal yang digunakan untuk ternak lele berukuran sekitar 4 x 6 meter. Yang mesti anda lakukan selanjutnya adalah membuka kerangka dari bamboo yang nantinya ditaruh di atas kolam. Setelah itu, agar terpal tidak cepat robek, anda juga bisa meletakkan beberapa potongan kayu sebagai dasar kolam lele yang dibuat dari terpal tersebut. Untuk masalah kedalaman air, kolam yang dibuat dengan ukuran 3 x 4 meter akan memiliki kedalaman sekitar setengah meter saja.
Berlanjut pada pemeliharaan lele. Tentunya anda membutuhkan bibit lele yang unggul untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebagai bibit untuk beternak lele, anda bisa memilih lele yang umurnya 1 sampai 2 bulan. Biasanya, para peternak akan memanen lele dan menjualnya setelah lele berumur 4 bulan. Jika anda sudah memperoleh bibit lele, letakkan masing-masing 200 ekor per meter kubik kolam. Tak usah menguras kolam sampai masa panen lele tiba. Solusinya, ketika anda menjumpai air kolam sudah keruh, anda hanya perlu menambahkan air ke dalam kolam terpal lele tersebut. Semoga informasi tentang ternak lele dengan terpal di atas bermanfaat bagi para pembaca!
Description: ternak lele dengan terpal bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan di zaman modern ini karena beternak lele menggunakan terpal lebih mudah dan hemat biaya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.